IBX59ED8B2FED208 Cara Mengenali Potensi Bahaya di Jalan - Jendela Informasi
Loading...

Cara Mengenali Potensi Bahaya di Jalan


Jendela Informasi - Bahaya adalah sesuatu hal yang berpotensi menimbulkan kerusakan, kerugian, dan kecelakaan. Jika disingkat, definisinya bisa menjadi sesuatu yang merugikan. Hal ini mengemuka ketika Anda sering berkendaraan sebagai pengguna jalan raya. 

Ada beberapa kelompok gangguan berpotensi bahaya dalam beberapa bagian. Beberapa potensi bahaya antara lain adalah rute yang asing. Hal ini mencakup bawaan atau karakter pengemudi yang kerap terlihat bingung menyikapi situasi lalu lintas, mata kerap melihat rambu-rambu ataupun nama jalan demi menghindari tersesat. Efeknya pengemudi bisa kehilangan konsentrasi pada situasi di depan kendaraannya sendiri.

Kemudian ada pula potensi mental problem. Bagian ini menyinggung masalah yang kerap dialami pengemudi dalam hal pekerjaan ataupun kondisi rumah tangga atau gangguan lain yang menjadi permasalahan keseharian si pengemudi. Kondisi tersebut erat kaitannya dengan kemampuan serta tingkat konsentrasi saat berlalu lintas.

Berikutnya adalah pandangan. Keberadaan kendaraan lain, billboard atau papan reklame di pinggir jalan maupun kecelakaan di sisi jalan kerap meagganggu konsentrasi. Seorang pengemudi truk di luar negeri memenangi gugatannya terhadap pemilik papan iklan ketika yang bersangkutan mengalami kecelakaan tunggal akibat melihat papan reklame besar yang menyebabkan truk oleng dan nyungseb di selokan jalan.

Jadi sebaiknya jaga pandangan aman. Hal lain yang berpotensi menghadirkan bahaya juga datang dari dalam kendaraan. Gangguan jenis ini datangnya bisa dari anggota keluarga lain di dalam kendaraan, binatang peliharaan, atau situasi ketika obrolan hangat tengah terjadi. Di sinilah potensi rusaknya konsentrasi dapat terjadi.

Potensi lainnya adalah faktor "tidak terbiasa". Gangguan ini berupa situasi saat pengemudi berada di kendaraan berjenis lain di luar kebiasaan yang bisa menimbulkan adanya perbedaan kecepatan, dimensi, jenis transmisi, sampai karakter kendaraan. Pengelompokan gangguan ini belum seberapa besar karena belum menyentuh efek kesehatan pengemudi. [Maman Soleman/Didih Hudaya]