IBX59ED8B2FED208 Ciri-ciri Penyakit Jantung dan Komplikasinya - Jendela Informasi
Loading...

Ciri-ciri Penyakit Jantung dan Komplikasinya

Jendela Informasi - Tahun 2019 merupakan tahun yang sangat sibuk bagi Indonesia, pasalnya di tahun ini akan digelar pemilihan umum serentak dan langsung untuk memilih siapa Presiden berikutnya. Tentunya kedua capres dan cawapres pun juga telah menyiapkan persiapannya mulai dari kesiapan kesehatan fisik dan program kerja untuk membangun Indonesia ke depan. Berkaitan dengan kesehatan; mereka harus menjalani tes kesehatan, seperti ada tidaknya penyakit jantung.

Pemeriksaan adanya penyakit jantung atau tidak dapat dilakukan dengan beberapa pemeriksaan medis mulai dari elektrokardiogram untuk merekam irama jantung, hingga echocardiogram atau disebut USG jantung. Tetapi ada beberapa gejala yang dapat dilihat tanpa harus melewati pemeriksaan medis, dan harus waspada jika mengalami hal ini.

Berikut ciri-ciri penyakit jantung dan komplikasinya.

Nyeri dada
Gejala yang mengindikasikan penyakit jantung pada umumnya antara lain dadanya terasa sesak seperti ada ditunggangi beban berat, ada pula dadanya seperti ditusuk-tusuk, bahkan ada yang merasa terbakar. Gejalanya saja sudah memberikan rasa sakit tersendiri. Perlu dicatat juga bahwa serangan jantung bisa muncul tanpa disertai nyeri dada atau disebut para dokter yaitu silent ischemia.

Keringat berlebihan
Jika aktif bergerak wajar keringat akan banyak keluar. Tapi jika jarang olahraga dan gerak, namun mucul keringat banyak bahkan dalam kadar tidak wajar, ini perlu diwaspadai. Kondisi ini bisa jadi adanya sumbatan pada pembuluh darah yang membuat jantung bekerja iebih keras untuk memompa darah sehingga mudah berkeringat.

Gampang capek
Ngos-ngosan lah yang kerap terlihat adanya risiko penyakit jantung. Tes saja dengan menaiki tangga, apakah terasa begitu lelah? Sehingga kondisi mudah lelah ini bisa jadi fungsi jantung tak berjalan normal disebabkan pembuluh darah tersumbat dan otot jantung melemah.

Kaki alami pembengkakan
Pembengkakan ini disebabkan gagalnya jantung memompa darah dengan efektif. Gravitasi akan sebabkan adanya penumpukkan darah pada bagian bawah tubuh. Jantung yang bermasalah bisa membuat ginjal sulit mengeluarkan cairan dan garam dari dalam tubuh dan menumpuk di sekitar kaki dan memicu pembengkakan.

Batuk tidak jelas penyebabnya
Batuk yang tak kunjung sembuh sering disebabkan oleh infeksi, salah satunya seperti tuberkulosis (TB atau TBC). Jika benar batuk disebabkan adanya infeksi, maka bisa dilakukan pemeriksaan jantung. Batuk dapat disebabkan oleh adanya kebocoran pada pembuluh darah pada paru, yang biasanya saat jantung gagal mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah.

Waspadai Komplikasi Penyakit Jantung
Komplikasi merupakan masalah yang timbul pada waktu penyakit tertentu makin parah. Penyakit jantung khususnya yang bisa menyebabkan komplikasi saat seseorang mengalami kendala pada jantung dan tidak secepatnya mengganti gaya hidupnya guna menghindari penyakit jantungnya dapat menjadi lebih parah. 

Beberapa faktor risiko munculnya komplikasi pada jantung, yakni :
  • Adanya hipertensi (tekanan darah tinggi)
  • Terlalu tinggi kadar kolesterol darah
  • Kebiasaan merokok
  • Berat badan berlebihan
  • Kegiatan fisik kurang banyak

Berikut beberapa komplikasi penyakit jantung yang bisa berakibat fatal bahkan kematian :

Gagal Jantung
Salah satu jenis komplikasi paling lazim dikarenakan jantung tidak dapat mencukupi keperluan aliran darah dalam tubuh lantaran otot jantung lemah memompa darah. Gagal jantung lebih kemungkinan diderita oleh seseorang dengan infeksi jantung atau kelainan jantung bawaan yang dicirikan adanya gangguan napas, rasa pusing dan terjadi pembengkakan.

Serangan Jantung
Banyak yang belum tahu tentang serangan jantung. Serangan jantung timbul dikarenakan oleh matinya sel jantung ketika jantung tidak mendapatkan suplai darah yang memadai. Hal ini didorong oleh arteri jantung mengalami peyempitan karena penimbunan kolesterol (arterosklerosis).

Penyakit Stroke
Jika jantung tak berfungsi efektif akan sangat mudah gumpalan darah terbentuk dan bisa menutup pembuluh darah. Stroke timbul lantaran gumpalan darah itu menghalagi aliran darah ke arah otak dan menimbulkan gangguan ingatan, bicara dan koordinasi serta mati rasa pada salah satu bagian tubuh.

Henti Jantung
Henti jantung merupakan komplikasi yang muncul saat jantung diam berdetak dengan seketika dan mengakibatkan kesulitan bernapas serta hilangnya kesadaran karena masalah irama jantung. Henti jantung adalah keadaan darurat, bila tidak ditangani secepatnya maka akan mengakibatkan kematian tiba-tiba.