Kenali Copywriting, Apa Itu Copywriting, Jenis dan Manfaatnya dalam Dunia Periklanan


Copywriting mempunyai peran penting dalam bisnis, khususnya bisnis berbasi online. Bila Anda melupakan copywriting berarti Anda telah membuang sekitar 80% biaya dan waktu yang telah dikeluarkan. Ironisnya sekarang belum banyak para pebisnis online yang menggunakan copywriting secara baik dan benar.

Di era digital seperti saat ini, copywriting memang mempunyai fungsi utama dalam pemasaran online. Tanpa sadar, kita tentu pernah membeli suatu produk sesudah membaca ataupun melihat sebuah konten yang terpajang di beberapa media. 

Itulah yang disebut copywriting. Copywriting di dunia nyata tidak ubahnya dengan seorang sales marketing yang menawarkan produk atau jasa kepada konsumen secara langsung. Perbedaannya, copywriting ini membuat penawarannya ke dalam bentuk tulisan, gambar maupun video. Lantas apa sih sebenarnya yang disebut dengan copywriting?

Apa Itu Copywriting

Copywriting adalah salah satu teknik marketing produk ataupun jasa lewat sebuah konten dengan tujuan untuk mempromosikan produk maupun jasa supaya memperoleh respons dari pelanggan atau konsumen. Sedangkan copywriter adalah orang yang melakukan copywriting. 

Menurut Agustrijanto dalam Copywriting: Seni Mengasah Kreativitas dan Memahami Bahasa Iklan, copywriting memiliki tujuan membangun perilaku konsumen, tercapai pesan dari penjualannya dan membujuk konsumen agar tertarik pada produk yang dipromosikan. 

Media beriklannya juga beragam antara lain majalah, televisi, website, landing page, dan lain sebagainya. Melihat dari efektivitas dan efisiensi yang ditawarkannya, keperluan perusahaan terhadap copywriting kian meningkat. 

Jenis-jenis Copywriting

Anda perlu mengetahui jenis-jenis copywriting supaya tidak salah dalam melakukan copywriting nanti.

Berikut beberapa jenis copywriting.

Marketing copywriting

Copywriting untuk kebutuhan pemasaran adalah jenis copywriting yang paling banyak ditemui sekarang. Bentuk copywriting ini dapat berbentuk spanduk, billboard, selebaran, iklan TV, video YouTube, iklan bergambar, dan lain sebagainya. Selama bertujuan memasarkan suatu produk atau jasa, maka dapat dikatakan sebagai marketing copywriting.

Social media copywriting

Ada berbagai jenis media sosial yang dapat Anda pergunakan untuk berkomunikasi dengan audiens. Menentukan media sosial yang paling cocok dan mempunyai basis pengguna terbesar adalah pilihan yang jitu. Tulisan atau caption yang dibuat mesti semenarik mungkin supaya menarik engagement dari para audiens.

Brand copywriting

Memperkenalkan brand dan menyampaikan pesannya kepada pelanggan adalah tugas terpenting dari brand copywriting supaya brand lebih dikenal sekaligus diingat oleh pelanggan.

Direct response copywriting

Direct response copywriting adalah jenis copywriting yang memiliki tujuan untuk mendapatkan respon dari konsumen secara langsung. Umumnya ada tombol CTA (Call To Action) untuk melakukan tindakan khusus seperti membeli, memesan, mendaftar, dll.

Technical copywriting

Jenis copywriting ini bertujuan untuk memberikan edukasi atau pemahaman pada pembaca mengenai penggunaan sebuah produk. Misalnya pada buku manual, buku panduan, dll.

Public relation copywriting

Public relation memerlukan kemampuan copywriting yang tidak jauh berbeda dengan yang lainnya, namun ada yang membedakannya yakni dalam hal strategi, pendekatan serta konten.

PR copywriting memerlukan pemikiran yang lebih luas dan hati-hati dalam melakukan komunikasi. Pasalnya kita tak cuma berperan memengaruhi bisnis saja, tetapi semua stakeholders yang ikut serta di dalamnya.

Email copywriting

Email marketing adalah salah satu saluran pemasaran yang terbukti efektif hingga sekarang. Terlebih dipadukan dengan teknik email copywriting yang menarik, persentase open rate email dapat melonjak.

SEO copywriting

SEO copywriting lebih mengutamakan membuat copywriting memakai kata kunci sehingga dapat dengan mudah ditemukan di SERP Google. Dengan demikian ranking halaman website Anda dapat berpeluang menduduki ranking di halaman pertama Google.

Manfaat Copywriting

Apa yang menyebabkan copywriting istimewa untuk suatu perusahaan? Inilah beberapa manfaat copywriting untuk perusahaan: 

Meningkatkan Penjualan

Reputasi perusahaan yang terkesan baik akan berpengaruh pada tingkat kepercayaan konsumen. Umumnya konsumen membeli suatu produk atau memakai suatu jasa yang telah laris di pasaran.

Contohnya, pelanggan suatu e-commerce tentu akan berbelanja di toko yang memiliki rating minimal bintang empat. Mereka pun akan memeriksa ulasan dari toko itu. Kian banyak ulasan bagus, kesempatan untuk memperoleh peluang lebih banyak pula akan bertambah besar.

Menaikkan Reputasi

Seorang copywriter tentunya telah mengetahui cara menyampaikan pesan dari perusahaan pada konsumen secara jelas dan amat baik. Keahlian ini perlu dimiliki oleh seorang copywriter untuk menaikkan reputasi perusahaan. Biasanya ditandai saat konsumen mulai percaya pada produk maupun jasa yang ditawarkan. 

Mudah Menggaet Konsumen

Berlainan dengan iklan komersial biasa, copywriting dapat menjadikan konsumen tidak cuma sekedar ingin membeli tetapi 'harus' membeli produk ataupun menggunakan jasa yang diiklankan. Karena teknik marketing yang satu ini sering dilengkapi dengan tombol CTA (Call To Action). CTA berguna untuk menuntun konsumen melakukan hal yang dikehendaki seperti daftar atau membeli.

Nah, sekarang apakah Anda telah paham dengan pembahasan mengenai copywriting? Bila sudah, silakan dipraktekkan untuk kebutuhan bisnis yang Anda jalankan.


Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon