Tips Kulit Tetap Cantik Kala Cuaca Tidak Menentu

Akhir-akhir ini cuaca tidak menentu. Panas menyengat di pagi hari hingga siang hari, namun siang hingga sore hari hujan sangat lebat. Hal tersebut dapat membuat.keadaan kulit berubah. Terkadang kulit akan menjadi kering akibat musim pancaroba ini karena udara menarik kelembaban kulit, mengencangkan sel kulit dan melemahkan lapisan pelindung kulit. Pada saat cuaca yang kerap berubah kulit memerlukan perawatan maksimal setiap harinya. Bagaimanakah caranya agar kulit tetap cantik kala cuaca tidak menentu?

Keadaan cuaca yang panas tidak menentu dari pagi hingga siang hari, terkadang merasakan panas yang berlebihan. Namun, siang hari ataupun sore hari cuaca berubah drastis dengan turun hujan lebat. Hal tersebut mempengaruhi kondisi kulit. Kulit yang tadinya terpapar sinar matahari yang sangat terik, tiba-tiba langsung terkena hujan yang lebat. 

Meski bukan hal yang sangat serius, namun kondisi tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kadang terasa panas. Bahkan, beberapa orang yang sensitif bisa timbul rasa gatal dan kemerahan. Kulit wajah juga berpengaruh hal yang sama, yakni bisa timbul masalah jerawat yang berlebihan. Terpapar udara panas pada kulit wajah yang cenderung berminyak akan menjadi kulit lebih berminyak dan kotoran lebih banyak menempel pada wajah. Sementara untuk kulit kering, bisa membuat kulit lebih kering dan menimbulkan rasa gatal yang berlebihan.

Perawatan Ekstra
Jika kondisi seperti itu terjadi, disarankan untuk membersihkan wajah secara lebih ekstra sehingga kulit benar-benar mendapatkan perawatan yang lebih baik. Bagi kulit berminyak maupun kering, sebaiknya tetap selalu membersihkan wajah atau tubuh setelah melakukan aktivitas di luar. Tentunya, dengan keadaan kulit wajah atau tubuh yang sedang tidak berkeringat.

Merawat kulit agar tetap sehat dalam keadaan cuaca yang berubah-ubah perlu perawatan ekstra. Namun perlu diperhatikan sebelum melakukan perawatan kulit sebaiknya mengetahui terlebih dulu jenis kulit karena perawatan untuk setiap jenis kulit berbeda-beda dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Jika kulit berminyak diberikan moisturizer tinggi maka akan semakin berminyak, terlihat kusam dan muncul jerawat.

Perawatan sehari-hari dimulai dengan melakukan perawatan sederhana sesuai jenis kulit, yang dilakukan secara rutin. Berikut perawatan sederhana yang dapat diterapkan sehari-hari untuk kulit yang berminyak dan kulit yang kering:
  1. Perawatan untuk Kulit Berminyak. Sebaiknya membersihkan wajah menggunakan sabun yang cocok untuk kulit berminyak. Penggunaan sabun yang cocok bisa membantu mengurangi produksi kelenjar minyak sehingga jerawat akan berkurang. Kulit berminyak bisa menggunakan sunblock pada pagi hari. Gunakan tabir surya atau sunblock SPF 15-30 untuk wajah dan bersifat non-komedogenik. Tabir surya umumnya digunakan jika beraktivitas di luar ruangan dan terkena paparan sinar matahari. Malam harinya menggunakan krim untuk kulit berminyak atau diberikan serum untuk mengontrol kadar minyak. 
  2. Perawatan untuk Kulit Kering. Sebaiknya untuk kulit kering menggunakan sunblock yang mengandung moisturizer tinggi untuk membantu menjaga tingkat kelembaban tinggi. Sementara malam harinya bisa dibantu menggunakan body butter atau minyak zaitun untuk mempertahankan kelembaban kulit.

Selain timbul masalah kulit yang menjadi kering, musim pancaroba juga menyebabkan banyak polusi karena kekeringan dan udara tercemas. Akibatnya, tanpa disadari hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi kusam. Untuk mencegah kulit kusam diperlukan perawatan dan melindungi kulit supaya tidak kusam yakni dengan scrubbing menggunakan scrub dengan butiran halus. Scrubbing bisa dilakukan seminggu sekali, tergantung kondisi kulitnya.

Selain itu, kulit juga sebaiknya menggunakan lotion yang mengandung Vitamin C. Gunanya untuk mencerahkan kulit. Sementara untuk wajah bisa ditambahkan serum yang mengandung Vitamin C. Biasanya serum wajah berpartikel nano sehingga lebih mudah terserap pada wajah dan lebih maksimal penetrasinya ke dalam lapisan kulit. 

Perawatan dari Dalam
Tidak cukup perawatan dari luar yang dilakukan, tetapi perawatan dari dalam pun mempengaruhi kelembaban dan kesehatan kulit. Perawatan dari dalam yang penting dilakukan adalah mengonsumsi Vitamin C yang baik untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, serta baik untuk kulit.

Selain itu, sebaiknya juga mengonsumsi suplemen antioksidan tinggi. Manfaatnya untuk mencegah pelepasan radikal bebas yang menyebabkan terjadinya proses penuaan dini. Dianjurkan juga konsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air, serta sayur-sayuran yang sangat baik untuk tubuh. Sayur-sayuran dan buah-buahan, selain mengandung banyak serat, juga dapat memberikan asupan cairan yang dibutuhkan tubuh.

Sebaiknya juga banyak minum air putih karena minum air putih penting bagi tubuh. Tubuh membutuhkan cairan untuk menggantikan cairan tubuh yang keluar. Kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda, tergantung dari usia, jenis kelamin, aktivitas fisik dan lingkungan kerja.

Kebutuhan air yang bekerja di dalam ruangan kantor ber-AC sangat berbeda dengan orang yang bekerja di luar ruangan atau fisik. Mereka yang bekerja di luar dan banyak menggunakan aktivitas fisik yang berat, terpapar udara panas, debu dan polusi akan memerlukan lebih banyak cairan.

Berikut tips-tips sederhana yang dapat dilakukan untuk mencegah kulit menjadi tidak sehat, kulit kusam dan kering, yang merupakan penyebab utama penuaan dini :
  1. Selalu membersihkan kulit seluruh tubuh dan wajah setelah melakukan aktivitas di luar rumah.
  2. Menggunakan produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit sehingga apa yang dibutuhkan oleh kulit dapat terpenuhi.
  3. Menggunakan tabir surya pada saat akan beraktivitas ke luar ruangan.
  4. Mengonsumsi air putih sesuai dengan kebutuhan harian.
  5. Mengonsumsi Vitamin C dan suplemen antioksidan.
  6. Memperbanyak konsumsi buah-buahan yang mengandung kadar air tinggi dan sayur-sayuran yang tinggi serat.
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment