iklan space 728x90px

Tips Puasa Anti Lemas


Banyak orang yang merasa lemas ketika melakukan ibadah puasa. Seorang dokter yang pula kreator TikTok, Dion Haryadi lantas berbagi panduan puasa sehat dan tidak lemas lewat aplikasi tersebut.

Kini orang lebih menyenangi konten yang pendek. Dan TikTok menunjang Dion Haryadi buat menyebarkan hal-hal positif, berbagi info kesehatan dan gaya hidup sehat, salah satunya panduan melindungi kesehatan di bulan puasa ini.

Berikut panduan puasa anti-lemas dari Dion Haryadi:

Membuat Rutinitas Baik

Bulan Ramadan merupakan saat yang cocok untuk membentuk rutinitas baik, bersama tujuan yang jelas dan perencanaan yang matang. Contoh, kurangi mengkonsumsi minuman manis diawali dengan mengurangi keseringan minum dari pertama puasa.

Jangan Segera Berbuka Puasa dengan Santapan Berat

Ibadah puasa menjadikan keseringan konsumsi menurun. Demikian pula kalori yang masuk ke tubuh bakal menurun dan berat tubuh dapat turun. Karena itu, ketika berbuka puasa jangan segera memakan santapan berat dan banyak. Dion menganjurkan cukup minum air putih dan buah yang banyak serat dan gula alami, seperti pada buah kurma, untuk memulihkan kadar gula darah.

Mengelola Porsi Makanan dengan Gizi Seimbang

Guna memperoleh gizi seimbang yang mengenyangkan, bagilah piring jadi 6 bagian, 2 bagian untuk karbohidrat, satu bagian untuk sumber protein seperti ayam, ikan, daging, dan yang lain; 2 bagian untuk sayur-mayur; dan satu bagian lagi untuk buah-buahan.

Pilih Menu Sahur dengan Indeks Glikemik Rendah

Hendaknya tak mengonsumsi sajian yang banyak glikemik indeks ataupun kadar gula ketika sahur. Karena, ketika puasa nanti pengurangan kadar gula bakal anjlok atau turun tajam dan seperti itu yang mengakibatkan tubuh lemas. Saat sahur, gabungkan asupan dengan indeks glikemik banyak seperti nasi putih, dengan santapan dengan indeks glikemik rendah, seperti daging dan sayur-mayur.

Jangan Enggan Bergerak

Dion menganjurkan waktu yang pas untuk olahraga ialah 30 menit sebelum buka puasa ataupun 2 hingga 3 jam sesudah berbuka dengan santapan berat. Tetapi tidak usah berolahraga yang berat, cukup dengan keseriusan rendah dan selaras dengan keahlian sendiri-sendiri.


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Tips Puasa Anti Lemas"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News