Cara Menolak Tanpa Dibebani Rasa Bersalah

Maman Malmsteen 21.31.00
Kita sering merasa bersalah jika menolak atau tidak bisa memenuhi permintaan seseorang. Berikut ini cara berkata tidak tanpa menimbulkan beban emosional.
  • Puji diri Anda karena selama ini telah menjadi orang yang ringan tangan dan selalu siap membantu. Pengalaman membuktikan, Anda sering bersedia membantu orang lain. Jangan menghukum diri Anda jika kali ini Anda tak bisa menolongnya.
  • Jelaskan secara singkat respek dan kesukaan Anda pada orang tersebut. Misalnya dengan berkata, "Kamu tahu, selama ini saya selalu senang jika bisa membantumu. Kecuali kali ini." Dengan cara ini orang tersebut tak akan merasa ditolak.
  • Jelaskan penolakan Anda secara singkat dan manis. Makin sedikit Anda menjelaskan, akan makin berkurang rasa bersalah Anda. Contoh penjelasan singkat adalah, "Maaf, saya sudah punya rencana atau janji lain."

Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon