IBX59ED8B2FED208 Curug Badak, Air Terjun yang Indah dari Gunung Talaga Bodas Tasikmalaya - Jendela Informasi

Curug Badak, Air Terjun yang Indah dari Gunung Talaga Bodas Tasikmalaya

Di daerah Cisayong, Tasikmalaya ada tempat wisata baru bernama Taman Wisata Alam Curug Badak. Curug artinya air terjun. Taman wisata ini terkenal karena memiliki air terjun yang indah yang berasal dari Gunung Talaga Bodas. Banyak warga yang datang ke Curug ini untuk berwisata.

Lokasi tempat wisata ini mudah dicapai melalui jalan baru yang menghubungkan Ciawi dan Singaparna. Tempat wisata ini merupakan bagian dari program desa wisata di Jawa Barat. Banyak wisatawan yang berkunjung ke sana. Apalagi setelah Bapak Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengunjunginya pada Juli 2019.

Selain Curug Badak, di lokasi yang berdekatan juga terdapat Curug Hanoman. Taman wisata ini dikelola Perhutani bersama-sama dengan warga Desa Sukasetia. Masyarakat di sekitar desa tersebut banyak yang menjadi pedagang atau petugas di tempat wisata tersebut.

Taman Wisata Curug Badak memiliki beragam fasilitas, di antaranya ada hammock atau tempat tidur ayunan di antara dua pohon pinus. Kita bisa duduk atau tiduran di atasnya sambil berayun-ayun menikmati semilir angin sepoi-sepoi. Ada juga tempat berswafoto dengan latar hutan pinus. Bagi orang dewasa disediakan wahana ftying fox untuk berseluncur di antara dua bukit.

Lokasi Curug Badak bisa kita capai sekitar 10 menit berjalan kaki dari pintu masuk taman wisata. Untuk menuju Curug Badak, kita harus melewati jalan setapak yang turun-naik. Mendekati curug, kondisi jalan berupa turunan yang cukup curam dengan tangga masih berupa tanah dan batu. Kita harus berpegangan ke tali yang sudah disediakan untuk melewatinya. Beruntung ada petugas taman wisata yang membantu.

Ketika sampai di lokasi Curug Badak, Anda dapat melihat ada dua curug yang tinggi sekali, sekitar 15 meter. Kita bisa berfoto dengan latar belakang curug tersebut.

Di musim hujan, cuaca tidak bisa diprediksi. Pagi cerah, tetapi siang atau sore hari bisa hujan lebat. Lebih baik berangkat ke lokasi wisata pagi hari dan pulang siang hari sehingga bisa terhindar dari hujan lebat. Selamat berwisata. 

loading...