Jangan Sampai Tertipu, Kenali 11 Ciri Jam Tangan Omega Asli


Omega, siapa yang belum tahu dengan brand jam tangan satu ini? Nama mereknya cukup populer. Omega merupakan brand jam tangan asal Swiss yang produknya banyak disukai orang karena memiliki desain yang bagus dan modern serta dibekali teknologi canggih. Setiap seri jam tangan Omega asli mempunyai karakteristik khusus yang membedakan satu dengan lainnya. 

Nah, karena keunikannya ini, bagaimana cara membedakan buatan Omega yang asli dan palsu alias tiruan (KW)? Sesungguhnya di setiap jam branded tersebut terdapat ciri-ciri yang membedakan produknya yang asli dengan seri tiruannya. Berikut ciri jam Omega asli yang penting Anda ketahui.

11 Ciri Jam Tangan Omega Asli

Nomor Seri

Jam tangan Omega dibekali dengan nomor seri sebanyak tujuh atau delapan digit yang dicetak di belakang kemasan. Makanya selalu periksa belakang dus untuk memastikan nomor seri tertera di sana. Kemudian, cocokan model jam tersebut dengan nomor seri yang ada di situs resmi Omega.

Dial

Omega amat populer sebagai jam tangan presisi pada tiap-tiap sisi desain. Oleh karena itu, perhatikanlah baik-baik angka, huruf, tanda menit, dan jam. Apakah terdapat angka atau huruf dengan jarak terlampau jauh dan detail terlihat tebal atau seperti dicat, bukannya diukir? Apakah terdapat kesalahan pada ejaan, spasi, maupun tanda yang salah? Jika ciri itu terlihat, artinya itu jam tangan Omega yang palsu.

Logo

Logo Omega merupakan desain yang mudah sekali dikenali. Tetapi jika logo Omega terlihat terlampau tebal, artinya jam tangan itu palsu. Ukuran yang tak seragam bisa terjadi lantaran seniman palsu cuma mengecat logo, bukan mengukirnya, menyisipkan, ataupun mengecapnya.

Jarum Jam

Jam Omega diproduksi oleh seniman Swiss dengan fitur yang canggih. Ciri selanjutnya terdapat pada gerakan jarum detiknya yang stabil. Saat tombol ditarik untuk mencocokkan waktu, jarum detik mesti berhenti. Jika ciri itu tak ditemui, maka jam Omega itu palsu.

Luminescent

Jam tangan Omega, khususnya seri Seamaster dibekali fitur luminescent guna menerangi tampilan jam di ruangan atau kamar gelap. Perhatikanlah area penanda jam, jarum jam, dan titik bezel yang berputar pada dial saat ada di tempat yang gelap. Seluruh bagian itu tampak amat detail dan bersinar dengan lebih terang. Untuk mengujinya, letakan jam di tempat yang terang selama 15 menit. Omega asli tampak amat terang di tempat gelap daripada produk palsu. 

Suara

Jam tangan buatan Omega berdetak dengan gerakan yang tegas dan prima tanpa keluar suara apa pun. Ini merupakan salah satu kelebihan jam tangan Omega yang susah dipalsukan.

Fungsi

Jam Omega seperti misalnya seri Seamaster mempunyai beragam fungsi yang susah ditiru. Contohnya di bagian jendela tanggal dibuat teliti sekali. Omega palsu Umumnya mempunyai tanggal yang tidak pas pada jendela tanggal atau angkanya malah terlampau kecil untuk jendela. Kadang-kadang, tanggal pun tidak seluruhnya menutupi jendela tanggal.

Helium Escape Valve

Omega seri Seamaster dibuat dengan menyematkan katup pelepas helium (helium escape valve) guna melindungi jam dari kerusakan akibat adanya air. Jam tangan Omega palsu tak mempunyai fungsi ini lantaran sukar ditiru.

Hanya Mempunyai 4 Seri

Omega benar-benar jam yang tersohor di pasar Internasional, tetapi produk mereka hanya mempunyai 4 seri. Lantaran setiap seri terilhami dari hal berbeda sehingga masing-masing mempunyai karakteristik tersendiri.

Keempat seri itu ialah Speedmaster, Seamaster, Constellation dan De Ville. Ciri khas dan keunggulannya dapat ditilik dari namanya. Speedmaster merupakan jam tangan yang memiliki gaya dinamis modern dengan performa yang tinggi. Seamaster ialah seri jam tangan Omega untuk yang suka tampilan casual namun tetap sporty. Constellation membawa konsep elegan nan mewah yang terilhami dari eksistensi bintang-bintang. Sedangkan De Ville untuk mewakili tampilan formal serta rapi.

Menggunakan Teknologi Co-Axial

Co-Axial adalah sebuah teknologi movement khusus yang cuma dimiliki oleh Omega. Dapat disebut ini merupakan jiwanya produk-produk Omega sehingga hanya Omegalah yang memilikinya. Teknologi ini sanggup melindungi jam tangan ada di akurasi tinggi untuk jangka waktu yang lama tanpa adanya perawatan khusus.

Ada Garansi Resmi

Tidak tanggung-tanggung, garansi resmi yang diberikan oleh Omega hingga 5 tahun. Itu adalah garansi internasional. Jadi jika jam tangan Omega Anda mengalami kerusakan, jam tangan tersebut dapat diperbaiki menggunakan garansi yang sudah tersedia. Tentu saja dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Itulah 11 ciri jam tangan Omega asli yang perlu Anda ketahui agar jangan sampai tertipu sehingga merugi.

Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon