IBX59ED8B2FED208 Taman Purbakala Cipari Kuningan Jawa Barat - Jendela Informasi

Taman Purbakala Cipari Kuningan Jawa Barat


Taman Purbakala Cipari, tempat wisata ini mungkin tidak asing lagi bagi yang tinggal di Kuningan. Tetapi bagi Anda yang tinggal di luar kota Kuningan, pasti akan sedikit kebingungan. Taman Purbakala Cipari ini berada di Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. Taman Purbakala Cipari ini merupakan sebuah situs prasejarah peninggalan manusia purba yang hidup pada zaman megalitikum atau zaman batu. Luas taman purbakala ini sekitar 7.000 m2. Oleh karena itu, di sini banyak sekali terdapat koleksi peninggalan prasejarah.

Di Taman Purbakala Cipari Anda dapat melihat punden berundak, sebuah bangunan yang tersusun dari batu. Punden berundak ini merupakan tempat pemujaan karena di bagian teratasnya terdapat tugu. Anda juga dapat melihat artefak peninggalan prasejarah megalitikum yang telah mampu membentuk batuan menjadi kapak, gerabah, mangkok, gelang, dan lain-lain. Di bagian lain, terdapat tanah lapang berbentuk lingkaran yang dibatasi oleh susunan batu sirap, di tengah-tengahnya terdapat batu. Tempat ini disebut Batu Temu Gelang dan berfungsi sebagai tempat upacara untuk berhubungan dengan arwah nenek moyang dan sebagai tempat untuk musyawarah.

Pengunjung juga dapat melihat dolmen atau meja batu besar yang ditopang empat batu lonjong di bawahnya. Dolmen ini merupakan meja tempat menyimpan sesaji atau persembahan kepada roh nenek moyang. Di sana juga terdapat menhir atau batu besar setinggi 2,5 meter yang berdiri tegak dan digunakan untuk memuja roh nenek moyang. Bahkan di sini Anda dapat melihat peti kubur berukuran sangat besar.

Selain itu, di sini Anda juga dapat mengunjungi museum yang menyimpan alat dan barang hasil penemuan para ahli saat melakukan penggalian di situs purbakala ini, misalnya kapak batu untuk bercock tanam,  gelang batu untuk perhiasan, gerabah untuk peralatan dapur, dan lain-lain. Alat-alat dan barang-barang tersebut ditata dengan rapi dan disimpan di dalam kotak kaca.
 
Nah, untuk menuju ke lokasi Taman Purbakala  Cipari ini ternyata tidaklah sulit karena merupakan jalan beraspal yang dapat dilalui kendaraan roda empat maupun roda dua. Anda membutuhkan waktu perjalanan sekitar 30 menit dari pusat Kota Kuningan. Lingkungan Taman Purbakala Cipari sangat mendukung sebagai objek wisata, baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara mengingat udara yang sejuk dan nyaman dengan pemandangan yang indah didukung oleh lahan tempat wisata yang cukup luas.

0 Response to "Taman Purbakala Cipari Kuningan Jawa Barat"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.