IBX59ED8B2FED208 Ragam Manfaat Membaca Lantang Bagi Kita - Jendela Informasi
Loading...

Ragam Manfaat Membaca Lantang Bagi Kita


Jendela Informasi - Mendongeng menjadi salah satu cara mengasah imajinasi anak terhadap cerita. Kegiatan ini juga dapat melatih pendengaran anak, konsentrasi, serta jika dilakukan orangtua kepada anaknya akan menguatkan bonding keduanya.

Jika mendongeng memiliki kesan audiensnya adalah anak-anak, tetapi tidak dengan membaca lantang. Membaca lantang bisa dilakukan semua kalangan, mulai anak-anak hingga paruh baya. Membaca lantang baik dijadikan aktivitas intim antara orangtua dan anak. 

Berbeda dengan mendongeng, membaca lantang tak perlu berlebihan dalam menceritakan isi buku. Cukup menjadi diri sendiri, dengan tone suara yang tenang, dan jika perlu lakukan beberapa gestur kecil seperti menunjuk gambar atau meminta pendapat anak mengenai isi buku.

Banyak profesor di Amerika Serikat yang menggunakan membaca lantang di kelas-kelas mereka sebelum memulai sesi kuliah. Ada tiga jenis teks, yaitu teks visual seperi pada buku, teks digital seperti pada gadget, serta teks aural yaitu teks yang muncul karena didengar. Ketiganya bisa dioptimalkan sehingga memberi manfaat besar bagi kecerdasan seseorang.

Muhammad Noer, praktisi membaca cepat tanah air dalam laman membaca-cepat.com menulis bahwa di abad pertengahan, membaca dalam hati atau silent reading dianggap tidak sopan. Begitu pula bangsa Yunani Kuno.

Namun, mulai abad ke-17, kebiasaan membaca lantang berubah drastis. Masyarakat Eropa lebih menyukai silent reading karena munculnya teknologi teks. Teknik percetakan dengan movable type serta maraknya literatur berbahasa non Latin. Pembaca perlu menerjemahkannya dulu ke bahasa Latin untuk paham dan itu dilakukan dalam diam.

Manfaat lain membaca lantang adalah memperbaiki memori, meningkatkan kemampuan mendengarkan, memperbaiki kemampuan mengeja, serta meningkatkan kemampuan menulis dan berbicara.

Manfaat lain dari membaca lantang adalah bagi warga lansia. Dari penelitian redd aloud tahun 2016, membaca lantang menghasilkan kegiatan positif bagi warga senior. Mereka yang membaca lantang untuk cucunya menjadi lebih sehat jiwa dan raga serta tetap produktif. 

0 Response to "Ragam Manfaat Membaca Lantang Bagi Kita"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.