iklan space 728x90px

Ragam Alasan Memilih Jurusan Manajemen yang Perlu Kamu Ketahui


Jurusan manajemen adalah salah satu jurusan yang paling didambakan di Indonesia. Jurusan ini menjadi favorit lantaran dianggap mampu memberikan peluang kerja yang cukup luas. Itulah salah satu alasan memilih jurusan manajemen di samping alasan lainnya yang menarik untuk kita gali.

Jurusan Manajemen merupakan suatu studi mengenai bagaimana mengatur, mengelola, merencanakan, dan mengorganisasi setiap hal, baik dalam lingkup kecil ataupun besar. Program studi ini akan banyak mempelajari perencanaan, proses dan prosedur, tak terkecuali mengeksekusi dan mengevaluasinya. Pengetahuan seperti itu banyak dipakai dalam dunia bisnis. 

Di prodi ini terdapat banyak ilmu yang akan dipelajari. Sejak dari kepemimpinan, perencanaan, pengelolaan keuangan, pemasaran, hingga pengelolaan SDM (Sumber Daya Manusia).

Alasan Pemilihan Jurusan Manajemen

Hingga saat ini ini jurusan manajemen masih menjadi salah satu program studi yang banyak menjadi pilihan. Tak mengherankan bila kelasnya bisa lebih banyak kalau dibandingkan dengan jurusan lainnya.

Inilah berbagai alasan memilih jurusan manajemen yang penting diketahui:

Jurusan manajemen diperlukan di setiap aspek kehidupan

Ilmu dalam manajerial amat penting dan banyak digunakan pada kehidupan. Dalam jurusan ini kamu dapat mempelajari mengenai tanggung jawab pada suatu pengelolaan perusahaan.

Isi dari jurusan manajemen ini adalah menawarkan banyak pilihan konsentrasi untuk para pengelola proyek dan keuangan. Sehingga dapat diselaraskan dengan kemampuan dan minat dari diri kamu sendiri.

Memiliki peluang kerja yang luas

Jurusan manajemen amat diperlukan oleh perusahaan-perusahaan di seluruh Indonesia dengan beragam bidang dan profesi. Lulusan manajemen amat diperlukan dalam melakukan pengelolaan suatu perusahaan dengan pemahaman mengenai hukum ketenagakerjaan dan komunikasi secara aktif dan efektif.

Jurusan lebih fleksibel

Pengambilan jurusan manajemen bisa diaplikasikan pada bagian apapun saat berada dalam perusahaan ataupun institusi. Hal itu bergantung dari bagaimana cara kamu menerapkan ilmu yang telah diperoleh tentang manajemen pada suatu tempat. Sehingga kelak kamu tetap dapat menghasilkan pekerjaan secara maksimal. Jadi jangan cemas kelak di dunia kerja jurusanmu cuma terpaku pada jualan saja.

Dapat meningkatkan kemampuan organisasi

Dalam jurusan manajemen akan membangun kemampuan untuk berpartisipasi dalam organisasi yang baik untuk mahasiswa. Di bidang manajemen ini kamu memiliki keahlian yang amat dibutuhkan untuk organisasi guna mendukung peran dalam dunia kerja.

Organisasi memerlukan keahlian dari bidang manajemen untuk mengelola dan mengorganisasi supaya dapat berjalan secara baik. Bukan suatu hal yang mustahil untuk menerapkan keahlian dan ilmu pada dunia organisasi di kampus sebagai wujud pengembangan.

Mudah beradaptasi

Proses untuk beradaptasi bagi jurusan manajemen tak demikian sulit dan singkat sekali. Pada awal kamu memasuki pembelajaran, maka akan diperkenalkan dengan berbagai dasar dari ilmu manajemen sebelum masuk pada pembahasan yang lebih spesifik.

Jadi tak perlu cemas bila diberikan kesempatan untuk memilih konsentrasi di jurusan manajemen. Kemampuan di jurusan manajemen tak mesti langsung bisa sebab semuanya perlu mencoba untuk dapat melakukannya.

Syarat Masuk Jurusan Manajemen

Manajemen adalah salah satu jurusan yang amat penting untuk kamu yang berminat menjadi seorang pengusaha, HR atau leader sehingga kamu mempunyai kesempatan karir lebih luas. Namun tidak semua orang bisa masuk ke jurusan manajemen lho. 

