Itiak Lado Mudo Pak Ayang, Oleh-oleh Khas Bukittinggi Nan Iyo Bana

Maman Malmsteen 12.33.00
Jendela Informasi - Ngarai Sianok yang terletak di daerah Bukittinggi ternyata tidak hanya dikenal akan panorama alamnya yang indah, namun juga hidangan kulinernya bernama itiak lado mudo atau bebek cabe ijo. Setiap daerah di Indonesia memang pasti memiliki makanan khas yang menggoda untuk dinikmati kelezatannya. Sumatera Barat merupakan salah satu daerah yang mempunyai sajian kuliner terkenal dan paling lengkap di seantero Nusantara dengan kenikmatannya yang dapat membuat Anda ketagihan. 

Di Bukittinggi, tepatnya di Ngarai Sianok terdapat kuliner asli masakan Koto Gadang yang disebut itiak lado mudo.  Itiak lado mudo adalah salah satu menu masakan khas Bukittinggi yang sangat gurih dan lezat berupa gulai daging bebek muda yang ditaburi cacahan cabe hijau dan saking banyaknya jumlah cabe hijau pada masakan itu sehingga daging bebek muda tersebut seakan berendam dalam kubangan cabe. Sensasi rasa gurih pedasnya yang agak ekstrem sulit terlupakan. Selain bisa menghangatkan tubuh, juga mengusir hawa dingin seperti kondisi udara di kawasan Ngarai Sianok atau Agam.


Itiak lado mudo adalah salah satu masakan khas Bukittinggi yang sangat gurih dan enak ketika disantap. Barangkali tidak sedikit masyarakat Indonesia yang belum banyak mengenal kuliner yang satu ini, tetapi masakan ini merupakan salah satu makanan favorit di wilayah Bukittinggi. Masakan ini menjadi salah satu hidangan yang wajib dicoba saat Anda bareng keluarga jalan-jalan ke wilayah Sumatera Barat ini.

Gulai Itiak Lado Mudo Pak Ayang berbeda dengan gulai itiak lainnya. Gulai ini selain dibuat dari daging bebek muda yang usianya maksimal 6 bulan, bumbunya pun dihaluskan dan tidak diberi santan. Gulai ini mempergunakan daging itik yang selanjutnya dibakar dengan memakai api yang kecil supaya bulu-bulu halusnya hilang serta dimasak bersama bumbu rempah seperti lengkuas, kunyit, daun salam, daun jeruk, jahe, bawang putih, dan bawang merah. Yang unik dari kuliner ini ialah sambel ijo-nya dengan sedikit minyak yang menyebabkan Anda semakin ngiler dan menjadi semakin nafsu makannya.

Apabila Anda berkunjung ke Sumatera Barat jangan lupa membawa oleh-oleh khas Bukittinggi ini untuk keluarga atau sahabat di kampung halaman. Pasalnya resep Itiak Lado Mudo Pak Ayang ini merupakan masakan turun-temurun dari keluarganya Pak Ayang sehingga jarang sekali bisa Anda jumpai di rumah makan-rumah makan padang di sekitar kota Anda, kecuali di toko oleh-oleh di Gedung Christine Hakim Idea Park (CHIP) yang terletak di Jl. Adinegoro No 11A Padang, Sumatera Barat atau dipesan secara online.

Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon