Trik Menata Letak Cermin Agar Ruang Terkesan Lebih Luas

Jendela Informasi - Kehadiran cermin pada sebuah ruangan mampu memberi nilai tambah, baik dari segi fungsional maupun estetika. Cermin adalah materi yang bisa menjadi multifungsi. Selain berfungsi sebagai pemantul bayangan, cermin juga bisa menjadi jurus jitu menyiasati ruangan. Bahkan modifikasi pada desain pembuatan cermin bisa membuatnya memiliki fungsi baru, misalnya tempat penyimpanan.

Bagi kalangan desainer interior, cermin kerap menjadi senjata pamungkas untuk membuat ruangan terasa lebih luas. Pantulan sinar dari cermin bisa dipakai untuk menyiasati ruangan agar tampak lebih luas. Nilai plus lainnya, cermin tersebut juga bisa berperan ganda sebagai hiasan dengan aneka bentuk.




Cermin bisa diletakkan di lokasi mana saja sesuai dengan keinginan. Namun, ada baiknya memperhatikan tata letak ideal cermin serta peruntukannya dalam interior ruangan. Jendela Informasi membagi tips dan trik untuk menata letak cermin agar pas dengan kondisi ruangan dan terkesan lebih luas/lapang.
Baca juga : Ide Dapur Multifungsi
Ruang tamu
Ada baiknya cermin yang berukuran cukup besar ditambahkan dalam ruangan yang tidak terlalu luas. Jenisnya pun wall mirror, baik dipasang permanen atau menggunakan cermin gantung yang bisa dilepas. Tujuannya ialah agar memberi kesan lapang. Idealnya, cermin diletakkan tidak berhadap-hadapan dengan pintu utama. Juga, sebaiknya cermin diletakkan berseberangan dengan kursi tamu, sehingga sebagian perhatian tamu tertuju pada cermin untuk mengesankan ruangan lebih luas.

Ruang makan
Pada ruangan ini, cermin juga baik untuk ditambahkan, terutama berdekatan dengan meja makan. Cermin yang bisa digunakan sebaiknya cermin yang cukup besar agar bisa memantulkan bayangan seluruh ruang makan sehingga terlihat dua kali lipatnya.
Kamar tidur
Anda bisa meletakkan dua jenis cermin, standing mirror atau dressing mirror. Standing mirror biasanya berbentuk tinggi dan bisa muat untuk seluruh badan. Biasanya diletakkan di sekitar lemari pakaian. Sementara itu, dressing mirror biasanya terletak di meja rias, bahkan ada sebagian yang memilih cermin dengan lampu di sekelilingnya. Biasanya, bentuk cermin ini hanya untuk setengah badan.

Kamar mandi
Cermin jenis clear mirror baik digunakan untuk keperluan kamar mandi maupun toilet. Selain berfungsi sebagai pemantul bayangan, cermin di kamar mandi juga bisa membuat ruangan lebih terang bahkan bisa dimodifikasi dengan kotak obat atau lemari penyimpanan lain.  [Source Image : 
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment