IBX59ED8B2FED208 Tips Awet Muda Dengan Memanfaatkan Yoghurt - Jendela Informasi

Tips Awet Muda Dengan Memanfaatkan Yoghurt

Wanita pasti akan berseri-seri jika dipuji memiliki wajah yang cerah dan awet muda, apalagi jika usia yang sebenarnya sudah tidak muda lagi. Untuk menjadi awet muda tentu harus melakukan perawatan dan menjaga asupan makan. Salah satu bahan yang dapat membuat seseorang awet muda adalah yoghurt. Yoghurt yang selama ini dikenal baik untuk sistem pencernaan dan meningkatkan imunitas tubuh, juga bagus untuk kecantikan.

Yoghurt yang rasanya asam-asam manis, sungguh nikmat diminum dingin. Baik diminum langsung maupun dijadikan sebagai tambahan di dalam makanan atau minuman, yoghurt tetap memiliki nutrisi yang menyehatkan. Tak hanya nikmat dikonsumsi, ternyata yoghurt juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan pencernaan dan juga kecantikan wajah.



Yoghurt merupakan salah satu minuman berbahan susu yang difermentasikan dengan penambahan bakteri sehat, yakni bakteri asam laktat Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Bakteri ini membantu meningkatkan sistem imunitas pada tubuh. Untuk meningkatkan kualitas yoghurt sebagai minuman kesehatan, pada yoghurt ditambahkan bakteri probiotik yaitu Lactobacillus acidophilus.
 Baca juga : Inilah Bahan Alami Yang Membuat Awet Muda
Probiotik adalah mikroorganisme yang hidup yang bila dikonsumsi dalam jumlah cukup bermanfaat bagi kesehatan. Mikroorganisme ini tidak bersifat toksik maupun patogen. Kegunaan probiotik adalah menyeimbangkan jumlah bakteri yang bermanfaat dan bakteri yang merugikan tubuh.

Bakteri Lactobacillus acidophilus merupakan bakteri probiotik yang mampu bertahan pada kondisi asam lambung. Dengan demikian dapat meningkatkan fungsi pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bakteri yang terkandung di dalam yoghurt juga bermanfaat untuk menetralkan racun, mencegah diare, kanker, radang paru-paru, menguatkan jantung dan mengurangi susah tidur.

Selain itu, yoghurt mengandung asam laktat dan seng (zinc). Yoghurt juga mengandung vitamin B kompleks yaitu vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3 dan vitamin B6, serta vitamin A, C, E dan K. Kandungan vitamin dalam yoghurt bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan reproduksi, kekebalan tubuh dan mempertajam fungsi berpikir.

Kandungan lain dari yoghurt adalah asam folat, asam pantotenat dan biotin. Yoghurt juga mengandung mineral seperti kalsium dan fosfor yang berguna untuk memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis. Yoghurt juga mengandung protein dengan kadar tinggi, bahkan lebih tinggi daripada protein susu.
 Baca juga : Langsing dan Awet Muda dengan Jus dan Smoothies
Di dalam satu cup yoghurt full fat berukuran 227 gr mengandung 138 kalori, 7 gr lemak, 8 gr protein, 11 gr karbohidrat, 104 mg sodium, 30 mg kolesterol, 275 mg kalsium dan 216 mg fosfor. Sementara dalam yoghurt rendah lemak mengandung 143 kalori, 4 gr lemak, 12 gr protein, 16 gr karbohidrat, serta 415 mg kalsium dan 325 mg fosfor.

Selain itu, di dalam yoghurt full fat maupun yoghurt rendah lemak juga mengandung banyak mineral seperti magnesium, potasium, zat besi, zinc, selenium dan flouride. Yoghurt juga mengandung vitamin seperti vitamin A, C, B kompleks, E dan K, serta asam pantotenat, niasin thiamin, riboflavin, kolin dan folat.

Dengan kandungan tersebut maka yoghurt sangat baik bagi kesehatan tubuh terutama pencernaan dan kecantikan kulit. Konsumsi yoghurt secara rutin dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Yoghurt membuat seseorang lebih sehat karena di dalam yoghurt mengandung banyak mineral yang dibutuhkan tubuh. Dibandingkan dengan produk olahan susu lainnya, yoghurt cenderung lebih mudah dicerna.

Awet Muda
Lantas mengapa yoghurt bisa dijadikan minuman untuk awet muda? Yoghurt efektif melawan radikal bebas dan mampu memperlambat munculnya kerutan dan garis-garis halus di wajah. Pasalnya, yoghurt mengandung asam laktat dan zat yang bersifat antiaging. Untuk mendapatkan manfaat dari yoghurt, sebaiknya yoghurt dikonsumsi setiap hari.
 Baca juga : Awet Muda Dengan Jus Antioksidan
Di samping dikonsumsi, untuk menjadi awet muda sebaiknya yoghurt dijadikan masker yoghurt. Fungsi yoghurt akan lebih ampuh didapatkan bila dijadikan masker, daripada hanya memanfaatkan yoghurt sebagai minuman. Manfaat masker yoghurt adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati, mengurangi garis-garis halus, mengencangkan pori-pori, melembabkan kulit yang kering, serta membuat kulit tampak cerah dan bersinar.

Sebagai masker pilih yoghurt plain atau yoghurt murni sebelum diberikan tambahan rasa seperti gula, sari buah dan lain-lain. Pasalnya, jika menggunakan yoghurt yang sudah diberi campuran rasa bisa menyebabkan iritasi, ruam dan bagi yang berjerawat dapat memperparah jerawat.

Oleskan yoghurt pada wajah secara merata. Sembari yoghurt dioleskan, wajah diberi massage ringan. Setelah itu didiamkan selama 20 menit, lalu dibilas dengan menggunakan air hangat dan dikeringkan dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan handuk. Masker yoghurt ini sebaiknya rutin dilakukan satu minggu sekali.

Manfaat Yoghurt Lainnya
Menurut laman www.kesehatan.tips, yoghurt juga dapat digunakan untuk merawat kulit yang terbakar oleh sinar matahari. Pasalnya, di dalam yoghurt terkandung seng yang membantu menghilangkan efek panas dan gatal setelah terbakar sinar matahari. Caranya, buat pasta dari campuran yoghurt dan beberapa tetes minyak chamommile essential. Lalu gosokkan secara perlahan-lahan pasta tersebut pada bagian kulit yang terbakar sinar matahari. Lalu diamkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih.

Selain itu, yoghurt juga dapat menyegarkan kembali kulit yang layu dan kusam karena kandungan asam laktat merupakan asam hidroksi alami yang dapat membantu pengelupasan kulit, sekaligus melembabkan dan membuat kulit mulus. Caranya, kulit wajah yang telah dibasahi air dioleskan yoghurt. Selanjutnya pijat secara perlahan-lahan hingga yoghurt meresap ke dalam kulit. Lalu didiamkan selama kurang lebih 1 menit, kemudian dibilas dengan air hangat.

Manfaat lain dari masker yoghurt adalah membuat kulit lebih bersinar atau bercahaya. Caranya yoghurt dicampurkan dengan kacang lentil (kacang merah kecil, kacang khas Timur Tengah) dan kulit jeruk. Bahan-bahan tersebut dihaluskan dengan cara diblender. Selanjutnya, dioleskan pada wajah yang sudah dibersihkan secara merata sebagai masker. Diamkan pada wajah selama kurang lebih 15 menit. Selanjutnya bilas dengan air hingga bersih. Jika kulit Anda kering, maka tambahkan madu untuk mendapatkan kelembaban ekstra yang dibutuhkan kulit.

Selain itu, yoghurt juga dapat membersihkan kulit dan mengurangi jerawat. Caranya, oleskan yoghurt yang berbentuk krim pada wajah. Lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Di samping itu, yoghurt juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit yang terkena infeksi. Caranya, dioleskan secara rutin sebanyak 4-5 kali sehari untuk hasil yang terbaik.


Yoghurt juga bisa menghilangkan noda hitam di bawah mata. Caranya, oles tipis yoghurt di area tersebut, lalu diamkan selama 15 menit sambil duduk. Saat akan tidur, oleskan sisa yoghurt pada lingkar bawah mata dengan menggunakan kapas dan biarkan semalaman. Lakukanlah secara teratur setiap hari selama seminggu. [Source Article : IK/Edisi 22/205]

0 Response to "Tips Awet Muda Dengan Memanfaatkan Yoghurt"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.