iklan space 728x90px

Cara Mengatasi Sunburn Saat Liburan di Pantai


Siapa sih yang tak suka pergi ke pantai? Ada berbagai hal yang dapat dilakukan ketika liburan ke pantai, misalnya bermain voli pantai, berenang, melakukan bermacam aktivitas olahraga air atau hanya sekedar menikmati keindahan laut.

Saat liburan di pantai memang menyenangkan, terlebih bila dilewatkan bersama dengan orang-orang tersayang dan akrab. Untuk itu tentunya banyak cerita liburan ke pantai yang menarik sekali untuk disimak. 

Salah satu tanda yang jelas nampak saat Anda usai berlibur di pantai adalah berubahnya warna kulit. Terutama di bagian yang terpapar langsung oleh sinar matahari seperti wajah, yang terlihat memerah dan condong menjadi gelap. Keadaan ini dikenal dengan istilah sunburn. 

Jangan sepelekan sunburn karena keadaan ini dapat membahayakan kulit lho! Simak tips pencegahan dan cara mengatasi sunburn agar tidak semakin parah.

Cara Mencegah Sunburn

Sebelum beranjak ke luar ruangan, tentu Anda mesti mempersiapkan kulit agar tidak terbakar sinar matahari. Cara yang terbilang paling mudah dilakukan ialah dengan menggunakan tabir surya atau sunscreen setidaknya SPF 50. Khusus untuk liburan ke pantai, pastikan juga sunscreen tersebut sudah bersifat waterproof. 

Caranya cukup dengan mengoleskan sunscreen 20 menit sebelum Anda beraktivitas dan oleskan secara merata ke seluruh area yang terpapar langsung sinar matahari misalnya leher, kaki, tangan, dan wajah. Pakainya pun jangan tipis-tipis, tetapi harus banyak.

Selain itu, tidak hanya dipakai, tetapi sunscreen pun harus diaplikasikan ulang setiap dua jam sekali dan setiap kali setelah berenang. Walau terkena air pantai, Anda tidak perlu mencuci wajah, Anda dapat langsung menumpuk sunscreen di bagian yang sama. 

Kecuali itu, jangan lupa untuk melengkapinya dengan pelindung lain seperti topi dan kacamata pantai supaya perlindungan menjadi lebih maksimal serta mengurangi kulit terkena langsung paparan sinar matahari. Jangan lupa mandi dengan air tawar setelah bermain di pantai untuk menghindari kulit kering dan aplikasikan after sun gel untuk memulihkan kelembapan kulit.

Cara Mengatasi Sunburn

Sunburn tidak cuma diindikasikan dengan perubahan warna kulit yang mencolok, namun juga diikuti rasa panas di bagian yang terbakar dan membuat Anda tidak nyaman. Untuk itulah Anda perlu sesuatu yang dingin dan menjadikan kulit kembali rileks seperti sebelumnya. Salah satu cara sederhana yang dapat Anda lakukan dengan segera ialah mengompres kulit yang terbakar tersebut dengan menggunakan air dingin selama beberapa menit.

Namun bila cara ini tidak mempan, Anda dapat mencoba cara lain seperti mengolesi kulit dengan gel lidah buaya, menggunakan masker mentimun, masker yoghurt, mengoleskan madu, dan juga dapat menggunakan kantong teh yang telah didinginkan terlebih dulu.

Cara-cara di atas sudah terbukti efektif untuk meredakan panas pada kulit yang terbakar sinar matahari. Umpamanya pada timun, ternyata terdapat zat antioksidan alami yang bagus untuk kulit. Lantas terdapat kandungan lemak dan protein pada yoghurt yang bisa meredakan rasa perih pada wajah yang terkena sunburn. Kemudian pada madu, terdapat antibakteri yang bisa menyembuhkan luka dan meminimalisir peradangan, serta mengompresnya dengan menggunakan kantong teh dingin bisa meringankan pembengkakan dan mengusir rasa sakit.

Apabila cara di atas ternyata juga tidak membuahkan hasil masih ada beberapa cara sebagai alternatif mengatasi sunburn.

Mengoleskan krim hidrokortison

Mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari juga dapat dengan cara mengoleskan krim hidrokortison bila perih karena terbakar matahari ternyata terjadi lama. Krim hidrokortison ialah obat terbakar sinar matahari tanpa perlu resep dokter yang dapat Anda peroleh di apotek. 

Krim ini bekerja dengan cara mengurangi inflamasi atau peradangan, tak terkecuali akibat sinar matahari. Oleskanlah krim ini pada bagian kulit yang terbakar dan terasa nyeri atau perih. Tetapi bila perih yang dirasakan tak kunjung sembuh, Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter kulit. 

Jaga bagian kulit yang melepuh

Sebaiknya Anda menghindari menyentuh kulit yang melepuh supaya tidak pecah. Bila lepuh pecah dan luka, lekas basuh dengan sabun dan air bersih. Kemudian berikan pula krim antibiotik dan tutuplah dengan perban. 

Nah sekarang sudah tahu 'kan bagaimana cara mencegah dan mengatasi sunburn? Semoga setelah ini Anda bisa lebih menjaga kulit Anda dari paparan sinar matahari.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Sunburn Saat Liburan di Pantai"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News