6 Jenis Cat Genteng yang Penting Diketahui


Genteng merupakan pertahanan pertama keluarga supaya air hujan dan sengatan sinar matahari tidak dapat langsung masuk ke dalam rumah. Tetapi sayangnya perawatan genteng sering kali diabaikan sampai tiba-tiba bocor atau mesti direnovasi total. Salah satu jenis perawatan genteng yang wajib Anda lakukan secara teratur adalah mengecat genteng.

Mengapa Anda mesti repot-repot untuk mengecat genting? Pasalnya genteng yang tidak dirawat lama-lama akan ditumbuhi oleh lumut dan jamur. Hal ini membuat genteng lebih mudah rusak dan bocor serta dari aspek estetika kurang menarik. Cat genteng terkini telah dibekali dengan lapisan antibocor, antijamur, dan antidebu sehingga Anda sekeluarga jadi merasa lebih aman dan nyaman serta terhindar dari kebocoran. 

Selain itu kondisi genteng kerap kali menjadi patokan kebersihan dan keindahan rumah tersebut. Rumah yang warna gentengnya telah luntur juga akan terkesan tua dan seram. Adanya cat genteng yang baru dapat memberikan suasana yang lebih fresh sehingga aura rumah pun menjadi lebih baik. Ketika Anda ingin menjual atau mengasuransikan rumah, biasanya rumah dengan genteng yang rapi akan naik nilainya.

Jenis jenis Cat Genteng yang Penting Diketahui

Pelindung rumah yang sanggup melindungi Anda dari sengatan panas dan guyuran hujan adalah atap. Oleh sebab itu, perlu untuk memilih bahan atap yang kokoh dan awet. Guna mendukung ketahanan genteng Anda, pilih pula cat genteng terbaik dengan warna yang tidak gampang pudar dan mempunyai kemampuan anti bocor.

Saat ini ada enam jenis cat genteng yang penting Anda ketahui. Dengan adanya berbagai jenis cat genteng, Anda perlu menyelaraskan jenis cat dengan material atap rumah supaya genteng rumah lebih bersih, bebas bocor, dan tahan lama.

1. Alkyd synthetic

Cat genteng jenis ini biasanya mempunyai finishing glossy, tahan akan jamur dan cuaca, serta mempunyai ketahanan yang lumayan baik. Cat genteng alkyd synthetic umumnya digunakan pada genteng dengan material berupa tanah liat maupun atap beton.

2. Styrene acrylic

Keunggulan dari cat genteng jenis styrene acrylic adalah tahan pada perubahan cuaca ekstrem dan dapat melindungi genteng dari serangan lumut dan jamur. Hasil akhir yang ditampilkan juga glossy dan sesuai untuk material genteng dari beton, asbes, dan tanah liat.

3. Zinc chromate primer

Cat genteng jenis ini khusus dipergunakan untuk genteng metal. Penggunaan genteng metal sekarang kerap digunakan sebab mempunyai ketahanan yang lebih baik daripada genteng tanah liat. Jauhi memakai cat genteng asal-asalan untuk material metal dan alangkah baiknya menggunakan zinc chromate primer yang mampu melindungi material metal atau logam dari karat dan korosi. Kandungan zinc dalam cat ini pun membantu genteng lebih tahan lama.

4. Resin akrilik

Hasil akhir dari cat genteng berjenis resin akrilik ini adalah glossy dan cocok sekali untuk genteng dari material beton, asbes, dan tanah liat. Kelebihan cat ini adalah mempunyai lapisan film yang keras, mudah kering, dan ketahanan yang kuat pada air. Bila daerah tempat tinggal Anda mempunyai curah hujan yang tinggi, cat genteng ini pas untuk atap rumah Anda.

5. Cat waterproof

Cat waterproof merupakan pilihan favorit masyarakat Indonesia karena sifatnya yang tahan terhadap air atau antibocor sekaligus antialkali, antileleh, dan antijamur. Di samping itu cat genteng jenis ini pun dapat digunakan pada beragam material genteng seperti seng, kayu, beton, tanah liat, dan asbes. Menariknya lagi cat jenis inipun mempunyai pelapis elastis sehingga bisa menutupi retak rambut. Beberapa merk cat antiair mempunyai warna yang menarik sehingga dapat dimanfaatkan di bagian dalam ruangan.

6. Vernis thinner

Dengan bahan dasar thinner, cat jenis ini dapat menghasilkan warna yang glossy dan tahan akan cuaca panas. Keunggulan lainnya dari cat genteng vernis thinner adalah warnanya tak mudah luntur dan dapat menjaga warna dasar genteng supaya awet.

Dari seluruh fungsi maupun kelebihan dari berbagai jenis cat genteng adalah membuat genteng tahan lama dan tahan cuaca serta awet. Dan bila Anda sedang mencari cat genteng untuk kebutuhan rumah Anda, maka Avitex Cat Genteng & Seng, Yoko Cat Genteng & Seng atau Absolute Roof Coating layak dijadikan pilihan terbaik. Ketiga produk Avian tersebut memiliki kelebihan; antijamur & lumut, daya rekat terbaik, daya tutup terbaik, tahan cuaca, mengkilap, dan mudah diaplikasikan lho.

Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon