IBX59ED8B2FED208 5 Universitas Swasta di Bandung Berkualitas yang Layak Anda Lirik - Jendela Informasi
Loading...

5 Universitas Swasta di Bandung Berkualitas yang Layak Anda Lirik

Bandung yang kita kenal dengan julukan Kota Kembang adalah kota metropolitan paling besar yang terdapat di Provinsi Jawa Barat dan merupakan ibukota provinsi. Kota yang disebut Paris Van Java inipun menjadi salah satu kota pendidikan karena banyak universitas favorit berkualitas yang dapat ditemui di kota ini.

Disamping dikenal dengan adanya banyak Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berkualitas, Perguruan Tinggi Swasta yang terdapat di Bandung ini pun tak kalah kualitasnya dengan Perguruan Tinggi Negeri. Suasananya yang menyenangkan dan kebutuhan hidupnya yang cukup murah menjadikan kota ini tergolong salah satu kota pelajar yang berada di Indonesia.

Berikut ini disajikan informasi tentang beberapa Universitas Swasta di Bandung untuk Anda yang ingin melanjutkan pendidikan.

Universitas Ma’soem (Ma’soem University)
Universitas ini terletak di Jl. Raya Cipacing No. 22 Jatinangor, Bandung Timur 45363 Jawa Barat. Untuk Anda yang berminat untuk meneruskan pendidikan ke universitas ini, silakan kunjungi website resminya di https://masoemuniversity.ac.id/

Universitas yang didirikan oleh seorang pengusaha Muslim ini menyediakan beberapa jurusan kuliah seperti Sistem Informasi, Manajemen Informatika, Komputerisasi Akuntansi, Teknologi Pangan, Agribisnis, Perbankan Syariah, dll dengan biaya kuliah terjangkau.

Universitas Telkom (Tel-U)
Walau baru berusia 5 tahun, Universitas Telkom atau yang dikenal juga dengan sebutan Tel-U ini sudah mengantongi akreditasi A. Tel-U adalah universitas terbaik ke 61 di Indonesia menurut Kemenristekdikti. Universitas yang ada di Jalan Telekomunikasi nomor 1, Terusan Buah Batu, Bandung ini mempunyai beberapa fakultas diantaranya Fakultas Ilmu Terapan, Rekayasa Industri, Teknik Elektro, Industri Kreatif, Informatika, Ekonomi dan Bisnis, Komunikasi dan Bisnis.

Universitas yang merupakan gabungan dari 4 institusi yang ada di bawah panji Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) ini menyediakan beberapa jalur pendaftaran, seperti Undangan Seleksi Mitra (USM), Ujian Tulis Gelombang (UTG), Jalur Prestasi Unggulan (JPU), dan Jalur Prestasi Akademik (JPA).

Universitas Pasundan (Unpas)
Universitas swasta ini berdiri sejak 14 November 1960 dan mempunyai jumlah mahasiswa terbanyak di Kopertis Wilayah IV. Mahasiswa yang kuliah di sini tidak cuma yang asalnya dari Indonesia saja, tetapi juga dari beberapa negara seperti Hongaria, Polandia, Korea Selatan, Singapura, Turki, Malaysia, Thailand, dll. Mahasiswa Unpas tersebar di 5 kampus yang terletak di Jalan Sumatera, Dr. Setiabudhi, Jalan Wartawan IV, Tamansari dan Lengkong Besar.

UNPAS telah mempunyai lebih dari 10 jurusan/program studi berakreditasi A seperti  Ilmu Hukum, Ilmu Akuntansi, Manajemen dan Teknologi Pangan.

Universitas Katolik Parahyangan (Unpar)
Universitas yang berdiri sejak 1955 ini mengemban visi dan misi menjadi Great University. Unpar sudah memperoleh akreditasi A dari BAN-PT pada tahun 2017. Tidak cuma itu, Unpar pun menggondol peringkat ke-34 sebagai universitas terbaik berdasarkan Kemenristekdikti.

Universitas yang memiliki kampus utama di Jalan Ciumbuleuit nomor 94 Bandung ini menyediakan program diploma dan sarjana dengan 7 fakultas, yakni Fakultas Teknologi Informasi dan Sains, Teknologi Industri, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Filsafat, Hukum, Teknik, dan Fakultas Ekonomi.

Anda bisa melalui jalur Ujian Saringan Masuk (USM) dan Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) untuk menjadi mahasiswa atau mahasiswi di salah satu universitas swasta tertua di Indonesia ini.

Universitas Bandung Raya (Unbar)
Universitas Bandung Raya dibangun lewat perjalanan yang relatif panjang. Diawali dengan penggabungan empat PTS (Perguruan Tinggi Swasta) mandiri yang selanjutnya dimekarkan jadi empat fakultas. Universitas ini berada di Jl. Jalan Banten No. 11 Bandung 40272. 

Demikianlah 5 universitas swasta di Bandung yang layak Anda lirik jika Anda berminat kuliah untuk masa depan nanti.