iklan space 728x90px

Tips Menyiasati Rumah Mungil

Memiliki rumah yang tidak terlalu luas bukan halangan untuk mempercantik rumah Anda, meskipun itu harus memaksa Anda agar lebih kreatif dalam menata ruang-ruang yang ada di dalamnya. Lahan bagi perumahan, khususnya di kota-kota besar semakin terbatas. Sementara pertambahan jumlah penduduk berdampak pada meningkatnya kebutuhan tempat tinggal menyebabkan harga rumah melonjak naik sehingga tren rumah sederhana atau apartemen kecil mulai diminati sebagai cara menyiasati meingkatnya kebutuhan rumah atas permintaan konsumen. Dan banyak pengembang yang akhirnya memilih membangun rumah tumbuh atau apartemen.

Menempati tempat kecil pastinya Anda perlu membuat beberapa kompromi untuk dekorasi rumah, hal-hal berkaitan dengan tata letak benda harus sepenuhnya terorganisir, dan perlu dibuat beberapa penyesuaian pada kebiasaan Anda untuk membuat segalanya pas dan tidak terkesan sempit. Jika Anda menginginkan rumah kecil terlihat leluasa, bisa dengan mengubah beberapa dekorasi dan letak guna membuat area tersebut terlihat lebih luas atau merubah warna dinding dengan warna yang berkesan lapang, menyuyun ulang perabot, memberikan pencahayaan yang menarik. Kesemuanya itu harus diperhatikan agar ruang Anda tidak terlihat penuh sesak.

Berikut beberapa tips yang bermanfaat untuk ruang kecil Anda.
Singkirkan barang-barang usang atau tak terpakai
Tidak ada yang membuat sebuah ruang kecil terasa sempit selain menimbun terlalu banyak barang. Jalan keluar untuk menciptakan kelegaan dengan menyimpannya di sudut-sudut tersembunyi seperti di balik pintu, atas lemari, gantungan dinding, atau rak-rak. Dengan segala sesuatu tersusun rapi dan tidak menghalangi pandangan, tampak ruangan yang luas dan terbuka.

Jangan menutup jalan
Dengan adanya perabot atau barang menghalangi pandangan masuk dan keluar ruang akan menyebabkan sebuah ruangan  terlihat sempit. Untuk menciptakan keleluasaan, Anda bisa mengatur letak perabotan sedemikian rupa hingga tidak menghalangi jalan masuk ke dalam ruang Anda juga dapat memilih perabot yang tidak terlalu tinggii seperti sofa rendah tanpa sandaran tangan, bangku, meja rendah atau Anda bisa memindahkan perabot yang tinggi ke area sepanjang dinding.

Pilihlah warna yang terang
Warna cerah dan terang menciptakan kesan ruang yang terbuka dan lapang. Untuk efek yang optimal, pilih paduan lembut dari biru dan hijau.

Gunakan skema warna monokrom
Warna monokrom (warna yang masih dalam kelompok warna yang sama seperti merah, merah muda) juga membantu membuat sebuah ruang tampak lebih luas.

Keseimbangan warna
Warna-warna kontras cenderung menimbulkan sekatan pada sebuah ruang. Usahakan memilih perabotan dengan warna yang senada dengan dinding sehingga berkesan menyatu dengan ruang.

Efek pencahayaan
Setiap ruang akan terlihat lebih luas apabila cukup cahaya, baik alami ataupun buatan. Hindari pemakaian gorden yang berlebihan dan buka jendela untuk membiarkan cahaya luar masuk ke dalam ruang.

[Source Article : PRM 09/11/2014]
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Tips Menyiasati Rumah Mungil"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News