iklan space 728x90px

Kenali Dulu Ragam Tipe Kost Sebelum Menyewa


Mahasiswa atau pekerja yang tengah merantau umumnya akan dihadapkan pada persoalan menyangkut tempat tinggal. Memang ada berbagai pilihan tempat tinggal yang dapat dipilih, mulai dari apartemen hingga rumah tapak minimalis. Tetapi dari beragam pilihan itu yang jadi primadona tetaplah indekos atau rumah kost.

Indekos atau kost merupakan salah satu hunian berbasis sewa yang mempunyai ragam harga, tipe, dan bentuk. Kecuali tipe kost yang berbeda juga ada beberapa sistem sewa yang ditawarkan mulai dari harian sampai bulanan. Kebanyakan lokasinya juga strategis, tidak sedikit kost terdekat berdekatan dengan kantor dan kampus.

Berikut ini beberapa tipe kost yang wajib diketahui supaya anda bisa memilih kost seperti apakah yang cocok untuk ditinggali.

Tipe Kost Menurut Harga

Ada beberapa pilihan tipe kamar kost yang dapat anda pilih menurut harganya, yakni:

Kost Tipe A

Tipe kamar jenis ini mempunyai harga sewa bulanan yang murah, umumnya di kisaran Rp500 ribuan hingga Rp850 ribuan, tergantung pada masing-masing daerah.

Kost tipe A mempunyai kamar standar yang dilengkapi dengan kebutuhan dasar, seperti kasur dan lemari.

Tetapi kadang-kadang ada juga kostan tipe A yang mempunyai furnitur kamar tidur tambahan, seperti kursi dan meja belajar.

Kosan seperi ini umumnya ada di kawasan pendidikan seperti universitas. Sementara itu kamar mandi yang digunakan adalah kamar mandi biasa, biasanya tersedia di dalam atau luar kamar, tergantung pada harga sewanya.

Kost Tipe B

Kost tipe B mempunyai harga yang terjangkau dengan fasilitasnya lebih lengkap dibanding tipe A.

Umumnya, kamar kost tipe B menyediakan kamar mandi dengan shower dan closet duduk, serta menggunakan token listrik pribadi tiap kamarnya.

Sedangkan untuk fasilitasnya tersedia dapur, ruang tamu, dan tempat parkir yang dapat dipergunakan oleh seluruh penghuni.

Kost Tipe C

Dapat dibilang jika kost tipe C mempunyai fasilitas yang paling lengkap dibanding tipe A dan B, seperti kamar mandi modern, AC, lemari, dan meja belajar minimalis.

Harga sewa per bulan kost ini berkisar antara Rp1,2 juta hingga Rp1,5 juta, tergantung pada daerah atau lokasinya. Keamanan kost pun amat terjamin karena adanya CCTV 24 jam  dan petugas khusus.

Tipe Kost Menurut Kebutuhan

Ada tipe kost yang mempunyai fasilitas yang bisa disesuaikan menurut kebutuhan penghuninya, seperti:

Kost Eksklusif atau Elite

Kost jenis ini banyak terdapat di kota-kota besar dan umumnya berada di dekat kantor ataupun kampus-kampus terkenal.

Kost eksklusif mempunyai harga yang lebih mahal yaitu berkisar antara Rp1,9-5 jutaan per bulannya lantaran targetnya adalah kelas menengah ke atas.

Fasilitas yang disediakan di dalamnya amat lengkap, antara lain kamar mandi di dalam, WiFi, TV, AC, meja rias, lemari dan kasur. Tidak ketinggalan pula tersedia fasilitas berupa cleaning service dan laundry.

Aturan di kost eksklusif dapat dikatakan cukup longgar, terutama untuk jam malam, sebab penghuni kost tersebut didominasi oleh para pekerja kantoran.

Untuk masalah keamanan tidak perlu ditanyakan lagi karena ada penjagaan yang ketat selama 24 jam oleh penjaga dan CCTV di area parkir serta di luar kostan. Dapat disebut jika kost eksklusif mirip seperti rumah tapak yang mewah dan bergengsi.

Tips Memilih Kost yang Tepat

Setelah anda mengetahui tipe-tipe kost, kini waktunya menyimak beberapa poin penting untuk memilih kost yang tepat.

Jadi, apa saja poin-poin penting dalam memilih kamar kost? Berikut ini poin pentingnya:

  • Perhatikan jarak tempuhnya, dari kos ke kampus atau tempat kerja
  • Cek harga sewanya
  • Lihat apa saja fasilitas yang disediakan
  • Cek transportasi umum yang melintas di sekitarnya
  • Aksesibilitas dan fasilitas umum yang dekat dengan tempat kost
  • Cek soal keamanan di lingkungan sekitar tempat kost
  • Ketahui apa saja syarat dan peraturan kontrakan yang berlaku

Nah, itulah informasi tentang tipe kost yang bisa anda jadikan referensi untuk memilih sewa kost yang tepat.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Kenali Dulu Ragam Tipe Kost Sebelum Menyewa"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News