IBX59ED8B2FED208 5 Cara Mengetahui Waktu yang Tepat untuk Service Mobil - Jendela Informasi
Loading...

5 Cara Mengetahui Waktu yang Tepat untuk Service Mobil

Tidak sedikit orang yang masih bingung, malah salah kaprah mengenai kapan waktu yang tepat untuk service mobil. Alhasil, mobil baru dibawa ke bengkel dan diservice saat keadaannya telah lumayan parah sehingga biaya service-nya juga relatif besar. 

Mengapa mesti menunda untuk membawa mobil Anda ke bengkel? Padahal sudah jelas jika melakukan perawatan berupa service secara berkala merupakan sebuah kewajiban bagi siapa saja yang mempunyai mobil. Pasalnya dengan melakukan service bisa mengurangi risiko mobil mendadak mogok di tengah jalan. Namun bila memang sudah terlanjur mogok di tengah jalan, Anda tidak perlu khawatir lagi karena saat ini Anda bisa menghubungi bengkel online.

Supercar.id adalah bengkel online yang akan memberikan layanan terbaik untuk segala kebutuhan kendaraan roda 4 Anda, terutama memperbaiki kendaraan mobil. Bengkel yang bermarkas di Jl. Raya Kompas No. 8 Cempaka Putih, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan ini
menerima service segala merek kendaraan roda empat, baik mobil keluaran lama maupun baru.

Supercar.id siap datang untuk melakukan service mobil ke lokasi Anda dan di depan mata Anda karena memiliki mekanik berpengalaman yang memiliki keahlian service untuk beragam brand mobil didukung teknologi canggih dan suku cadang orisinil serta ada garansi selama 3 bulan terhadap kendaraan yang sudah diperbaiki.

Oya, bila Anda masih bingung mengenai waktu yang tepat untuk service mobil, di bawah ini beberapa tanda yang butuh Anda perhatikan.

1. Melebihi batas jarak tempuh
Ketika jarak tempuh mobil telah melewati batas wajar, maka Anda harus membawanya ke bengkel untuk diperbaiki. Untuk mengetahui batas wajar jarak tempuh sebuah kendaraan roda empat, Anda dapat melihat di buku panduan yang diperoleh waktu membeli kendaraan itu.

2. Waktu pemakaian telah melebihi batas
Mobil yang kerap dipakai tentunya mempunyai jarak tempuh yang besar ketimbang mobil yang sesekali dipakai. Pada dasarnya, waktu service ditentukan oleh seberapa sering Anda memakai mobil itu.

3. Terdengar suara bising pada mesin
Ketika mobil dihidupkan dan dikendarai akan terdengar suara mesinnya. Tetapi, suara mesin tidak selalu kedengaran halus. Bila suara mesin yang terdengar berubah atau berbeda dari biasanya, misalnya menjadi bising, maka secepatnya bawa mobil Anda ke bengkel. Sebaiknya bengkelnya disesuaikan dengan brand mobil itu sendiri. Kalau mobilnya keluaran Toyota, bawalah ke bengkel Toyota.

4. Oli mulai habis
Oli yang mulai menipis membuat performa mesin mobil kurang powerfull karena mesin tidak memiliki tarikan lagi. Bila itu terjadi, maka inilah saat yang tepat untuk service mobil. Lakukan segera pergantian oli dan lakukanlah dengan rutin.

5. AC mulai tidak dingin
Saat AC mobil Anda telah memperlihatkan ciri-ciri berupa hembusan yang tidak begitu dingin, maka inilah waktu yang tepat untuk memperbaiki mobil. Bawalah mobil Anda ke bengkel langganan untuk melakukan service. Janganlah lupa periksa juga komponen-komponen lainnya. Biasanya kerusakan komponen AC dikarenakan menimbunnya kotoran.

So, bila salah satu dari beberapa tanda yang telah diutarakan di atas terjadi, maka secepatnya bawa mobil Anda ke bengkel untuk diperbaiki. Utarakan keluhan yang dialami untuk memperoleh penanganan yang tepat. Disamping itu, service dapat dilakukan secara periodik sebelum tanda-tanda kerusakan timbul dan keadaan mobil telah parah.