Inilah Cara Internetan Gratis (Rp 0,-)

Mark Zuckerberg benar-benar memenuhi janjinya untuk membuat layanan internet gratis di Indonesia. Ya ... internet.org. Sebuah layanan yang memungkinkan Anda untuk bisa mengakses beberapa layanan internet tanpa menggunakan pulsa sepeserpun.

Bahkan dengan hanya menggunakan sisa pulsa Rp.100,- saja di hape agak jadul - Nokia Asha, konten-konten internet yang disedi-akan berjalan dengan cukup mulus.

Cuma sayangnya, layanan ini saat ini baru bisa dinikmati di jaringan Indosat. Memang cukup aneh. Karena pada kunjungan beberapa waktu lalu, Mark sempat melakukan test dengan XL Axiata. Jadi ketika Anda mengaktifkan layanannya atau membuka aplikasinya, akan muncul notifikasi bahwa situs tersebut hanya bisa dinikmati dengan menggunakan operator seluler Indosat.

Internet.org ini sendiri adalah sebuah layanan yang digagas oleh Facebook, bekerjasama dengan 7 raksasa teknologi : Samsung, Microsoft, Ericsson, MediaTek, Opera, Reliance dan Qualcomm. Dan bukan hanya di Indonesia, internet.org juga telah dirilis di beberapa negara berkembang atau tertinggal lainnya. Seperti India, Ghana, Africa, dan lain-lain.

CARA KERJA INTERNET.ORG
Jika anda bukan pengguna grup SIM Indosat, maka ketika Anda membuka situs atau aplikasinya, maka Anda akan dinotifikasi gagal. Yang dalam hal ini Anda harus menggunakan kartu SIM dari operator IM3, Mentari/ dan Matrix

Melalui lnternet.org, Anda dapat mengakses beragam konten internet dengan gratis. Tapi memang Anda tidak bisa membuka semua situs internet yang Anda maui seenaknya'.

Untuk bisa menggunakan layanannya, Anda bisa mengetikkan di URL, atau dengan mengunduh aplikasinya via Google Store. Dan yang pasti, harus dari ponsel, tidak bisa dari desktop (komputer PC/laptop).

Ketika kita pertama kali membukanya, kita akan disuguhi ketentuan dan kebijakan. serta merubah bahasa. Setelah itu, silahkan TAP menu Lanjutkan yang ada di bawah.

Setelah itu, Anda bisa menggunakan internet.org untuk membuka situs-situs yang Anda ingini. Di layar ini, Anda bisa melihat 2 menu utama, yaitu Layanan Gratis dan menu Carrier Account (atau Indosat itu sendiri).

Sampai dengan tulisan ini dipublish, dalam internet.org telah disediakan 18 layanan internet yang telah siap Anda buka dan Anda akan menuju ke web-nya secara langsung. Layanan itu antara lain :
1. AccuWeather
2. Ask.com
3. BabyCenter & MAMA
4. Bola.net
5. Facebook
6. Facebook Messenger
7. Super Sport
8. BBC
9. Girl Effect
10. JobStreet.com
11. KapanLagi
12. Kelase
13.. Merdeka.com
14. OLX
15. Penuntun Hidup Sehat
16. Tokopedia
17. Wattpad
18. Wikipedia

Memang masih tergolong sedikit. Namun ke depan, dijanjikan Mark masih akan terus bertambah update-update terbaru. Tapi semua kontenn itu sudah mewakili setiap kategori yang kita perlukan.

Ada Facebook sebagai media jejaring sosial, ada Tokopedia dan OLX untuk penyedia layanan jual beli online lokal, lalu merdeka.com dan Kapan Lagi untuk memenuhi kebutuhan informasi harian, Kelase untuk kebutuhan beiajar, Bola.net bagi Anda yang tidak ingin ketinggalan berita olah raga, Wikipedia bagi Anda yang haus akan pengetahuan umum, Jobstreet bagi Anda yang ingin mencari kerja, ingin baca buku ada Wattpad, lihat acara TV ada BBC, serta ada Penuntun Hidup Sehat, hingga BabyCenter & MAMA untuk memenuhi kebutuhan konten informasi tentang kesehatan  bayi dan ibu.

Terobosan luar biasa yang dilakukan Mark Zuckerberg dengan meluncurkan layanan internet gratis yang disebut-sebut zero rating ini memang tidak serta merta mendapatkan respon positif dari semua kalangan. Belakangan sejumlah perusahaan di India juga menarik diri dengan alasan bertentangan dengan prinsip netralitas bersih.

Dan ini disusul pula dengan Times Group, NDTV, NewsHunt dan Cleartrip yang juga ikut menarik diri. Hingga saat ini mau tidak mau pijakan lnternet.org jadi rapuh. Dan ini pulalah yang rupanya menjadi ganjalan kenapa XL belum bisa bergabung. Menurut Chief Digital Service Officer XL Yessy D Yosetya, Facebook meminta XL menerapkan zero-rating akses ke internet.org, namun biaya pemasaran ditanggung XL. Jadi, semua XL yang nanggung sehingga proyek ini akhirnya dianggap berlawanan dengan net neutrality yang menginginkan semua trafik harus diperlakukan sama oleh operator.

But by the way, untuk sementara ini bagi Indonesia sendiri sih sebenarnya kita cukup terbantu dengan adanya internet.org ini. Yang bisa menjembatani koneksi yang lambat di negeri kita dan masih banyaknya wilayah-wilayah yang belum bisa tersentuh provider internet dengan baik. Bagaimana dengan Anda?

0 Response to "Inilah Cara Internetan Gratis (Rp 0,-)"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.