IBX59ED8B2FED208 Benteng Gunung Putri Lembang, Objek Wisata Sejarah Berusia lebih dari Seabad - Jendela Informasi
Loading...

Benteng Gunung Putri Lembang, Objek Wisata Sejarah Berusia lebih dari Seabad

Jendela Informasi - Bandung memiliki posisi yang strategis bagi pemerintahan kolonial Belanda. Terlebih lagi, pada tahun 1920-an, terdapat wacana pemindahan ibukota dari Batavia ke Bandung. Akan tetapi, sebenarnya, jauh-jauh hari sebelum memasuki dekade 1900-an, Daendeles sudah memperkirakan bahwa topografi Bandung yang dikelilingi berbukitan dan gunung menjadikannya lokasi yang strategis untuk pengintaian. Tak mengherankan jika beberapa tahun kemudian, pemerintah kolonial membangun benteng-benteng pertahanan di dataran tinggi Bandung.

Di kawasan Lembang, terdapat tiga benteng yang dibangun pemerintah kolonial semasa Perang Dunia Pertama 1913-1917. Benteng tersebut, yakni Benteng Pasir Ipis, Benteng Pasir Malang, dan Benteng Gunung Putri. Pada masa Perang Dunia Kedua, Lembang juga terbilang benteng pertahanan terakhir Belanda sebelum pasukan Jepang bisa merebut Kota Bandung.


Benteng Gunung Putri terletak di Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Lokasinya di puncak bukit. Meskipun masih terlihat utuh, tetapi pada beberapa bagian sudah rusak akibat pembiaran dan tangan-tangan jahil yang mencoba mempreteli besi-besi rangka bangunan benteng. Kondisi benteng tersebut kini tertutup semak-semak. Di beberapa bagian, ada yang sudah tertimbun tanah sehingga menutupi ruangan dan halaman depan benteng.

Di bagian depan benteng, terdapat sebuah gapura, semacam gerbang pintu masuk yang terbuat dari tembok tebal. Di kiri kanannya, terdapat tangga. Melewati gapura tersebut, dapat ditemukan sebuah blok dengan ruangan-ruangan yang menganga. Diperkirakan temdapat empat blok terpisah dan di salah satu blok terdapat cerobong asap yang masih utuh.

Jika dilihat struktur bangunannya, Benteng Gunung Putri Lembang memiliki beberapa fungsi. Selain untuk pengintaian, Benteng Gunung Putri juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan senjata dan perlengkapan perang, serta bunker. Kondisinya yang tidak diurus menjadikan Benteng Gunung Putri tidak terlihat sebagai peninggalan bersejarah yang sudah berusia lebih dari seabad. [Sumber: Fitrah Ardiansyah/PRM/11/03/2018]

Info Singkat
  • Nama: Benteng Gunung Putri, masyarakat setempat juga biasa menyebutnya dengan Benteng Jayagiri
  • Lokasi: Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Pembangunan: Diperkirakan tahun 1913-1917 

0 Response to "Benteng Gunung Putri Lembang, Objek Wisata Sejarah Berusia lebih dari Seabad"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.