Universitas di Bandung dengan Prodi Manajemen Bisnis Syariah


Selain terkenal karena kuliner dan objek wisata, tidak sedikit universitas di Bandung hadir mewarnai kota yang mendapat julukan Paris van Java. Universitas-universitas tersebut menawarkan berbagai fakultas dan program studi atau jurusan untuk menarik hati masyarakat agar menjadi mahasiswa di universitas yang mereka bangun.

Dari demikian banyak program studi yang ditawarkan, manajemen bisnis syariah merupakan salah satu program studi unggulan. Apa sih prospek program studi ini sehingga banyak orang yang berminat mempelajarinya?

Apakah Manajemen Bisnis Syariah Itu?

Prodi Manajemen Bisnis Syariah mempelajari pembentukan dan pengelolaan sebuah bisnis yang kegiatan dan tujuannya diselaraskan dengan berbagai syariat yang berlangsung dalam Islam dengan pendekatan yang aplikatif supaya dapat dipraktikkan dalam kehidupan setiap hari. Di dalam proses pembelajarannya terdapat 9 prinsip manajemen bisnis Islam yang digali dari Al-Quran yakni ibadah, tauhid, tanggung jawab dan amanah, adil, hikmah, tolong-menolong, ihsan, musyawarah, dan halaalan thayyiban. Tidak lupa juga ilmu entrepreneurship sebagai landasan untuk mendirikan dan mengembangkan sebuah bisnis syariah secara mandiri.

Alasan Memilih Program Studi Manajemen Bisnis Syariah

Dalam program studi Manajemen Bisnis Syariah ini anda tak cuma memperoleh ilmu mengenai membangun dan mengurus sbuah bisnis, namun pula mempelajari syariat-syariat Islam yang mengatur kegiatannya. Hal ini akan merupakan nilai tambah bagi anda, mengingat sekarang lembaga-lembaga bisnis berdasarkan syariah sedang marak bermunculan di Indonesia. Selain itu lantaran anda dibekali dengan ilmu entrepreneurship, anda dapat membentuk suatu bisnis berdasarkan syariah yang berkualitas.

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Bisnis Syariah

Lulusan program studi Manajemen Bisnis Islam diharapkan dapat mendirikan dan menjalankan sebuah bisnis syariah secara mandiri karena mempelajari ilmu dan dasar-dasar kewirausahaan alias entrepreneurship. Tetapi tidak menutup kemungkinan lulusannya dapat berkarier di bank-bank berbasis syariah, lembaga keuangan negara, BUMN, sampai akademisi di bidang perekonomian syariah.

Berikut ini prospek kerja dari manajemen bisnis syariah yang barangkali dapat  menjadi alat pertimbangan anda bila ingin memilih prodi ini. 

1. Business Development

Saat ini peluang kerja menjadi business development sangat tinggi karena tugasnya adalah membuat nilai jangka panjang perusahaan. Baik dari segi hubungan ke konsumen, pasar, maupun relasi bisnis. 

2. Entrepreneur

Semua orang mempunyai bakat menjadi entrepreneur, tetapi untuk lulusan manajemen bisnis syariah terdapat nilai lebihnya. Anda dapat membangun bisnis yang selaras dengan prinsip Islam sehingga memperoleh keberkahan usaha. Penghasilan seorang entrepreneur tergantung dari besarnya usaha dan laba yang didapat. 

3. Marketing Executive

Menjadi tenaga pemasaran dapat dilakukan oleh lulusan SMA, tetapi untuk menjadi eksekutif di bagian ini diperlukan pendidikan yang lebih baik. Dengan berbekalkan ijazah Manajemen bisnis syariah, anda dapat menduduki  posisi ini, entah di perusahaan syariah ataupun bukan.

4. Kepala Proyek 

Tanggung jawab seorang kepala proyek itu besar, sejak dari menyiapkan, menjalankan, sampai menyelesaikan suatu proyek. Selaku seorang lulusan manajemen bisnis syariah anda telah mempunyai modalnya. 

5. Risk Manager

Anda bisa menjadi risk manager, seseorang yang ahli dalam bidang meneliti risiko keamanan keuangan pada sebuah perusahaan. 

6. Konsultan Bisnis Syariah

Di samping menjadi bagian dari sebuah perusahaan di bidang keuangan, anda pun dapat menjadi konsultan bisnis. Malah bisa mendirikan usaha sendiri di bidang konsultan bisnis syariah. 

7. Guru, Tenaga Pengajar, dan Dosen

Pilihan yang lain adalah membaktikan diri menjadi guru, tenaga pengajar, ataupun dosen. 

Universitas Masoem (Masoem University) adalah salah satu universitas di Bandung yang menyediakan program studi atau jurusan Manajemen Bisnis Syariah. Program studi Manajemen Bisnis Syariah Universitas Masoem akan mendorong para mahasiswa untuk dapat membuat perencanaan bisnis dengan menjauhi riba dan menganut prinsip Nabi Muhammad SAW dalam berniaga. Kecuali berbagai teori ekonomi dan teori bisnis, mahasiswa pun akan diajari hukum-hukum serta hadist-hadist shaih terkait muamalah.

Nah, bagi anda yang masih belum mengetahui ingin melakukan apa di masa depan bisa mencoba menekuni bidang manajemen bisnis syariah di Universitas Masoem Jalan Raya Cipacing No. 22 Jatinangor 45363 Jawa Barat  karena prospek kerjanya amat luas dan peluangnya tinggi.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Universitas di Bandung dengan Prodi Manajemen Bisnis Syariah"