iklan space 728x90px

Ini Dia Tanda Tanda Harus Dilakukannya Spooring Dan Balancing Pada Sebuah Mobil



Salah satu bagian dari servis rutin yang harus dilakukan pada setiap mobil adalah spooring dan balancing. Istilah spooring dan balancing ini bagi para pemilik mobil pastinya sudah tidak asing lagi. Pasalnya spooring dan balancing ini merupakan ritual yang dilakukan untuk memastikan keadaan kaki kaki tetap baik. Tujuan dari dilakukannya hal itu adalah supaya mobil lajunya tetap lurus. Spooring mobil sendiri merupakan sebuah proses pelurusan kembali kedudukan empat roda mobil seperti sediakala sesuai dengan settingan pabrik. Yang biasanya akan diluruskan adalah dua roda bagian depan dan died supaya kembali seperti semula. Sedangkan balancing merupakan merupakan penyeimbangan keempat roda sehingga akan seimbang putarannya pada titik atas bawah atau kiri kanan roda. Dilakukannya balancing ini adalah pada saat telah selesainya melakukan spooring.

Kegiatan spooring dan balancing ini sifatnya wajib dan untuk melakukannya harus berkala. Jika kita sebagai pengendara sudah merasa tidak nyaman pada saat mengemudi maka ini sebagai tanda jika mobil sudah memerlukan spooring dan balancing. Sangat mudah untuk mengenali sebuah mobil sudah harus dispooring dan balancing. Idealnya spooring dan balancing ini dilakukan pada saat pergantian ban atau juga setiap 2 hingga 3 bulan pada saat melakukan rotasi ban. Tetapi melakukan spooring dan balancing ini harus pada saat tidak stabilnya handling. Sangat mudah untuk mengeceknya yaitu dengan membawa mobil di jalanan yang kosong pada kecepatan 40 hingga 50 kilometer per jam, lalu lepaskan setir kemudi dari genggaman. Pada saat mobil melaju tidak lurus, maka mobil tersebut sudah memerlukan spooring dan balancing.

Tanda lain harus dispooring dan balancingnya sebuah mobil adalah pada saat mobil parkir di tempat yang datar, roda aktif posisinya miring atau tidak lurus. Didalam kondisi yang seperti ini para pemilik mobil harus menggunakan perintah yang sama dan harus segera membawa mobilnya ke bengkel. Jika mobil kamu memiliki mobilitas yang tinggi dan sering melewati jalanan yang tidak rata misalnya saja jenis mobil SUV maka bisa tandai dengan agak beratnya setir mobil kekanan atau kekiri. Saat mobil melaju pada kecepatan tertentu kemungkinannya setir mobil akan terasa bergetar dan ini sebagai pertanda jika mobil memerlukan spooring dan balancing. Bergetarnya setir pada kecepatan tertentu dikarenakan roda depan berkaitan langsung dengan mekanisme kemudi. Pada saat itu mobil seolah olah berbelok sendiri padahal sedang melaju lurus kedepan atau akan selalu bergerak kearah tertentu.

Ada sepuluh manfaat yang bisa dirasakan oleh para pemilik mobil pada saat rutin melakukan spooring dan balancing diantaranya yaitu :
1.       Kenyamanan pada saat berkendara akan meningkat.
2.       Akan hematnya pemakaian ban.
3.       Akan hematnya pemakaian bahan bakar.
4.       Dapat menghindarkan ban mengalami kehausan yang tidak merata.
5.       Akan lebih stabilnya kendali mobil.
6.       Akan segera lurus kembali posisi kemudi terutama setelah belok.
7.       Akan menghindarkan ban mengeluarkan suara berdecit pada saat belok.
8.       Dapat menyelarasakan roda kemudi untuk lurus.
9.       Kestabilan didalam berkendaraan akan meningkat.
10.   Kaki kaki understeel mobil akan terjaga keawetannya.

Itulah tanda tanda harus dilakukannya spooring dan balancing pada sebuah mobil. Hal terpenting yang harus dilakukan oleh para pemilik mobil adalah didalam setiap enam bulan sekali melakukan perawatan secara berkala, dan pastikan pada saat dikendarai mobil akan aman dan nyaman.

Posting Komentar untuk "Ini Dia Tanda Tanda Harus Dilakukannya Spooring Dan Balancing Pada Sebuah Mobil "

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News