iklan space 728x90px

Mengenal Kiprah PT Sriboga Raturaya dalam Industri Makanan di Indonesia


Industri makanan di Indonesia hingga saat ini masih digadang-gadang sebagai salah satu penggerak utama pertumbuhan manufaktur dan perekonomian nasional di tahun-tahun mendatang. Pentingnya sektor industri makanan yang strategis ini bisa tampak dari kontribusinya yang konsisten dan besar pada PDB (produk domestik bruto) industri nonmigas serta realisasi investasi yang naik. 

Industri makanan merupakan salah satu bisnis yang mempunyai pertumbuhan tercepat. Berbagai jenis makanan dengan tampilannya yang menarik masih akan tetap ada di pasaran untuk meningkatkan nilai estetika dan daya tarik pelanggan supaya penjualan produk kian meningkat. 

Di Indonesia, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri makanan adalah PT Sriboga Raturaya. Selama dua dekade lebih ia telah berkontribusi pada industri bahan pangan. Tetapi PT Sriboga Raturaya ternyata mempunyai peran penting lain di industri makanan Indonesia. Mari simak pembahasan berikut ini untuk mengetahuinya lebih lanjut.

Pionir Produksi Tepung Terigu Bernutrisi Tinggi

PT Sriboga Raturaya merupakan pionir produksi tepung terigu bernutrisi tinggi di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1995. Selama lebih dari dua dekade produknya sukses masuk ke pasar Indonesia dan mendapat respon positif dari masyarakat.

Permintaan pada tepung Sriboga dapat dikatakan konsisten dari tahun ke tahun dan bahkan cenderung meningkat. Fokus utama bisnis pertamanya ialah memproduksi bahan pangan, terutama tepung terigu.

Pada masa-masa awal pendiriannya, Sriboga Raturaya mempunyai lahan seluas 4 hektar yang bertempat di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Lahan tersebut merupakan sumber utama untuk bahan produksi tepung milik perusahaan itu.

Produk tepung yang dibuat oleh PT Sriboga Raturaya telah mengalami perkembangan dan inovasi bersamaan dengan berjalannya waktu. Dari yang awalnya cuma 3 macam produk tepung terigu, yakni tepung Tali Emas, Pita Merah dan Beruang Biru. Kini ia telah mempunyai 18 varian produk tepung terigu berkualitas serta bernutrisi tinggi untuk masyarakat Indonesia. 

Dengan pilihan produk yang lengkap, konsumen dapat menyesuaikan menurut kebutuhan masing-masing. Berkat inovasi yang telah dihadirkannya kini PT Sriboga Raturaya masuk ke dalam jajaran 5 perusahaan tepung terigu terbaik dan terkenal di Indonesia.

Kecuali inovasi yang terus dilakukan, kita dapat melihat bagaimana konsistensi perusahaan ini dalam memproduksi tepung terigu dengan nutrisi tinggi. Kualitasnya terus terjaga setiap waktu sehingga konsumen kian percaya dengan brand ini.

Berdirinya PT Mulia Inti Pangan dan PT Sriboga Flour Mill

Pada tahun 2011 yang lalu PT Sriboga Raturaya secara resmi mendirikan anak perusahaan manufaktur bahan makanan, yakni PT Sriboga Flour Mill. Ia berkiprah di bidang inovasi untuk memproduksi tepung terigu khusus.

Perjalanan selama kira-kira 10 tahun terakhir, PT Sriboga Flour Mill kini berhasil menjadi bagian dari 5 produsen tepung terigu terbesar di Indonesia. Fokus utamanya ialah memproduksi tepung terigu yang terspesialisasi atau disesuaikan.

PT Sriboga Flour Mill terus mengembangkan produk-produknya yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Produk yang dihadirkan bukan cuma satu macam saja, tetapi meliputi beberapa jenis sesuai permintaan konsumen yang terus berkembang setiap saat.

Untuk meluaskan jangkauannya di Indonesia, PT Sriboga Flour Mill telah memperluas jaringan distribusinya ke beberapa wilayah. Kini pendistribusian produk tepungnya mencakup wilayah Jawa Tengah, Daerah Istimewa Jogjakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta dan Bali.

Pendistribusian produk yang dilakukan oleh PT Sriboga Flour Mill bukan cuma sebatas di wilayah lokal saja. Tetapi juga ke wilayah mancanegara. Beberapa negara di Asia Tenggara yang telah menjadi pelanggannya antara lain Brunei Darussalam, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Singapura, Thailand dan Timor Leste.

Pelanggan global itu ikut berkontribusi pada perkembangan perusahaan yang kian pesat seiring beranjaknya tahun. Loyalitas konsumen di Indonesia dan mancanegara telah terbukti baik pada perusahaan.

PT Sriboga Raturaya bukan cuma mempunyai satu anak perusahaan tetapi masih ada satu lagi yang bernama PT Mulia Inti Pangan. Perusahaan ini sama-sama bergerak di sektor produksi bahan pangan.

Pada awal kehadirannya, PT Mulia Inti Pangan merupakan divisi di bawah naungan PT Sriboga Flour Mill. Namun pada tahun 2019 lalu mereka memutuskan untuk berdiri sendiri. Sekarang PT Mulia Inti Pangan berkecimpung di bidang usaha dan kegiatan produksi yang berlainan dengan PT Sriboga Flour Mill. 

PT Mulia Inti Pangan saat ini fokus pada peningkatan nilai dan manfaat tepung lewat pengaplikasian teknologi terkini. Beberapa jenis bahan pangan yang telah dikembangkannya antara lain Heat Treated Flour, Premix Flour, Marinades, Seasonings, Food Coatings, Filler and Binders.

Walaupun bergerak di bidang yang tidak sama, tetapi kedua anak perusahaan PT Sriboga Raturaya ini mempunyai tujuan yang sama. Yakni menghadirkan produk bahan pangan bergizi dan terbaik bagi masyarakat.

Memasukkan Marugame Udon dan Pizza Hut di Indonesia

Sebagai perusahaan yang bergelut dan berpengalaman di bidang industri makanan, PT Sriboga Raturaya lantas berinisiatif mendatangkan dua brand global ke pasar Indonesia. Usaha ini sukses diwujudkan dengan menggandeng franchise restoran Pizza Hut dan Marugame Udon.

PT Sarimelati Kencana TBK yang merupakan salah satu anak perusahaannya dipercaya selaku partner brand Pizza Hut di Indonesia. Berkat kemampuannya dalam memahami selera konsumen Indonesia dan kekuatannya di sektor industri makanan, Pizza Hut telah berhasil mendirikan sampai lebih dari 5000 outlet.

Di samping sukses meluaskan outlet di berbagai wilayah, kerjasama ini malah menciptakan lini bisnis yang baru di bidang pengantaran makanan. PT Sarimelati Kencana TBK lantas memperluas bidang usahanya di tahun 2007 dengan menghadirkan Pizza HUT Delivery (PHD) bertugas yang melayani pesan antar. 

Keberhasilan dari perjanjian waralaba ini dibuktikan dengan penghargaan yang berhasil diraih berturut-turut. Yakni Asia Franchisee of The Year (tahun 2007-2009 dan tahun 2011-2013). Selain itu juga mendapatkan penghargaan Franchisee of The Year pada tahun 2017.

Perjalanan PT Sriboga Raturaya di industri makanan di Indonesia kian berkembang di tahun 2013. Ia telah berhasil mengakusisi satu brand global lainnya yaitu Marugame Udon. Lewat PT Sriboga Marugame Indonesia, perusahaan ini berhasil menjadi waralaba Marugame Udon di Indonesia. 

Pada tahun pertama dibukalah gerai di tiga mall besar, seperti Grand Indonesia, Gandaria City, dan Kota Kasablanka. Satu tahun kemudian PT Sriboga Marugame Indonesia mempunyai 15 gerai. Setiap tahun perkembangannya amatlah pesat. Terbukti hingga saat ini berhasil membawahi 77 gerai Marugame Udon yang tersebar luas di berbagai wilayah di Indonesia.

Di samping fokus mengembangkan layanan dan gerai kedua restoran waralaba milikinya tersebut PT Sriboga Raturaya pun mengurus sertifikasi halal. Pada 1997 silam gerai Pizza Hut berhasil mendapatkan sertifikasi halal MUI. Sedangkan sertifikasi halal untuk Marugame Udon di Indonesia dikantongi 2 tahun semenjak awal kehadirannya, yakni tahun 2015.

Ikut Serta Mendukung Memberdayakan UMKM di Indonesia

Sebagaimana yang kita ketahui, UMKM memegang peran penting untuk perekonomian Indonesia. Terutama soal penyerapan tenaga kerja, dimana 97% disumbangkan oleh para pelaku UMKM di berbagai bidang.

Nah untuk membantu memberdayakan UMKM ini PT Sriboga Raturaya menampilkan Sriboga UMKM Center. Aksi nyatanya ini dimulai pada tahun 2004 lalu dengan menggandeng perkumpulan penjual mie ayam di Jogja.

Pada 2021 yang lalu, Sriboga UMKM Center kembali menerima 216 UMKM baru dengan produk yang beraneka ragam, seperti roti, mie, manisan tradisional, kue bolu, biskuit, dan kue kering.

Demikianlah kiprah PT Sriboga Raturaya di industri makanan Indonesia. Produk terigu yang diproduksinya adalah produk terigu berkualitas tinggi dengan teknologi khusus terkini sehingga dipercaya oleh konsumen dan berbagai mitra untuk membuat produk makanan terbaik.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Mengenal Kiprah PT Sriboga Raturaya dalam Industri Makanan di Indonesia"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News