Ada beberapa syarat yang mesti kamu pahami secara baik untuk bisa masuk ke Jurusan Manajemen. Dengan mengetahui syarat-syarat ini kamu dapat menilai apakah kamu telah dapat  memenuhi kriteria ataukah tidak. Apa sajakah itu? Inilah syarat - syarat masuk Jurusan Manajemen.

1. Lulus ujian

Syarat masuk ke Jurusan Manajemen yang pertama pastinya kamu mesti lulus ujian. Kamu mesti lulus SMA terlebih dahulu. Akan lebih baik lagi jika kamu lulus dengan meraih nilai yang tinggi karena hal itu akan kian melebarkan peluang kamu untuk dapat masuk ke jurusan manajemen. Lantas kamu pun mesti lolos ujian seleksi masuk ke Jurusan Manajemen di kampus tujuan kuliahmu, seperti IKOPIN University. Terdapat banyak pilihan ujian masuk sehingga kamu dapat menjalani lebih dari satu hingga dinyatakan lolos.

2. Sesuai kualifikasi

Di samping lulus ujian, kamu pun mesti memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan oleh pihak kampus. Mulai dari persyaratan nilai, serangkaian tes atau ujian, hingga kelengkapan dokumen. Seluruh kriteria dan persyaratan dapat dilihat langsung di situs resmi universitas pilihanmu. 

3. Minat dan bakat

Hal yang jangan dilewatkan ialah minat kamu dalam Jurusan Manajemen. Minat dan bakat akan mendukung kamu untuk dapat meneruskan pembelajaran di bangku kuliah secara baik. Janganlah memilih jurusan lantaran terpaksa. Hal ini akan menyulitkan kamu saat mesti mengikuti proses perkuliahan kelak. 

4. Kemampuan finansial

Kemampuan finansial pun mesti dipikirkan. Untuk masuk Jurusan Manajemen, Kamu sebaiknya mengetahui besaran biaya kuliah setiap semesternya. Tetapi ini bukanlah syarat wajib. Pasalnya ada pula mahasiswa Jurusan Manajemen yang tak perlu membayar biaya kuliah lantaran memperoleh beasiswa.

5. Bakat kepemimpinan

Manajemen identik dengan jabatan tinggi dalam suatu perusahaan. Alhasil kamu perlu mempunyai dan mengasah terus soft skill leadership bila kuliah di Jurusan Manajemen.

 6. Gemar bersosialisasi

Mahasiswa manajemen mesti dapat berkomunikasi secara baik dan aktif. Kamu pun mesti sanggup bekerja sama dengan berbagai orang dengan tipe kepribadian yang berbeda-beda. Jadi jika kamu ini tipe orang yang hobi bermasyarakat, kamu cocok memilih Jurusan Manajemen.  

7. Disiplin

Penting mempunyai sifat disiplin dalam proses perkuliahan pada Jurusan Manajemen. Kamu akan mendapatkan banyak tugas kuliah dengan deadline yang terbilang singkat. Maka dari itu, kamu perlu untuk mempunyai sifat ini supaya bisa digunakan di dunia kerja kelak.

8. Ahli menyelesaikan masalah

Mahasiswa jurusan manajemen penting mempunyai sifat solutif atau dapat menyelesaikan masalah secara baik. Ketika masuk ke jurusan manajemen, kamu akan senantiasa dihadapkan pada situasi yang menuntut kamu untuk dapat menyelesaikan masalah secara baik. Salah satu tugas seorang manajer di perusahaan memang mengatasi masalah yang dihadapi oleh organisasinya.

Nah, itulah beberapa hal tentang alasan memilih dan syarat masuk jurusan manajemen. Salah satu program studi yang banyak berdampak pada aspek kehidupan masyarakat. Jika kamu tertarik berkarier sebagai seorang manajer, maka pilih saja Jurusan Manajemen di IKOPIN University yang telah terbukti menghasilkan lulusan terbaik. 


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Ragam Alasan Memilih Jurusan Manajemen yang Perlu Kamu Ketahui"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News