IBX59ED8B2FED208 5 Gejala Serius Radang Tenggorokan yang Harus Segera Dibawa ke Dokter - Jendela Informasi
Loading...

5 Gejala Serius Radang Tenggorokan yang Harus Segera Dibawa ke Dokter



Penyakit radang tenggorokan memang umum terjadi pada siapa saja, apalagi sebenarnya masalah yang satu ini terjadi sebagai gejala dari penyakit flu dan juga pilek. Pastinya akan disertai dengan peradangan pada tenggorokan. Hanya saja tentunya patut untuk diketahui bahwa radang tenggorokan ini meskipun penyakit ringan, namun dampaknya begitu banyak, apalagi pada kemampuan dalam menelan makanan hingga terkadang suara yang menjadi kurang jelas. Untuk itu agaknya juga tidak boleh untuk disepelekan, karena akan sangat menganggu aktivitas sehari-hari.

Bagi mereka yang mengalami radang tenggorokan , ada banyak alternatif yang dapat digunakan untuk meredakannya atau mengobatinya, mulai dari menggunakan bahan-bahan alami sampai dengan menggunakan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Semuanya bergantung akan penyebabnya sendiri. tidak boleh disepelekan, apalagi jika seandainya sudah terdeteksi beberapa gejala ini, diantaranya adalah:

  1. Radang tenggorokan dalam jangka waktu yang lama, artinya tidak sembuh-sembuh bahkan selepas melewati waktu 2 minggu, karena pada dasarnya jika radang tenggorokan tersebut disebabkan oleh gejala flu atau pilek sudah sembuh dalam jangka waktu maksimal 2 minggu, jika lebih dari itu maka patut untuk diwaspadai.
  2. Pedangan pada tenggorokan yang dipicu oleh virus, virus influenza misalnya, apalagi virus ini dalam perkembangan atau evolusinya menjadi semakin berbahaya, tak sekedar menyebabkan peradangan saja, melainkan juga masalah atau komplikasi dengan kondisi tubuh yang lainnya, jadi harus segera mendapatkan pengobatan serius, sebaiknya langsung datang ke dokter.
  3. Radang tenggorokan karena infeksi bakteri, selain virus bisa jadi peradangan tersebut juga disebabkan oleh infeksi bakteri. Beberapa bakteri bahkan masuk dalam golongan yang berbahaya, sebut saja diantaranya adalah Corynebacterium Diphteria, ini adalah jenis penyakit yang dikenal sebagai difteri diawali dari gejala biasa yaitu radang tenggorokan, hingga semakin lama menjadi komplikasi dengan organ tubuh lainnya, karena toksin yang dikeluarkan oleh bakteri tersebut menyebar ke seluruh tubuh, untuk itu patut berhati-hati.
  4. Peradangan tenggorokan yang dipicu oleh alergi, beberapa orang memiliki alergi terhadap debu atau mungkin serbuk sari bunga, partikel-partikel kecil semacam ini nantinya akan ikut masuk ke tenggorokan ketika terhirup, sehingga memicu peradangan, harus segera dikeluarkan jika tak ingin alergi berlangsung lama.
  5. Peradangan karena acid reflux, asam lambung bisa naik ke atas tubuh dan menyebabkan kondisi peradangan pada tenggorokan. Hal ini umumnya dapat dipicu oleh beberapa jenis makanan, seperti diantaranya adalah yang terlalu pedas, kafein atau makanan asam. Tentunya berbahaya karena lama-kelamaan dapat mengiritasi dinding-dinding yang dilaluinya.

Jika sudah terasa gejala-gejala di atas maka segeralah untuk mendapatkan pengobatan yang lebih serius, sehingga tidak bertambah parah, karena beberapa kondisinya nyatanya juga berdampak fatal dapat merenggut nyawa.