iklan space 728x90px

7 Jenis Olahraga di Rumah yang Boleh Dilakukan Saat Mengalami Menstruasi

7 Jenis Olahraga di Rumah yang Boleh Dilakukan Saat Mengalami Menstruasi

Olahraga di rumah sebaiknya tetap dilakukan secara rutin agar kondisi tubuh tetap terjaga. Tetapi sebagian wanita cenderung malah berhenti untuk melakukan olahraga saat mengalami menstruasi. Padahal, hal itu cuma mitos semata. 

Apabila tidak diatasi dengan baik menstruasi biasanya bisa menimbulkan gejala yang lumayan mengganggu sehingga butuh melakukan beberapa tindakan supaya tak menghambat kegiatan sehari-hari. Salah satu diantaranya adalah dengan melakukan olahraga ringan.

Apa Itu Menstruasi

Menstruasi atau haid maupun datang bulan merupakan hal biasa yang dialami oleh kaum wanita. Menstruasi adalah siklus normal bulanan pada wanita yang diindikasikan dengan keluarnya darah dari organ intim wanita. 

Selama siklus menstruasi berlangsung, tubuh tengah menyiapkan kehamilan ketika timbul pembuahan. Biasanya siklus menstruasi yang normal kebanyakan terjadi setiap 28 hari. Tetapi masing-masing wanita bisa mempunyai siklus menstruasi yang berbeda. 

Umumnya wanita akan merasakan menstruasi pertama mereka pada antara usia 12 hingga 14 tahun. Namun sebagian orang dapat mengalami menstruasi lebih awal ataupun lebih lambat dari usia tersebut. 

Saat memasuki menopause sebagian besar wanita akan berhenti mengalami menstruasi. Masa menopause wanita umumnya terjadi antara usia 45 hingga 55 tahun. Sebaiknya segera kunjungi dokter untuk berkonsultasi mengenai keadaan Anda guna mencari tahu apakah ada masalah terhadap sistem reproduksi Anda bila sampai usia 16 tahun Anda tak mengalami menstruasi.

Jenis-jenis Olahraga Saat Menstruasi

Bolehkah wanita melakukan olahraga ketika menstruasi? Tentu saja boleh. Walau begitu, tak semua jenis olahraga ketika menstruasi bisa dilakukan. Olahraga yang boleh dilakukan ketika menstruasi adalah yang mempunyai intensitas ringan. Maka dari itu pilihlah jenis olahraga yang termasuk ringan ketika sedang menstruasi.

Supaya tak terasa sebagai suatu beban, Anda dapat melakukan olahraga yang Anda gemari Setelah itu berikanlah variasi pada rutinitas olahraga Anda supaya tak jenuh. Saat sedang dalam masa menstruasi terdapat beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan para wanita di rumah. Ini dia beberapa jenis olahraga di rumah yang bisa dilakukan saat dalam masa menstruasi.

Angkat beban ringan

Angkat beban bisa dilakukan ketika wanita sedang mengalami menstruasi. Namun gunakanlah beban yang lebih ringan dari lazimnya. Hindarkan mengangkat beban berat ketika tengah menstruasi. Angkat beban pun dapat berguna untuk menambah kekuatan dan kelenturan otot.

Jalan kaki

Olahraga ketika menstruasi yang paling gampang dilakukan ialah jalan kaki. Tidak perlu jauh-jauh karena Anda dapat berjalan kaki di sekitar rumah, baik pada pagi ataupun sore hari.

Rutin berjalan kaki bisa meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, khususnya meningkatkan kekuatan paru-paru dan jantung.

Sementara untuk Anda yang kerap mengalami nyeri perut ketika menstruasi atau dismenore, kegiatan sederhana ini dapat menjadi alternatif olahraga ketika menstruasi untuk meredakannya.

Lakukan berjalan kaki minimal 30 menit tanpa berhenti. Sedikitnya 3 kali dalam seminggu.

Dance workout

Olahraga yang memadukan 2 kegiatan yakni menari dan olahraga ini cocok untuk dijadikan pilihan olahraga ketika sedang menstruasi. Dance workout pun mempunyai manfaat yang baik yakni bisa membantu meningkatkan suasana hati dan membakar kalori secara efektif.

Zumba

Zumba tidak dilarang dilakukan ketika menstruasi. Kecuali bisa membakar kalori dan membantu mengencangkan otot-otot tubuh, zumba dapat meredakan kram perut Anda ketika menstruasi. 

Berenang

Berenang adalah olahraga ringan yang tetap bisa dilakukan ketika sedang dalam masa menstruasi. Kebanyakan wanita bisa jadi menjauhi kegiatan fisik satu ini ketika menstruasi. Padahal berenang bisa mengurangi gejala nyeri yang kerap terjadi saat menstuasi.

Tidak cuma itu, berenang ketika menstruasi dapat menaikkan peredaran darah dalam tubuh serta meringankan sendi dan otot yang terasa kaku. Tetapi jauhi berenang jika Anda menderita kram perut yang amat parah.

Menari

Bila tak ingin melakukan zumba, Anda dapat menyalakan musik kesukaan Anda dan gerakkanlah tubuh mengikuti irama musik tersebut. Dengan demikian mood Anda juga dapat terasa menjadi jauh lebih baik. 

Menari dengan iringan musik tak cuma menjadikan Anda santai dan bahagia, tetapi pula dapat meningkatkan kelenturan sendi, membakar kalori, dan meredakan nyeri ketika menstruasi.

Yoga dan pilates

Kedua olahraga ini bisa menunjang membuat tubuh menjadi lebih santai dan lebih tenang. Kekuatan otot perut dan peredaran darah pun bisa dilatih dengan kedua olahraga ini. Yang pastinya bermanfaat untuk meredakan kram menstruasi.

Demikian tadi beberapa jenis olahraga di rumah yang bisa dilakukan selama masa menstruasi terjadi. Pastikan Anda mengenali keadaan tubuh Anda terlebih dulu sebelum melakukan olahraga ketika menstruasi. Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter supaya pilihan olahraga Anda lebih pasti dan sesuai untuk kondisi tubuh Anda. Jika telah mulai lelah, janganlah memaksakan tubuh untuk tetap berolahraga. Ingatlah juga untuk beristirahat dan kurangi intensitas, durasi, dan gerakan olahraganya.


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "7 Jenis Olahraga di Rumah yang Boleh Dilakukan Saat Mengalami Menstruasi"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News