iklan space 728x90px

5 Rekomendasi Tempat Ngabuburit Paling Seru Di Jogja


Di Bulan Ramadan, ngabuburit menjadi kegiatan yang dinanti-nantikan oleh banyak orang. Ngabuburit sendiri merupakan sebuah tradisi di Bulan Ramadan berupa ragam kegiatan untuk menunggu waktu berbuka puasa. Ada banyak kegiatan ngabuburit yang bisa dilakukan seperti berburu takjil atau berjalan-jalan ke berbagai tempat. 

Selain buat berwisata, Jogja juga diketahui memiliki banyak tempat seru yang bisa digunakan untuk ngabuburit. Apalagi, terdapat banyak moda transportasi yang tersedia untuk ke Jogja, salah satunya adalah kereta api. Kamu bisa pesan tiket kereta ke Jogja melalui Traveloka yang mudah diakses lewat perangkat smartphone dan punya beragam promo menarik buatmu. 

Menghabiskan waktu berjalan-jalan ke berbagai tempat seru buat ngabuburit di Jogja menjadi salah satu ide menarik untuk dilakukan pada Bulan Ramadan. Lantas, apa saja kira-kira tempat seru di Jogja untuk ngabuburit? Berikut ini adalah beberapa rekomendasinya! 

1. Tumpeng Menoreh   


Lokasi: Jalan Kebun Teh Nglinggo, Sumbersari, Ngargoretno, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 55673

Tempat ngabuburit di Jogja ini merupakan sebuah restoran unik berbentuk heksagonal. Tumpeng Menoreh yang mulai dibuka pada Bulan Mei 2021 ini berada di Kawasan Bukit Menoreh. Karena itu, Tumpeng Menoreh ini menjadi spot yang ideal untuk menyaksikan matahari terbit maupun matahari terbenam. Kamu bisa ngabuburit sekaligus menikmati sunset dari Tumpeng Menoreh. 

Dari Tumpeng Menoreh, para pengunjung bisa menyaksikan pemandangan dari empat gunung besar, yakni Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, serta Gunung Merapi. Terdapat wahana baru yang bisa dicoba oleh para pengunjung ketika berkunjung ke Tumpeng Menoreh berupa lift dengan ketinggian 100 meter. 

Lift ini akan membawa para pengunjung ke Tumpeng Ayu yang berada tepat di bawah Tumpeng Menoreh. Sebagai informasi, Tumpeng Menoreh ini dibuka setiap hari selama 24 jam. Jadi, kamu bisa mengunjunginya kapan saja selain ketika ingin ngabuburit. 

2. Kampung Ramadan Jogokariyan


Lokasi: Jalan Masjid Jogokariyan, Mantrijeron, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 55143

Ini merupakan salah satu tempat ngabuburit seru di Jogja yang patut dikunjungi. Sejak puluhan tahun, Kampung Ramadan Jogokariyan selalu rutin digelar. Di Kampung Ramadan Jogokariyan ini ada sekitar 200 pedagang yang menjual beragam takjil yang menggugah selera. Selain membeli beragam takjil lezat yang dijajakan di kampung ini, kamu juga bisa berkunjung ke Masjid Jogokariyan. 

Perlu diketahui, Masjid Jogokariyan ini dibangun pada tahun 1966 dan mulai dipergunakan di tahun 1967. Setiap Bulan Ramadan, masjid yang memiliki luas 1.118 meter persegi ini selalu membagi-bagikan sekitar 3000 porsi makanan gratis untuk berbuka puasa. Sebagai informasi, Kampung Ramadan Jogokariyan ini dibuka setiap hari selama 24 jam selama Bulan Ramadan. 

3. Sindu Kusuma Edupark   


Lokasi: Jalan Jambon, Kragilan, Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 55284

Tempat ngabuburit seru di Jogja berikutnya adalah destinasi wisata modern yang penuh dengan wahana edukasi. Beberapa wahana edukasi yang berada di Sindu Kusuma Edupark dengan luas lahan 7 hektar ini antara lain Omah Batik, Miniatur Candi Prambanan, serta Omah Musik. 

Selain itu, masih ada berbagai wahana menarik lainnya di sini seperti spinning cup, flying chair, rumah hantu, area ketangkasan, bioskop 4D, bioskop 8D, bumper car, dan masih banyak lagi. Namun, wahana yang menjadi landmark dari Sindu Kusuma Edupark adalah bianglala bernama Cakra Manggilingan. Perlu diketahui, Cakra Manggilingan dengan ketinggian 48 meter ini merupakan bianglala tertinggi di Indonesia.

Selama Bulan Ramadan, biasanya tempat ini dipenuhi dengan stand makanan dan minuman sehingga para pengunjung bisa lebih mudah berbuka puasa. Sebagai informasi, Sindu Kusuma Edupark dibuka dari hari Selasa hingga Jumat dari jam 8 pagi hingga pukul 5 sore. Sedangkan di akhir pekan, jam buka Sindu Kusuma Edupark mulai dari jam 8 pagi sampai pukul 6 sore. 

4. HeHa Ocean View    


Lokasi: Bolang, Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 55872

Tempat ngabuburit seru di Jogja yang satu ini punya banyak spot foto Instagramable. Beberapa spot foto yang tersedia di HeHa Ocean View antara lain air baloon, terra curve, rainbow, santorini, trinity glass, chromatic car, dan masih banyak lagi. Sebagian besar spot foto di tempat ini pun memiliki latar pemandangan pantai yang membuatnya tampak lebih indah. 

Di HeHa Ocean View juga telah tersedia area foodcourt. Dengan begitu, kamu bisa ngabuburit di sini sambil menyaksikan sunset. Sebagai informasi, HeHa Ocean View sendiri dibuka setiap hari mulai dari jam 9 pagi sampai pukul 9 malam. 

5. The Lost World Castle


Lokasi: Bolang, Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 55872

Tempat ngabuburit seru di Jogja yang terakhir ini berada di lereng Gunung Merapa berupa kastil megah. Terdapat berbagai wahana permainan yang tersedia pada The Lost World Castle seperti perkampungan suku Indian, Stonehenge, dan Gledekan. 

Selain itu, ada juga berbagai spot foto Instagramable yang tersedia bagi para pengunjung di The Lost World Castle. Spot foto Instagramable tersebut antara lain paradise gate, kapal black pearl, lukisan 3D, dan masih banyak lagi. Kamu bisa ngabuburit ke The Lost World Castle kapan saja karena tempat ini dibuka setiap hari mulai dari jam 7 pagi hingga pukul 6 sore. 

Well, itulah beberapa rekomendasi tempat seru di Jogja untuk ngabuburit. Adakah dari tempat-tempat tersebut yang ingin kamu kunjungi untuk ngabuburit?

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "5 Rekomendasi Tempat Ngabuburit Paling Seru Di Jogja "

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News