Kenali Videotron, Media Promosi dan Informasi Kekinian yang Efektif


Videotron atau LED display dan sering juga disebut billboard digital memiliki berbagai jenis dan ukuran. Ada yang ukurannya sekecil poster dan memiliki ukuran yang lebih besar. Di Kota Pahlawan ada beberapa produsen yang jual videotron Surabaya untuk kebutuhan pemasaran sehingga bisa menarik banyak pelanggan.

Videotron dengan ukuran sebesar poster umumnya digunakan untuk menampilkan rute atau jadwal angkutan umum di halte bus. Sedangkan signage digital yang lebih besar lagi ukurannya biasanya digunakan untuk menampilkan jadwal keberangkatan dan kedatangan penerbangan di bandara-bandara.

Videotron di Indonesia semakin banyak digunakan, terutama di kota-kota besar. Kehadirannya semakin menarik dan kebanyakan telah memanfaatkan teknologi 3D (3 Dimensi). Papan iklan ini kerap  dijumpai di pinggir-pinggir jalan raya di pusat kota dan gedung-gedung tinggi sehingga banyak orang dengan mudah bisa melihatnya.

Jenis-jenis Videotron

Videotron merupakan salah satu teknologi di bidang layar digital yang menggunakan lampu LED (Light Emitting Diode atau Dioda Pemancar Cahaya) untuk penampilannya. Dalam bahasa yang sederhana LED ialah lampu dalam wujud benda padat. Semikonduktor ini dapat memancarkan cahaya dengan warna berbeda-beda, tergantung dari besarnya tegangan listrik yang diberikan padanya. 

Karakteristik inilah yang menjadikan lampu berjenis LED condong lebih tahan air, lebih tahan banting, lebih terang, hemat energi, serta mempunyai umur lebih lama ketimbang lampu konvensional yang menggunakan kawat pijar dalam suatu tabung kaca berisi gas.


Ada dua jenis Videotron yang banyak ditemui di pasaran. Yakni sistem Dual In line Package (LED DIP) yang biasanya dipakai untuk solusi penggunaan outdoor (di luar ruangan) dan LED Surface Mounted Device (LED SMD) yang umumnya lebih dikenal untuk penempatan indoor atau di dalam ruangan.

Adapun perbedaannya adalah DIP memakai 3 lampu terpisah dalam 1 piksel berwarna merah, biru, dan hijau. Sedangkan SMD cuma memakai 1 lampu yang dapat menghasilkan 3 warna yang berbeda menurut besaran tegangan yang diberikan terhadapnya. Jadi SMD tersebut laksana gabungan dari 3 lampu di dalam tiap-tiap piksel chipsetnya.

Penampilan teknologi DIP mempunyai tingkat kecerahan lebih tinggi (yakni 8000–12000 nits) ketimbang teknologi SMD yang mencapai 600-6000 nits karena terdapat 3 lampu terpisah. 

Videotron outdoor memerlukan tingkat kecerahan lampu lebih tinggi sebab mesti bersaing dengan beragam sumber pencahayaan lainnya seperti lampu kendaraan, lampu penerangan jalan, atau sinar matahari pada saat siang hari. Bila tidak, warnanya akan nampak pudar atau malah tak kelihatan sama sekali.

Di samping kecerahan, kualitas gambar pun ditentukan oleh seberapa cepat processornya, program dan alat pengatur yang digunakan, lebar bezel dan kerapatan piksel. Semakin tinggi kerapatannya, maka akan semakin halus gambar yang diperoleh.

Keunggulan Menggunakan Videotron

Penggunaan videotron nyaris sama dengan billboard. Tetapi yang membedakannya adalah pada videotron jenis kontennya lebih beragam. Jenis konten itu umumnya berbentuk gambar slideshow dan running text yang berganti setiap beberapa detik.

Tambah menarik, penggunaan teknologi layar pada videotron dapat lebih bervariasi dan bisa menyelaraskan dengan keperluan dari klien. Videotron menyuguhkan layar LED/LCD, malah terdapat beberapa yang dilengkapi dengan speaker. Dengan demikian jenis iklan ini bisa menampilkan konten audio visual. Di samping itu kadang-kadang disertai dengan layar sentuh supaya masyarakat dengan mudah bisa berinteraksi secara langsung.


Videotron merupakan alat promosi alternatif yang lebih unggul ketimbang sekadar poster tradisional. Tidak aneh bila akhir-akhir ini pemakaiannya kian menjamur. Di bawah ini terdapat 7 keunggulan menggunakan videotron untuk iklan promosi dan komersial.

1. Variasi Ukuran Beragam

Ada beberapa ukuran videotron yang tersedia yang memberikan kebebasan pada para penggunanya guna memilih ukurannya. Secara umum, ukuran panel videotron yang sering kita lihat di luaran yakni videotron ukuran kecil (3×2 m2),, videotron ukuran menengah (4×3, 5×3, 6×4 m2), dan videotron ukuran besar (di atas 24 m2 disebut megatron). Harga videotron Surabaya, Jakarta, dan kota besar lainnya umumnya berdasarkan pada ukuran per meternya.

2. Bisa Digunakan Indoor maupun Outdoor

Videotron secara fisik mempunyai ketahanan cuaca yang relatif tinggi. Kita tak akan melihat adanya videotron outdoor yang rusak atau sobek lantaran terkena siraman air hujan dan tertiup oleh angin. Oleh sebab itu media videotron cocok untuk dipergunakan di dalam ataupun luar ruangan (indoor/outdoor).

3. Lebih Interaktif Dibanding Banner Biasa

Gambar (picture) dan tulisan (teks) di banner ataupun poster biasa yang statis akan kalah interaktif dengan tampilan display media videotron yang selalu berubah. Secara psikologis, gambar bergerak pun akan lebih menarik ketimbang gambar diam dan merupakan sarana komunikasi yang lebih baik.

4. Memiliki Berbagai Kemungkinan Penggunaan

Kemungkinan penggunaan videotron amatlah luas sebab videotron bisa berperan seperti halnya layar monitor yang dapat menampilkan media apa saja. Misalnya dapat digunakan sebagai layar untuk nonton bareng pertandingan olahraga, pendukung rapat/meeting, event konser musik, fashion show, dll.

5. Bisa Menampilkan Berbagai Konten

Jenis media dan konten yang dapat diunggah untuk ditayangkan lewat layar videotron dapat disebut tidak terbatas. Anda dapat mempertunjukkan klip video panjang iklan, klip video pendek advertising, slideshow, gambar diam, dll. Semuanya dapat ditayangkan dan diselaraskan untuk mata audience sasarannya.

6. Dapat Menayangkan Berbagai Materi dalam Satu Spot

Pada media promosi konvensional, satu spot cuma dapat diisi dengan satu display. Butuh 10 spot untuk menampilkan 10 promosi. Namun dengan videotron, satu spot promosi dapat diisi dengan segudang klip dan video yang selalu berganti. Terbilang sangat mudah cara menambah dan memasukkan kontennya.

7. Lebih Hemat Biaya Untuk Penggunaan Jangka Panjang

Sepintas perbedaan antara biaya pemasangan videotron dan pasang iklan di sana nampak mahal karena biayanya lebih tinggi di atas ongkos cetak untuk sebuah poster. Namun apakah memang benar demikian? Dari sudut pandang biaya iklan, dengan membagi satu spot untuk beragam materi video, sebenarnya itu merupakan penghematan. Entah 10 materi video atau 1000 video, biaya yang dikeluarkan cuma biaya pada awalnya saja. Pemakaian videotron tentunya lebih ideal dan hemat biaya untuk jangka panjang. Terlebih bila pemilik menyewakan spot itu.

Demikianlah ulasan kali ini tentang videotron. Anda tertarik untuk menggunakannya?


Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon