IBX59ED8B2FED208 Manisnya Panorama di Pantai Air Manis Sumatera Barat - Jendela Informasi
Loading...

Manisnya Panorama di Pantai Air Manis Sumatera Barat

Jendela Informasi - Dengan luas perairan sekitar 75 persen, Indonesia sangat berpotensi untuk mengembangkan wisata bahari. Kisah-kisah perjalanan para wisatawan maupun petualang, berhasil membuktikan bahwa ada begitu banyak wilayah perairan yang memiliki pesona yang amat memikat. Salah satunya adalah Pantai Air Manis di Sumatera Barat.

Provinsi Sumatera Barat yang terkenal dengan sebutan Ranah Minang atau Minangkabau ini memang menarik. Bukan cuma dikenal karena kulinernya yang lezat dan kondang ke seantero nusantara, wilayah ini juga memiliki wisata bahari yang menarik seperti Pantai Air Manis.

Di pantai yang umumnya ramai dikunjungi pada hari-hari libur oleh masyarakat setempat ini, pada saat air laut surut, pengunjung dapat berjalan kaki menuju sebuah pulau kecil yang terletak di lepas pantai tak jauh dari pantai tersebut. Akan tetapi, bukan itu saja keunikan yang ada di Pantai Air Manis, di kawasan ini, terdapat sebuah batu yang diyakini sebagai perwujudan dari legenda Malin Kundang.

Legenda tentang anak durhaka pada ibunya ini tentu tak asing di telinga, kaitan dengan legenda ini pula yang tentu menjadi nilai tambah bagi Pantai Air Manis.

Ada pula Pantai Bungus yang terletak kurang lebih 25 km dari Padang. Letaknya yang ada di sebuah teluk membuat pemandangan di sana menjadi lebih menarik dengan air lautnya yang tenang.

Bukan hanya pantai, danau yang ada di provinsi ini juga kondang sebagai salah satu destinasi pariwisata yang menarik. Danau Singkarak, misalnya, yang terletak kurang lebih 10 km dari Kota Solok. Danau yang terletak di tepi jalan raya Lintas Sumatera dan memiliki luas sekitar 1.129 m persegi ini berada di dua kabupaten yaitu Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Selain menjadi objek wisata, danau ini juga menjadi sumber Pembangkit Listrik Tenaga Air.

Berbagai potensi wisata alam yang ada di Provinsi Sumatera Barat tentu bisa menjadi alternatif bagi mereka yang ingin menghabiskan waktu liburnya bersama keluarga. Apalagi pada saat musim liburan sekolah tiba, orang tua tentu bisa memberikan liburan yang bermanfaat dan memiliki nilai edukasi bagi buah hati mereka dengan mengenalkan kepada keragaman hayati dan mengajak mereka untuk lebih mengenal alam, kehidupan sosial dan budaya.