Grounding Rod: Apa itu? Dan bagaimana mereka melindungi peralatan listrik Anda?

Grounding Rod: Apa itu? Dan bagaimana mereka melindungi peralatan listrik Anda?

Komponen mendasar dari keselamatan dan perlindungan untuk bisnis Anda dan/atau sistem kelistrikan rumah adalah grounding yang tepat. Untuk alasan ini, satu atau lebih grounding rod diperlukan di properti Anda. Grounding rod sederhana dan murah tetapi sangat penting untuk melindungi peralatan listrik Anda, dan karenanya tidak boleh diabaikan.

Apa itu grounding rod?

Grounding rod biasanya terletak sangat dekat dengan panel listrik utama Anda dan sering kali terbuat dari tembaga atau baja berlapis tembaga. Diameternya kira-kira 1/2" dan panjangnya delapan hingga 10 kaki. Itu harus diikat secara elektrik ke panel servis utama Anda untuk menyediakan koneksi ground yang baik.

Jika satu ground memiliki resistansi 25 ohm atau kurang, kode bangunan mengizinkannya untuk digunakan sebagai satu-satunya perangkat ground. Jika resistansi grounding rod lebih besar dari 25 ohm, diperlukan setidaknya satu grounding rod tambahan.

Periksa grounding rod Anda

Grounding rod dan sambungannya ke sistem kelistrikan bisnis atau rumah Anda dapat rusak seiring waktu dan harus dirawat dengan baik. Penyebab kerusakan termasuk korosi, siklus pembekuan/pencairan, peralatan lansekap atau pemasangan yang ceroboh untuk peralatan lain, seperti TV kabel, sistem keamanan, atau generator.

Pemeriksaan visual grounding dapat dilakukan dengan memeriksa kabel yang menghubungkan panel listrik di dekat meteran ke grounding rod. Biasanya, ini adalah kawat tembaga dengan diameter sekitar 1/4″ dan dapat terlihat turun ke dalam tanah. Di bawah permukaan, kawat dihubungkan ke satu atau lebih grounding rod. Bagian atas grounding rod biasanya di bawah permukaan dan mungkin tidak mudah untuk diperiksa. Namun, terkadang grounding rod memanjang beberapa inci di atas permukaan, sehingga mudah untuk memeriksa sambungannya.

Dalam beberapa kasus, masalah dengan ground rod mudah terlihat. Rod yang tidak terpasang sepenuhnya dapat memanjang satu kaki atau lebih di atas permukaan tanah. Ini mengurangi efektivitas tanah. Grounding rod yang bengkok, memiliki kabel yang terputus atau sangat berkarat harus diganti. Grounding rod yang dipasang di tanah berbatu atau kering harus diperiksa untuk memastikan mereka masih memiliki resistensi yang rendah. Jika kondisi tanah berubah karena drainase atau faktor lain yang mempengaruhi kelembaban tanah, grounding rod yang dapat diterima pada saat pemasangan mungkin tidak lagi memenuhi persyaratan yang disetujui.

Perlindungan terhadap lonjakan listrik

Di antara berbagai situasi yang mungkin terjadi pada sistem kelistrikan Anda, yang paling umum adalah lonjakan tegangan tinggi.

  • Lonjakan tegangan tinggi sering disebabkan oleh sambaran petir pada atau di dekat instalasi listrik. Selain itu, lonjakan tegangan dapat terjadi ketika peralatan besar atau mesin berat di lokasi terdekat dihidupkan atau dimatikan. Grounding yang tepat memberikan stabilitas pada sistem kelistrikan rumah Anda dan mengurangi dampak lonjakan ini.
  • Jika cabang pohon tumbang, atau mobil menabrak tiang, kabel listrik dari sistem utilitas ke rumah Anda mungkin terganggu. Landasan yang tepat untuk rumah dan bisnis Anda penting untuk menghilangkan atau meminimalkan kemungkinan kerusakan. Dengan grounding yang tidak memadai, tegangan yang bervariasi di rumah dapat menyebabkan kerusakan pada peralatan listrik karena tegangan rendah atau kerusakan elektronik akibat tegangan berlebih.

Siapa yang dapat memasang dan jual grounding rod?

Menurut peraturan, grounding rod harus setidaknya delapan kaki secara vertikal ke dalam tanah. Artinya, salah satu ujung ground rod tidak boleh kurang dari delapan kaki dalamnya. Ahlinya dapat memastikan bahwa ground rod Anda dipasang dengan benar. Hubungi PT. Dharaya di dharaya.co.id jika Anda ingin memasang ground rod. Kami jual grounding rod dan akan menyelesaikan pekerjaan dengan benar dan tepat waktu.


Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon