iklan space 728x90px

Pelajari Manfaat Vitamin B untuk Tubuh Anda


Vitamin B adalah salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin B dan manfaatnya untuk tubuh tidak bisa dipandang sebelah mata. Untuk mencukupi asupan vitamin B, maka Anda harus mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan vitamin B. Beberapa makanan yang mempunyai kandungan vitamin B tinggi di antaranya ikan salmon, hati sapi, telur, daging sapi, dan daging ayam.

Vitamin B tidak cuma ada satu jenis saja, namun terdapat delapan vitamin yang berbeda. Jenis-jenis vitamin B berfungsi dalam mengubah makanan menjadi energi di dalam tubuh. Vitamin B perlu untuk memastikan sel-sel di dalam tubuh berperan secara baik. Mereka menunjang tubuh membuat sel darah baru, mengubah makanan menjadi energi, serta menjaga sel-sel otak, sel-sel kulit yang sehat, dan jaringan tubuh yang lainnya. 

Kedelapan jenis vitamin B itu disebut dengan vitamin B kompleks. Vitamin B seringkali terdapat berbarengan dalam suatu makanan yang sama. Yuk pelajari manfaat vitamin B untuk tubuh Anda!

Manfaat Vitamin B untuk Tubuh

Berikut ini manfaat vitamin B di setiap macamnya yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Vitamin B1

Vitamin B1 kerap dinamakan tiamin. Konsumsi vitamin B1 yang cukup setiap hari bisa menjadikan tubuh Anda lebih berenergi. Pasalnya vitamin ini berfungsi untuk mengubah karbohidrat dari asupan makanan menjadi energi. Tidak cuma itu, vitamin B1 juga bermanfaat untuk menjaga sistem saraf tubuh tetap sehat.

Kebutuhan vitamin B1 harian setiap orang ternyata berbeda-beda. Wanita biasanya memerlukan kurang lebih 0,8 mg vitamin B1, sementara itu pria kira-kira 1 mg vitamin B1 setiap harinya. 

Guna mencukupi kebutuhan itu Anda bisa mengkonsumsi makanan yang menjadi sumber vitamin B1, misalnya kacang polong, buah-buahan, daging sapi,  biji-bijian utuh, roti, susu, dan telur.

2. Vitamin B2

Vitamin B2 termasuk ke dalam salah satu dari delapan jenis vitamin B kompleks yang diperlukan untuk pertumbuhan dan menjalankan fungsi sel dengan normal. Jenis vitamin B yang juga dinamakan riboflavin inipun perlu untuk memelihara mata, kulit, dan sistem saraf agar tetap sehat. Selain itu vitamin B2 juga bermanfaat membantu tubuh menjadi lebih mudah mencerna karbohidrat, protein, dan lemak secara maksimal.

Anda bisa mengkonsumsi sejumlah makanan kaya vitamin B2 berupa nasi, sayuran, susu, telur, dan ikan untuk meraup manfaatnya. Pastikan untuk mencukupi kebutuhan vitamin B2 harian Anda sebanyak 1,1 mg tiap hari untuk wanita dan 1,3 mg tiap hari bagi pria.

3. Vitamin B3

Sama dengan jenis vitamin B lainnya, manfaat vitamin B3 diperlukan tubuh untuk memelihara sistem saraf dan kesehatan kulit. Di samping itu, vitamin inipun dapat menjadikan Anda lebih berenergi menjalani hari lantaran fungsinya mengubah makanan menjadi tenaga.

Ada beragam jenis makanan sumber vitamin B3 atau niacin yang dapat Anda konsumsi, misalnya daging sapi, ikan, telur, kacang-kacangan, dan susu. Pastikan untuk selalu mencukupi kebutuhan vitamin B3 harian sebanyak 13 mg untuk wanita dan 17 mg untuk pria.

4. Vitamin B5

Vitamin B5 dikenal juga dengan sebutan asam pantotenat. Vitamin yang termasuk dalam vitamin B kompleks ini berfungsi utama untuk menunjang pertumbuhan tubuh.

Manfaat vitamin B5 pun dapat mengubah makanan menjadi tenaga dalam tubuh. Tidak hanya itu, jenis vitamin B ini pun berperan membuat hormon-hormon penting untuk memelihara fungsi tubuh.

Makanan sumber vitamin B5 yang bisa dikonsumsi di antaranya kentang, brokoli, telur, tomat, daging sapi, daging ayam, dan nasi merah.

5. Vitamin B6

Terdapat beberapa manfaat vitamin B6 yang sayang untuk dilewatkan, antara lain menjaga kesehatan otot, kesehatan pencernaan, sistem imunitas tubuh, membentuk hemoglobin, mengubah protein dan karbohidrat menjadi energi.

Konsumsilah makanan sumber vitamin B6 atau piridoksin, seperti pisang, daging ayam, kentang, kacang, dan susu untuk meraup manfaat salah satu jenis vitamin B kompleks ini.

Setiap orang membutuhkan dosis vitamin B6 yang berbeda-beda. Tetapi secara umum, kebutuhan vitamin B6 harian untuk wanita sebanyak 1,2 mg vitamin B6 per hari, sedangkan pria adalah 1,4 mg.

6. Vitamin B7

Vitamin B7 atau sering juga dinamakan biotin ini mempunyai tugas utama untuk mengurai lemak dan karbohidrat menjadi asam lemak dan glukosa. Jenis vitamin B ini bisa larut di dalam air sehingga tak dapat disimpan dalam waktu lama di tubuh. Oleh karena itu Anda perlu mengkonsumsi makanan sumber vitamin B7, antara lain kembang kol, hati, sereal, wortel, pisang, dan salmon.

7. Vitamin B9

Asam folat yang kerap Anda dengar ternyata itu adalah vitamin B9. Ada beragam manfaat vitamin B9 untuk kesehatan, antara lain menurunkan risiko bayi lahir cacat, membantu pembentukan DNA, dan memproduksi sel darah merah bersama dengan vitamin B12.

Jenis vitamin B ini amat penting untuk ibu hamil atau wanita yang mengikuti program kehamilan. Untuk Anda yang tengah hamil atau menjalankan program kehamilan, cukupi kebutuhan asam folatnya sebanyak 0,4 mg per hari. Sedangkan untuk pria dan wanita dewasa yang normal dianjurkan mengkonsumsi asam folat sebanyak 0,2 mg per hari.

Walau terlihat sedikit, ternyata banyak orang yang menderita kekurangan vitamin B9. Anda bisa mengkonsumsi berbagai makanan sumber vitamin B9, misalnya sereal, bayam, asparagus, kacang polong, kacang, dan brokoli, untuk menutupinya.

8. Vitamin B12 

Vitamin B12 atau kobalamin mempunyai banyak fungsi dalam tubuh, seperti menjaga sistem saraf tubuh, memproses vitamin B9, memproduksi sel darah merah, dan mengubah makanan menjadi energi.

Anda disarankan untuk mencukupi kebutuhan vitamin B12 kira-kira 1,5 mcg per hari untuk orang dewasa karena manfaatnya sangat banyak. Caranya tidak sulit, Anda hanya cukup mengkonsumsi makanan sumber vitamin B12, antara lain telur, keju, susu, daging, dan salmon. 

Demikianlah uraian 8 jenis vitamin B dan manfaatnya untuk tubuh yang harus Anda pelajari agar tubuh Anda tetap terjaga kesehatannya.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Pelajari Manfaat Vitamin B untuk Tubuh Anda"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News