IBX59ED8B2FED208 Cara Membuat Gurame Bakar Dabu-dabu ala Resto dan Hotel - Jendela Informasi
Loading...

Cara Membuat Gurame Bakar Dabu-dabu ala Resto dan Hotel


Jendela Informasi - Lidah nusantara tak dapat dimungkiri selalu mencari padanan rasa yang sesuai. Meski kreasi ikan diolah dengan menu Barat, tak jarang selera kembali ke akar masing-masing. Gurame masih menjadi varian ikan yang digemari untuk dibuat beragam masakan. Dagingnya yang empuk tebal dan tulangnya yang besar-besar membuat gurame masih jadi primadona di banyak restoran seafood dan hotel.

Salah satunya adalah kreasi gurame bakar sambal dabu-dabu. Sambal dabu-dabu dipilih karena setiap komponennya cocok beradu dengan gurame bakar. Di dalam sajian sambal dabu-dabu terdapat tomat merah, cabai rawit, bawang merah, kemangi, dan jeruk limau.

Satu prosi menu ini berisikan gurame berukuran 300 gram yang sudah dibakar dan diberi topping sambal dabu-dabu, beserta nasi putih, tumis kangkung, dan sambal ulek. Gurame dimarinasi dengan bumbu kuning selama dua jam dan selanjutnya dibakar. Setelah setengah matang, diolesi kecap dan mentega sehingga matang sempurna dan tidak gosong.

Jika ingin berkreasi, jenis ikan lain yang bisa diolah dengan gaya ini adalah jenis patin. Bisa juga kakap, tetapi kalau dibakar bumbunya kurang meresap. Selain gurame, kakap dan dori adalah jenis lain yang mudah dikreasikan. Ikan yang dipotong-potong lalu diberi bumbu kuning dan pelengkap lain seperti jamur merang dan cabai rawit. Bumbu-bumbu yang dipakai antara lain kemangi, serai, bawang merah, bawang putih, lengkuas, dan daun salam.

Cara masaknya mirip dengan pepes. Setelah ikan dibumbui, dibungkus dengan daun pisang. Yang membedakan, ada pada proses selanjutnya. Yaitu dimasak dengan bilah bambu. Biasanya langsung dipanggang dengan bambunya, namun boleh juga menggunakan steam terlebih dahulu hingga ikan setengah matang sebelum dipanggang dengan bambu. Saat disajikan, ikan ditemani dengan nasi kuning serta urap sayuran dan emping. Tak lupa sambal matah khas Bali juga bisa dihadirkan agar suasana makan lebih semarak.

Saat ini Anda bisa mencoba membuat menu Gurame Bakar Dabu-dabu di dapur sendiri. Berikut ini tips dan resepnya:
Gurame 300 gram yang sudah dimarinasi bumbu kuning sekitar dua jam didiamkan.

Untuk sambal dabu-dabu:
  • tomat merah
  • cabai rawit
  • bawang merah
  • kemangi
  • jeruk limau

Saus ini untuk taburan di atas ikan gurame.

Cara masak:
  • Gurame yang telah dimarinasi dibakar di atas pembakaran. Setelah setengah matang diolesi kecap manis dan mentega, diolah sampai matang.
  • Iris dan rajang semua bahan sambal, lalu aduk rata.
  • Siapkan tumisan kangkung untuk pendamping.
  • Nasi putih.
  • Sajikan juga emping sebagai pelengkap dan sambal dabu-dabu.

0 Response to "Cara Membuat Gurame Bakar Dabu-dabu ala Resto dan Hotel"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.