iklan space 728x90px

4 Keutamaan Ibadah Puasa Ramadhan yang Wajib Dipahami Kaum Muslim


Bulan Ramadhan menjadi waktu yang paling dinantikan oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia. Hal ini dikarenakan pada bulan Ramadhan, orang-orang muslim berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala dengan melaksanakan ibadah puasa dan amalan sunah lainnya. Nah, berikut akan dibahas mengenai 4 keutamaan ibadah puasa Ramadan yang wajib dipahami kaum muslim.

1. Doanya Mustajab

Waktu yang paling mustajab agar doa bisa dikabulkan adalah saat Anda dalam keadaan berpuasa. Saat menahan diri dari hawa nafsu mulai dari terbitnya fajar hingga matahari terbenam, Anda dianjurkan untuk memperbanyak berdoa. Hal ini dijelaskan dalam HR. Ahmad yang berbunyi bahwa salah satu orang yang tidak akan ditolak doanya adalah orang yang berpuasa hingga ia berbuka.

2. Pahala Berlipat Ganda

Pada saat melakukan ibadah puasa Ramadan, Anda akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk selalu melakukan kebaikan dan keberkahan dengan ibadah. Tak hanya puasa saja, ada banyak amalan lainnya yang bisa dilakukan untuk mencari pahala berlipat ganda di bulan Ramadan, seperti tadarus Al-Qur’an.

3. Mendapat Ampunan dari Allah SWT

Dalam sebuah hadist riwayat Bukhari mengatakan Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa orang yang berpuasa di bulan Ramadan maka akan diampuni dosa-dosanya. Sehingga banyak yang menyebut bahwa bulan Ramadan merupakan bulan yang suci karena pada saat itu dosa-dosa manusia yang beriman dan berpuasa akan diampuni.

4. Sebagai Tameng dari Setan

Sala satu keutamaan yang bisa diperoleh dari melakukan ibadah puasa adalah terlindung dari berbagai godaan setan. Sebagaimana dalam hadist HR. Bukhari yang menjelaskan bahwa saat datangnya bulan Ramadhan, pintu surga akan dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan-setan akan dibelenggu. Sehingga Anda tentunya akan merasa tidak leluasa untuk melakukan maksiat.

Itulah beberapa penjelasan terkait 4 keutamaan ibadah puasa Ramadan yang wajib dipahami oleh kaum muslim di seluruh dunia. Sembari menunggu waktu magrib agar bisa menikmati menu buka puasa, maka Anda bisa melakukan hal bermanfaat seperti belajar. Bergabung dan mendaftarlah dengan program EF Adults bagi Anda yang ingin belajar bahasa Inggris untuk orang dewasa. 


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "4 Keutamaan Ibadah Puasa Ramadhan yang Wajib Dipahami Kaum Muslim"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News