IBX59ED8B2FED208 Tips Mendekorasi Plafon Agar Menjadi Pusat Perhatian - Jendela Informasi
Loading...

Tips Mendekorasi Plafon Agar Menjadi Pusat Perhatian


Jendela Informasi - Tidak lagi terkesan kosong, hampa, atau sekadar warna putih bersih. Tiba saatnya ketika langit-langit atau plafon semakin diperhatikan sebagai area yang bisa mendapatkan perhatian lebih dan dekorasi yang indah. Ya, plafon telah menjelma menjadl kanvas putih yang siap dihias dengan sangat menarik.

Memasuki sebuah rumah atau ruangan apa pun, tanpa disadari kita sering mengamati langit-langit atau plafon. Apalagi, kalau plafon itu didekorasi dengan menarik dan langsung memperlihatkan daya tariknya saat kita berada di ruangan tersebut.

Plafon memang pada umumnya berwarna putih polos. Jika ada sentuhan aksen pun, yang muncul adalah garis-garis profil atau strukturnya yang bertumpuk sehingga ada yang lebih rendah dan ada yang lebih tinggi.

Namun, belakangan ini, plafon juga dianggap sebagai bagian dinding yang perlu dihias selayaknya dinding yang berdiri tegak membingkai sebuah ruangan. Ragam dekorasinya tentu disesuaikan dengan kebutuhan, gaya interior ruangan, ataupun selera pemiliknya. 
Ada banyak ide untuk meningkatkan faktor "wow" di dalam ruangan yang mengandalkan dekorasi plafon. Seperti dinyatakan di laman homeisd.com, perubahan tidak perlu menyeluruh, tetapi bisa menimbulkan keseluruhan rasa yang berbeda. Bisa memberikan rasa lebih hangat di ruangan, bisa membuat ruangan terasa nyaman untuk berbincang panjang, dan hal lain yang membuat plafon sebagai pusat perhatian.

Ketika Anda ingin mendekorasi plafon, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Misalnya, pilihan warna, pilihan motif, atau gaya yang ingin ditampilkan. Apalagi, jenis dan luas plafon pun memang berbeda-beda sehingga dekorasi setiap plafon tentunya harus menyesuaikan.

Untuk kesan elegan, plafon dengan tampilan grid yang menonjol dari langit-langit sangatlah cocok. Bentuknya pun membuat ruangan lebih hangat dan memberikan aksen arsitektur. Bila seluruh ruangan menggunakan mebel berbahan kayu, plafon itu sangat serasi bila juga menggunakan material kayu atau tampilannya seperti kayu.

Tampilan plafon grid yang elegan juga bisa ditampilkan dengan menggunakan material keramik yang umumnya dipakai untuk lantai. Keramik putih berukuran besar membuat ruangan terasa lebih kontemporer, segar, dan terang.

Selain grid yang teratur, motif yang teratur juga bisa memberikan kesan elegan. Apalagi motif dengan lekuk yang tampak lembut sehingga bisa juga menimbulkan sensasi sophisticated dan hangat. Untuk mendapatkan plafon bermotif, kita bisa menggunakan wallpaper dengan motif yang elegan.

Selain itu, material kayu juga bisa memberikan kesan elegan. Apalagi, bila potongan kayu yang dipilih yang me-miliki ragam tone warna kayu yang gelap. Ruangan pun akan terasa nyaman,, hangat, dan lebih intim sehingga sangat cocok untuk kamar tidur.

Selain bilah kayu yang disusun rapat menjadi plafon, ada juga kayu balok yang disusun dengan menyusun motif tertentu. Tampilannya menambah nilai visual yang memukau dan cocok untuk ruangan apa pun.

Bila ingin plafon yang penuh warna, maka fresco-style sangat cocok diterapkan. Lukisan mural dengan gaya kuno memberikan kesan elegan dan cantik, serta memperkaya kesan sejarah di dalam ruangan.

Glossy
Untuk ruangan yang ingin ditampilkan dengan gaya modern, plafon pun harus menyesuaikan sehingga kesannya akan lebih kuat. Salah satu yang semakin populer adalah plafon glossy yang bisa menampilkan refleksi tampilan keseluruhan ruangan.

Untuk mendapatkan plafon itu, caranya bisa dengan menambahkan lapisan film yang stretchy dan glossy atau mengkilap supaya bisa menampilkan refleksi di bawahnya. Plafon itu akan memberikan kesan yang lebih luas. Bahkan, cara itu bisa memberikan kesan ruangan yang multidimensi yang tidak mudah didapatkan.

Untuk tampilan glossy yang berkesan serasi, bisa menggunakan tone warna yang sama dengan warna dominan di ruangan. Misalnya, warna biru yang juga akan memberikan tampilan dan kesan yang menenangkan seperti air. [Sumber: Vebertina Manihuruk/PRM/30 Sept 2018]

0 Response to "Tips Mendekorasi Plafon Agar Menjadi Pusat Perhatian"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.