Ciptakan Ruang Bermain Anak yang Edukatif

Setiap orang tua berharap anaknya akan tumbuh sebagai pribadi yang cerdas, sehat dan baik. Para ahli kependidikan berpendapat bahwa bermain ialah sarana belajar anak yang terbaik. Ruangan bermain anak ternyata akan dapat memiliki fungsi sebagai tempat anak berkarya dan mencurahkan pelbagai kreativitas. 

Alasan utamanya ialah karena ruangan ini tak cuma dapat dimanfaatkan sebagai ruang khusus buat bermain, namun untuk memahami banyak hal lain bersama-sama orang tua selaku pembimbing utamanya. Di bawah ini beragam fungsi tersedianya ruang bermain didalam rumah.

Baca juga :  Cara Menata Rumah Minimalis

Ruangan Khusus Untuk Bermain
Ruangan khusus untuk bermain selain untuk menjaga agar anak tidak terlalu banyak bermain di luar, karena kondisi cuaca yang kurang baik ataupun karena anak mudah tertular penyakit jika bermain dengan anak lain yang sakit. Sering kita mendengar entah itu benar atau tidak, ada tempat bermain yang tidak menjaga kebersihannya. Bagi orang tua ruangan ini cukup membantu karena didesain aman bagi anak untuk bermain dan anak tidak mendekati alat-alat yang berbahaya seperti ujung meja, kaca, pisau dan lain lain.Tentu saja rumah Anda tidak akan menjadi berantakan dengan adanya mainan anak yang berserakan di mana: mana. Dan anak-anak dapat mengembangkan kreativitas dan mencari hiburan dengan berada di ruangan tersebut.

Ruang Untuk Belajar
Saat anak belum cukup umur untuk masuk sekolah dengan usia yang masih dini, tentu saja cara belajar terbaik dan paling efektif adalah belajar sambil bermain. Contohnya, anak bisa belajar tentang kertas warna atau mewarnai, selain itu bisa ditempel gambar jenis buah buahan, binatang, angka dan lain lain.

Baca juga :  Tips Mendekorasi Kamar Tidur Anak

Satu hal yang harus dihindari adalah menyediakan video game di dalam ruangan bermain anak. Walaupun video game bisa dikategorikan sebagai mainan, namun, sangat tidak disarankan bagi balita Anda untuk dikenalkan pada video game sejak dini.

Ruang Bersosialisasi Dengan Teman Sebaya
Biasanya saat ada saudara atau teman sebaya yang berkunjung ke rumah, ruang bermain juga merupakan ruangan yang tepat untuk anak Anda bersosialisasi dengan sebayanya. Mereka bisa meghabiskan waktu bersama dengan bermain atau melakukan kegiatan lain di sana, tentunya dalam pengawasan Anda sebagai orang tua. Untuk membuat ruang bermain menjadi lebih nyaman, Anda bisa menambahkan karpet busa di lantai ruangan tersebut. Lantai ini juga bisa membuat Anda merasa lebih tenang dalam membiarkan balita Anda, bermain di sana bersama teman sebayanya.

Source Image : www.cosmomom.net
Referensi : www.youtube.com
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment