iklan space 728x90px

Liburan Akhir Tahun ke Semarang? Ini Dia Beberapa Transportasi yang Bisa Kamu Gunakan


Sebagai ibukota dari Provinsi Jawa Tengah, tentunya Semarang memiliki keberagaman objek wisata yang wajib untuk kamu kunjungi. Semarang juga merupakan kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia. Tak heran jika Semarang selalu menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan.  

Banyak sekali pilihan objek wisata yang bisa kamu kunjungi ketika di Semarang. Beberapa yang terpopuler diantaranya adalah Kota Lama Semarang, Lawang Sewu, Klenteng Sam Poo Kong, Brown Canyon, Pagoda Avalokitesvara, dan masih banyak lagi. Tak hanya objek wisatanya yang menarik, wisata kuliner di Semarang juga wajib untuk kamu datangi satu persatu. Semarang terkenal dengan makanan khasnya yaitu Lumpia. Meskipun mungkin kamu pernah menemukan Lumpia di daerah lain, namun kamu tetap wajib untuk mencobanya di daerah asalnya. 

Apakah kamu sudah merencanakan liburan di akhir tahun? Cobalah untuk menjadikan Semarang sebagai destinasi liburan akhir tahun kamu. Ketika liburan akhir tahun di Semarang, ada beberapa transportasi yang bisa kamu gunakan untuk berkeliling di Kota Semarang. Salah satunya adalah sewa mobil. Terutama jika kamu liburan akhir tahun di Semarang bersama keluarga besar atau ramai-ramai bersama teman-teman, tentu akan lebih mudah dan praktis dengan menggunakan mobil. Tak perlu khawatir, kamu bisa mencoba sewa mobil akhir tahun di Semarang melalui aplikasi Traveloka. 

Berikut ini adalah beberapa transportasi di Semarang yang bisa kamu gunakan untuk berkeliling kota. Simak ulasan selengkapnya.

1. Bus Trans Semarang

Bus Trans Semarang atau yang sering disebut sebagai BRT merupakan salah satu transportasi umum di Semarang. BRT sendiri merupakan singkatan dari Bus Rapid Transit. BRT ini beroperasi mulai dari jam 05.30 - 17.30. BRT biasanya digunakan oleh masyarakat lokal sekitar, pelajar dan mahasiswa. Tak hanya itu, BRT juga bisa dimanfaatkan oleh para pendatang ataupun wisatawan yang ingin berkeliling Kota Semarang. BRT ini juga memiliki beberapa pemberhentian atau halte. Untuk kamu para pendatang yang datang ke Semarang, bisa mencoba naik BRT untuk berkeliling kota karena beberapa halte disana terletak di titik yang strategis untuk ke beberapa tempat wisata. Tarif untuk naik BRT juga sangatlah terjangkau. Untuk pembayaran cash, kamu bisa membayar 4000. Jika kamu membayar melalui e-money, kamu bisa membayar 3500 saja. Namun, untuk kamu para pelajar ataupun veteran, kamu hanya diminta untuk membayar 1000 saja.

2. Angkot Umum

Siapa yang menyangka di ibukota Provinsi Jawa Tengah terdapat Angkot. Mengingat BRT hanya beroperasi hingga sore hari, kamu bisa menggunakan angkot untuk perjalanan di malam harinya. Banyak sekali kelebihan dan kekurangan dari alat transportasi yang satu ini. Kelebihannya adalah, angkot melayani untuk mengantar dari berbagai rute. Tarif ongkosnya juga tergolong sangat murah, hanya perlu mempersiapkan 4000 setiap sekali jalan. Kekurangannya adalah, angkot selalu ramai oleh penumpang dan kemungkinan besar kamu akan berdesak-desakan dengan penumpang lain.  

3. Bus Kota

Bus Kota di Semarang melayani rute di dalam kota. Cocok untuk kamu yang sedang menginginkan liburan dengan berkeliling di Kota Semarang. Apalagi jika kamu bertujuan untuk berkunjung ke destinasi wisata yang cukup berjarak. Bus Kota bisa menjadi salah satu opsi yang akan mengantarkan kamu ke tempat tujuan.  

4. Taksi Argo

Opsi yang tergolong aman untuk berkeliling Kota Semarang adalah Taksi Argo. Terutama jika kamu bepergian dengan membawa banyak barang. Selain itu, jika kamu bepergian bersama keluarga ataupun teman-teman, Taksi Argo bisa menjadi salah satu opsi agar perjalanan kamu lebih aman, nyaman, dan tidak ribet. Sama seperti transportasi umum lainnya, kamu akan menemukan kelebihan dan kekurangan dari naik Taksi Argo. Kelebihannya adalah, muat banyak orang dan lebih praktis untuk datang ke suatu tempat secara langsung. Kekurangannya adalah, ongkosnya tergolong mahal dan kamu harus membayar berkali kali lipat jika kamu ingin mengunjungi beberapa objek wisata dalam sehari. 

5. Sewa Mobil

Kamu liburan ke Semarang dengan membawa keluarga ataupun teman-teman? Opsi yang paling aman dan nyaman adalah dengan cara menyewa mobil. Sewa mobil tentu memiliki kelebihannya tersendiri. Kamu bisa lebih santai untuk berkunjung kemanapun kamu inginkan. Kamu juga bisa membawa keluarga ataupun teman-teman karena mobil akan memuat banyak orang didalamnya. Tak hanya itu, sewa mobil juga sangat praktis dan mudah caranya. Terlebih lagi, Traveloka bisa membantu kamu untuk sewa mobil di Semarang. Tak perlu repot-repot mendatangi tempat rental mobil, kamu hanya perlu men-download aplikasi Traveloka saja!

Itu dia beberapa transportasi di Semarang yang bisa kamu gunakan untuk berkeliling kota bersama keluarga ataupun teman-teman kamu. Kamu bisa sesuaikan transportasi dengan kebutuhan liburan kamu. Sudah tidak sabar untuk melakukan liburan akhir tahun di Semarang? Segera rencanakan liburan akhir tahun kamu dan pesan segala akomodasi liburan melalui aplikasi Traveloka. Traveloka akan memberikan berbagai layanan untuk kamu yang sedang membutuhkan akomodasi liburan, seperti memesan tiket pesawat, tiket kereta api, tiket bus, sewa mobil, reservasi penginapan, dan masih banyak lagi. Yuk, segera download aplikasi Traveloka dan dapatkan liburan akhir tahun impian kamu di Semarang. Selamat menikmati liburan akhir tahun!


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Liburan Akhir Tahun ke Semarang? Ini Dia Beberapa Transportasi yang Bisa Kamu Gunakan"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News