IBX59ED8B2FED208 Cara Menciptakan Rumah Lama Bergaya Baru - Jendela Informasi
Loading...

Cara Menciptakan Rumah Lama Bergaya Baru


Jendela Informasi - Tahun baru tidak mesti identik dengan rumah baru. Rumah lama sekalipun bukannya tak bisa bergaya baru. Anda dapat menciptakan rumah lama bergaya baru dengan cara menata rumah lama dengan gaya berbeda.

Mengubah tata letak di dalam rumah punya banyak manfaat. Selain mendapatkan suasana rumah yang segar, juga bisa memiliki dampak positif pada perasaan penghuninya. Kesan yang baru diharapkan dapat menyuntikkan semangat pada tahun yang baru.

Meski demikian, mengotak-atik tata letak sebaiknya dilakukan dengan rencana. Salah-salah malah menyedot anggaran tak terduga yang cukup besar. Oleh karena itu, ide kreatif diperlukan untuk mengubah tata letak rumah. Laman homify.com memberikan inspirasi hemat untuk mengatur ulang tata ruang rumah.

Bosan dengan tata letak ruang makan yang monoton, Anda mungkin bisa menggantinya dengan bangku panjang. Unik dan banyak fungsi karena bisa memuat orang lebih banyak.

Bisa juga dengan menyisihkan salah satu bagian dinding rumah untuk menjadi kanvas karya. Menggambar mural atau menuliskan kutipan bijak menjadi cara yang murah meriah untuk menciptakan suasana berbeda di rumah.

Sesuaikan dengan tema rumah. Jika tidak ada konsep khusus, buat dalam tema monokrom, karena akan selalu cocok padu padannya. Jika tidak memungkinkan menggambari dinding, pajang kutipan bijak yang sudah dibingkai.

Mengakali dinding juga masih jadi ide kreatif mengubah dekorasi rumah. Jika suka, Anda bisa mengecat salah satu bagian dinding. Tujuannya memberi perspektif berbeda dan tentunya hal baru di rumah Anda. Ada kiat untuk memilih warna lembut agar tetap nyaman dan tidak menyilaukan. Akan tetapi, jika Anda senang eksperimen dengan warna tegas dan terang, mengapa tidak?

Memilih lampu warna-warni juga bisa jadi tips berikutnya. Jika bukan warnanya, memilih bentuk yang tak biasa dan unik bisa memberi sentuhan berbeda bagi rumah lama.

Jika menyukai gaya tradisional, memasang perabot atau pajangan dari benda antik bisa dicoba juga lho. Selain tak biasa, juga terbilang nyentrik. Asalkan penempatannya pas, tidak menghalangi jalan, selera Anda dapat diukur dari pemasangan benda antik ini.

Jangan lupakan stiker dinding. Tak harus menempelkannya satu dinding penuh, menaruh beberapa stiker dinding dengan statement khusus juga bisa jadi pilihan untuk mengubah suasana di kamar tidur. Hal serupa juga berlaku untuk dapur. Banyak dijual stiker dinding aneka rupa untuk mempercantik dapur. Dapur pun tak menyedihkan lagi.

Terakhir, mengganti kain penutup. Hal itu berlaku untuk gorden, keset kamar mandi, tirai jendela, sarung bantal kursi, atau taplak meja. Menggantinya dengan kain yang berbeda membuat suasana rumah lebih semarak.

Tata ulang perabot
Jika tak berniat untuk menambahkan aksesori seperti ide tadi, ada trik lain, yaitu menata ulang perabot di dalam rumah. Laman dekoruma.com menjelaskannya untuk Anda.

Pertama, menyusun perabot rumah secara asimetris. Metode ini tentu harus disesuaikan dengan bentuk dan luas ruangan atau rumah. Untuk ruangan yang lebih lapang, menyusun furnitur dengan asimetris bisa jadi napas baru di rumah.

Kedua, pilih furnitur yang lebih tahan lama. Misalnya, lebih memilih meja kayu daripada meja plastik. Mungkin akan lebih mahal, tetapi akan lebih awet. Sehingga tetap hemat bukan?

Ketiga mengolah dan menggunakan kembali barang bekas. Punya kotak sepatu bekas, sebelum dibuang sebaiknya dipikirkan apakah bisa menjadi dekorasi baru untuk rumah Anda.
Mengecat ulang rumah juga bisa menjadi cara mengubah gaya rumah lama. Tak hanya dinding, kursi makan, atau lemari dapur juga bisa menjadi objek proyek ini.

Yang paling utama, tetap konsisten membersihkan rumah dengan resik. Memasuki tahun yang baru terasa lebih percaya diri melihat suasana rumah yang kinclong. [Eva Fahas/Maman Soleman - PRM/30122018]