IBX59ED8B2FED208 Agrowisata Gunung Mas Cisarua Bogor Suguhkan Suasana Khas Perkebunan Teh - Jendela Informasi
Loading...

Agrowisata Gunung Mas Cisarua Bogor Suguhkan Suasana Khas Perkebunan Teh

Jendela Informasi - Agrowisata Gunung Mas atau lebih dikenal dengan Gunung Mas Tea Hills berlokasi di permulaan deretan perkebunan teh Puncak, Cisarua, bila datang dari arah daerah Gadog atau Bogor.

Pengunjung ke Agrowisata Gunung Mas tinggal melihat ke sisi kanan jalan, bertemu pintu masuk bertuliskan "Gunung Mas", lengkap dengan patung berupa botol minuman teh dalam kemasan di sisi kiri pintu masuknya.

Bila berlibur ke kebun Gunung Mas, pengunjung akan disuguhkan suasana khas perkebunan teh. Sepanjang mata memandang tampak pohon-pohon teh hijau dan pegunungan. Puncak memang terkenal dengan suasana asri alam daerah ketinggian beserta hamparan perkebunan teh bak permadani hijau.

Agrowisata Gunung Mas merupakan lokasi agrowisata dari PT Perkebunan Nusantara VIII yang terbesar. Lokasi itu menempati daerah dingin dengan ketinggian 800-1.200 meter di atas permukaan laut dengan suhu rata-rata 12-22 derajat Celsius dan dapat dicapai tidak jauh dari Jakarta atau Bandung.

Dikelilingi perbukitan teh, fasilitas penginapan di Agrowisata Gunung Mas dapat menampung hingga 340 orang. Tersedia kamar unit VIP room, standard room, dan bungalo. Ada juga rumah pondokan, rumah kayu, rumah kayu kelapa, dan aula atau ruang serbaguna dengan kapasitas 50-250 orang.

Objek wisatanya meliputi tea corner, tea cafe, kolam renang Tirta Mas, camping ground area, dan playing ground area. Tak kalah menarik adalah menunggang kuda mengelilingi kebun teh dan tea walk ditemani pemandu. Pengunjung juga bisa berkunjung ke pabrik teh dan ada pemandunya.

Pengunjung dapat mendatangi pemilik kuda di sisi kanan perkebunan, tak jauh dari gerbang loket tiket kebun Gunung Mas. Untuk tea walk bersama pemandu, pengunjung berjalan mengelilingi perkebunan teh dengan pilihan, rute 4 km, 6 km, dan 8 km. Pengunjung dapat melihat langsung proses pemetikan teh.

Pengunjung yang ingin melihat pabrik teh dan proses pembuatan teh, bisa minta diantarkan. Pengunjung dapat menyaksikan pengolahan teh, mulai dari daun hingga menjadi jenis teh di dalam kemasan.

Tarif tiket masuk ke kebun Gunung Mas yang terletak di Jalan Raya Puncak KM87, Tugu Selatan, Cisarua, Kabupaten Bogor ini untuk umum/pelajar Rp 15.500. Ada fasilitas Taman Ciburial dan gantole atau wisata Naringgul. Gantole atau terbang layang cukup menyita perhatian karena menjadikan tempat paralayang di atas hamparan kebun teh. Untuk pengunjung yang ingin berlama-lama merasakan nuansa perkebunan teh, disarankan menginap di fasilitas penginapan yang disediakan pengelola. [Sumber: E. Saepuloh/PRM/03022019]