IBX59ED8B2FED208 Mengenal Dewatering dan Metode-Metodenya - Jendela Informasi
Loading...

Mengenal Dewatering dan Metode-Metodenya


Dewatering merupakan suatu proses pembebasan area konstruksi dari aliran air tanah. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kestabilan lereng galian serta menjaga area galian proyek agar tetap kering. Sehingga, proses konstruksi akan tetap berjalan dengan lancar tanpa terganggu oleh air yang keluar dari dalam tanah. Saat ini, ada cukup banyak jasa dewatering konstruksi untuk melakukan aktivitas tersebut. Dengan begitu, perusahaan konstruksi tidak perlu menyediakan peralatannya sendiri.

Dewatering sendiri memiliki 3 metode berbeda di dalam melakukan aktivitasnya. Adapun metode-metodenya tersebut adalah:

1. Predrainege
Dewatering ini berprinsip menurunkan muka air terlebih dahulu. Hal ini dilakukan sebelum memulai pekerjaan-pekerjaan galian. Predrainege sangat cocok digunakan pada jenis tanah lepas, banyak celah, tanah berbulir, dan cadas lunak.

Predrainege adalah metode yang juga sering digunakan pada area dengan saluran pembuangan air yang memiliki debit rembesan besar.

2. Cut Off
Metode dewatering cut off bertujuan untuk memotong aliran air tanah dengan menggunakan dindin pembatas. Tujuannya agar proyek yang tengah dikerjakan terbebas dari air tanah. Cuto off adalah metode yang sering dipakai pada area proyek yang bersebelahan dengan gedung yang sensitive terhadap penurunaair tanah.

3. Open Pumping
Open pumping adalah metode dewatering yang terbilang sangat umum sekali digunakan. Metode ini umumnya digunakan pada tanah yang memiliki karakter bergradasi baik, sumur atau selokan, berkohesi, dan tanah dengan tingkat debit rembesan air tidak terlalu besar.

Nah, dari ketiga metode di atas, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa kebutuhan Anda sebelum menyewa jasa dewatering. Dengan begitu, proses dewatering dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan juga sesuai dengan jenis tanah masing-masing. Terkait hal ini, diperlukan survey terlebih dahulu untuk jenis tanah apa yang akan dibangun untuk sebuah proyek.

Setelah sesuai, Anda bisa menyewa peralatan dan jasa dewatering di https://sewatama.com/id/. Sewatama sendiri merupakan perusahaan yang sudah dikenal oleh banyak orang. Selain itu, Sewatama memiliki kredibilitas yang sangat baik sekali. Jadi, Anda tidak perlu meragukan kualitas dan kredibilitasnya untuk kebutuhan dewatering Anda.