IBX59ED8B2FED208 Kiat Tingkatkan Energi untuk Atasi Lelah - Jendela Informasi

Kiat Tingkatkan Energi untuk Atasi Lelah

Pernahkah Anda merasa lelah yang panjang hingga malas melakukan segala sesuatu? Anda tidak sendirian, sebab lelah sepanjang waktu ternyata dialami hampir 5-7% orang di Inggris. Mereka rata-rata mengeluh kelelahan terlalu sering. 

Lalu bagaimana cara meningkatkan energi alami Anda untuk mengatasi rasa lelah? Berikut terdapat lima cara untuk mengatasi rasa lelah.

1. Konsumsi makan bervitamin B dan mineral
Ahli nutrisi, Rob Hubson, mengatakan, melakukan diet bisa menaikkan tingkat energi kita sehari-hari. "Kita memiliki kehidupan yang sibuk, dan penting bagi kita memberikan tubuh cukup kalori untuk melewati hari. Hindari melewatkan makan dan pilihlah karbohidrat kompleks untuk menghindari turunnya gula darah yang dapat membuat Anda lelah dan tidak seimbang,"ujar Hubson seperti dilansir Female First.

Hubson menganjurkan untuk memastikan tubuh mendapat asupan vitamin B yang cukup. Hal ini, bermanfaat untuk mengubah makanan yang Anda makan menjadi energi. Dia mengatakan, vitamin D dapat ditemu kan dalam kelompok biji-bijian seperti beras merah, barley dan quinoa serta protein tanpa lemak seperti ikan berminyak dan kalkun.

Di samping itu, lanjut Hubson, mineral juga penting untuk energi. "Rendahnya kadar zat besi dapat menyebabkan kelelahan, jadi penting untuk memasukkan banyak makanan kaya zat besi seperti daging tanpa lemak, sayuran berwarna hijau tua, kacang-kacangan dan buahbuahan kering dalam menu diet Anda," papar dia.

2. Kurangi stres
Merasa lelah bukan hanya tentang gizi, stres juga mengambil bagian di dalamnya. Menurut naturopath, Martin Budd, stres jangka panjang bukan hanya menguras emosi tetapi juga energi tubuh.

Di samping itu, lanjutnya, terlalu sering mengosumsi kafein atau gula makanan untuk memberi kita dorongan energi, hanya membuat masalah jadi lebih buruk.

3. Periksakan diri
Sangat penting untuk menyingkirkan masalah kesehatan yang serius sehingga kunjungan ke dokter selalu disarankan,"Kekurangan zat besi, anemia, kelelahan adrenal atau kurangnya tiroid mudah untuk didiagnosa dan diobati, anmun kadang-kadang terlewatkan. Jangan takut untuk menguji hal ini, bahkan jika Anda telah diuji sebe-lumnya,"ujar Martin Budd.

Menurut dia, bagi kebanyakan orang, kelelahan bukanlah disebabkan masalah tunggal melainkan kombinasi dari faktor-faktor seperti pola makan yang buruk, kurang tidur, ketidakseimbangan hormon, stres, dan jatuh keluar dari gaya hidup sibuk kita.

4. Bergeraklah
Seorang trainer profesional, Christina Howells, menganjurkan olahraga sebagai penambah energi. Dia mengatakan penting bagi kita untuk memulai olahraga perlahan-lahan dan istirahat secara teratur.'Jika Anda menderita kelelahan, saya rekomen-dasikan latihan kardio, yoga, daripa-da latihan dengan intensitas tinggi," katanya.

Di samping itu, lanjut dia, protein sangat penting untuk pemulihan latihan dan memperbaiki otot sehingga Christina merekomendasi-kan memasukkan protein dalam makanan ringan pasca-latihan.

5. Banyak minum air
Apa yang kita minum juga memengaruhi energi. Minuman manis dan kafein membuat kita merasa lebih lelah.
Kemudian, dehidrasi adalah salah satu penye-bab kelelahan dan hilangnya konsentrasi. Oleh karena itu Rob Hubson menganjurkan kita mengonsumsi banyak air.

"Minum banyak air dan tambahkan mint, kemangi, lemon atau mentimun untuk membuatnya sedikit lebih segar," kata dia.

0 Response to "Kiat Tingkatkan Energi untuk Atasi Lelah"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.