iklan space 728x90px

7 Cara Menjaga Kesehatan Ibu Hamil serta Janin Agar Tetap Sehat


Kalsium bagi ibu hamil penting sekali yang kecukupannya harus terpenuhi karena memegang peranan penting dalam kehamilan. Kalsium tak diproduksi di dalam tubuh sehingga perlu bagi ibu hamil untuk memerhatikan asupan makanannya. Ibu hamil harus mengutamakan kecukupan kalsium melalui pola makan yang baik. Suplemen kalsium bisa dikonsumsi bila angka kecukupan kalsium bagi ibu hamil dirasa masih kurang.

Kalsium memiliki peran penting untuk pertumbuhan tulang serta gigi janin. Di samping itu kalsium pun turut membantu pembentukan jantung, saraf dan otot janin. Bila asupan kalsium untuk ibu hamil tak terpenuhi, janin akan mengambilnya dari tubuh ibu sehingga menyebabkan kuku, gigi, dan tulang ibu cepat keropos. Memenuhi kebutuhan kalsium untuk ibu hamil pun menurunkan risiko hipertensi dan preeklamsia.

Sumber Makanan Kaya akan Kalsium untuk Ibu Hamil

Ibu hamil dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan 1000 mg kalsium per hari. Jumlah ini sebanding dengan 3 gelas susu ukuran 250 ml atau 4 porsi makanan yang banyak mengandung kalsium. 

Berikut ini beberapa makanan kalsium untuk ibu hamil yang penting diketahui.

1. Susu dan produk olahannya

Susu merupakan makanan mengandung kalsium yang paling terkenal. Mengonsumsi produk susu, tak terkecuali yoghurt dan keju akan mempertahankan kandungan kalsium tetap tinggi. Ibu bisa mengonsumsi produk susu secara rutin bila tak mempunyai intoleransi laktosa. Bila ibu tak alergi susu, dengan mengonsumsi segelas susu berarti ibu mengisi tubuh dengan kalsium sebanyak 300 mg.

2. Kurma

Kurma mempunyai beragam macam nutrisi bermanfaat termasuk kalsium. Di samping kalsium, buah ini pun banyak mengandung zat besi, magnesium, kalium, dan karbohidrat. Dengan mengonsumsi 100 miligram kurma berarti ibu mengisi kalsium pada tubuh ibu sebesar 38 mg.

3. Kacang Almond

Kecuali mengandung kalsium bagi ibu hamil, almond pun memiliki kandungan vitamin E. Dengan mengonsumsi seperempat cangkir berarti ibu telah menambah asupan kalsium sebesar 88 mg. Mengonsumsi kacang almond setiap hari dalam jumlah sedang dapat membantu mengurangi stres oksidatif, gula darah, dan peradangan yang bisa menghindarkan bayi dari gangguan metabolisme kelak.

4. Tahu

Tahu memiliki kandungan kalsium yang tinggi bagi ibu hamil. Nilai kalorinya pun rendah dan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi untuk mengurangi risiko kanker payudara.

5. Buah-buahan

Perasaan mual yang dirasakan ibu hamil terlebih ketika trimester pertama menjadikan Ibu malas mengonsumsi buah-buahan. Ini dapat diakali dengan cara mengonsumsi buah-buahan dengan rasa sedikit asam seperti jeruk keprok, stroberi, jeruk, dan kiwi sebagai sumber kalsium untuk ibu hamil. 

6. Polong-polongan

Polong-polongan ternyata tinggi dengan kalsium bagi Ibu hamil. Di samping itu juga kaya akan kalium, magnesium, folat, seng, dan zat besi. Kecipir menduduki urutan pertama kacang-kacangan yang mengandung kalsium paling tinggi. Satu cangkir kecipir (sekitar 172 mg) mengandung kalsium sebanyak 244 mg.

7. Bayam 

Disamping tinggi kalsiumnya, Bayam adalah sayuran berdaun hijau yang bisa meningkatkan kesehatan mata, menurunkan tingkat tekanan darah, dan mencegah kanker. Dengan mengonsumsi 100 gram bayam, itu artinya ibu telah memberi asupan kalsium sebanyak 99 mg. 


Mencukupi kebutuhan kalsium dan mineral selama kehamilan memang penting sekali. Nutrisi itu dapat diperoleh lewat sumber makanan langsung seperti tersebut di atas atau tablet suplemen kalsium semisal CDR.

CDR (Calcium D Redoxon) merupakan suplemen kalsium yang juga memiliki kandungan vitamin C, D, dan B6 yang dipasarkan secara bebas.

CDR bermanfaat membantu mencukupi kebutuhan kalsium pada orang dewasa yang bisa digunakan pula oleh ibu hamil dan ibu menyusui.

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, kebutuhan akan kalsium itu penting untuk dipenuhi guna menghindari terjadinya berbagai permasalahan tulang, seperti osteoporosis.

Saat ini CDR telah tersedia dalam beberapa varian rasa, yakni jeruk dan fruit punch. CDR untuk ibu hamil sangat dianjurkan karena keperluan kalsium bertambah selama masa kehamilan.

Janin yang tak tercukupi kebutuhan kalsiumnya akan mengambil dari tubuh ibunya, khususnya pada trimester ketiga. Oleh sebab itu, risiko osteoporosis untuk ibu naik. Massa tulang ibu banyak yang hilang sesudah menempuh masa hamil dan menyusui karena kecukupan kalsium untuk ibu hamil tak terpenuhi.

Kebutuhan kalsium akan naik semasa hamil sampai telah menyusui, yakni mencapai 1.200-1.300 mg tiap hari. Makanya, ibu memerlukan suplemen kalsium ketika masa kehamilan guna menjaga asupan kalsium.

Inilah yang menyebabkan CDR untuk ibu hamil mempunyai peran yang penting. Tetapi, tetap penting untuk memperhatikan dosisnya. Sebaiknya untuk ibu hamil hanya mengkonsumsi CDR sebanyak 1 tablet per harinya sebab dapat dilihat bahwa kandungan vitamin C pada CDR cukup tinggi.

Minimal 1 tablet larut air CDR memiliki kandungan 1.000 mg vitamin C (asam askorbat), vitamin B6 (piridoksin) 15,  300IU vitamin D, 250 mg kalsium, dan 625 mg kalsium karbonat


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "7 Cara Menjaga Kesehatan Ibu Hamil serta Janin Agar Tetap Sehat"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News