Apa Itu Truk Tangki? → H1


Truk tangki atau tanker adalah truk atau trailer yang dirancang untuk membawa cairan atau gas curah di jalan. Mereka datang dalam dua konfigurasi fisik:

  1. Tangki terhubung ke sasis truk atau trailer
  2. Tangki terhubung melalui kunci ISO ke dek datar atau trailer kerangka atau truk dan dapat dipindahkan untuk transportasi antar moda (misalnya dimuat ke kapal atau kereta api)

Tangki Terpasang Ke Trailer Kerangka → H2

Tangki itu sendiri datang dalam konfigurasi yang berbeda tergantung pada apa yang dibawa, misalnya:

  • Terisolasi vs tidak terisolasi
  • Bertekanan vs tidak bertekanan
  • Beban produk terkotak vs tunggal

Jenis truk tangki yang paling umum adalah truk tangki bahan bakar – mereka mengangkut bahan bakar dari pusat-pusat utama ke SPBU individu.

Di negara-negara seperti Australia, kombinasi A double, B double, dan road train diperbolehkan di mana 'penggerak utama' (traksi) menarik dua trailer atau lebih.

Bahaya Mengemudikan Truk Tangki → H2

Truk tangki dapat membawa semua jenis cairan, beberapa di antaranya beracun, mudah meledak, atau korosif. Sebuah truk tangki yang membawa 35.000 liter bahan bakar adalah bom bergulir dalam situasi yang salah.

Ketika sebuah truk tangki besar menumpahkan muatannya, ada volume cairan yang sangat besar. Jika bahan bakar mudah terbakar, panas dari mesin dapat menyalakannya. Jika beracun, asapnya dapat membanjiri orang-orang di sekitarnya.

Pengemudi memerlukan pelatihan khusus dalam undang-undang dan penanganan barang berbahaya untuk mengemudikan truk tangki yang membawa barang berbahaya sehingga mereka tahu apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat.

Beban parsial dalam tangki disebut beban hidup. Ini karena mereka licin saat menikung dan mengerem. Risiko terguling di truk tangki tinggi dibandingkan dengan beberapa beban lain karena pusat gravitasi tinggi dan selalu bergerak. Pelatihan kesadaran dan pencegahan terguling disarankan untuk semua pengemudi truk.

Baffle yang memperlambat pergerakan cairan di dalam tangki dapat menghentikan sloshing maju/mundur saat pengereman yang menyebabkan truk 'mendorong'.

Pengemudi truk tangki belajar mengerem lebih awal dan mulus, dan mengambil garis yang sangat mulus di tikungan. Mengemudikan tanker membutuhkan konsentrasi lebih dari kebanyakan jenis truk lainnya.

PT. Gaya Makmur Mobil Jual Truk Tangki merek FAW dengan jenis yang beraneka ragam. Truk tangki memudahkan pengangkutan barang curah seperti gas dan cairan dibandingkan dengan truk lain. Apakah Anda membutuhkan truk tangki untuk mengangkut bahan bakar? Kami jual truk tangki pilihan model dengan pemuatan bawah dan sistem ekstraksi uap. 


Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon