Tips Menghadapi Ujian TOEFL Agar Dapatkan Skor Tinggi


Belajar bahasa inggris memang bukan hal yang mudah, mulai dari yang basic, grammar, belajar idiom sampai dengan contraction words juga perlu. Sebenarnya tujuan setiap orang berbeda-beda dalam bahasa inggris. Namun kebanyakan memang untuk pendidikan sampai dengan karir di dunia kerja. Sehingga bukan hal yang mengherankan juga jika seandainya banyak yang punya target harus lulus TOEFL dengan skor yang tinggi, mengingat bagaimanapun ini juga jadi salah satu tolak ukurnya.

Bagi Anda yang akan menghadapi ujian untuk TOEFL ini, maka berikut diantaranya tips agar bisa optimal serta mendapatkan skor yang tinggi, yaitu:

  1. Perbanyak dulu informasi terkait dengan tes TOEFL, paling tidak nantinya hal tersebut akan membantu Anda mendapatkan gambaran mengenai jenis tes bahasa inggris yang satu ini.
  2. Belajar dengan rajin, usaha tidak akan menghianati hasil, itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk terus mengasah kemampuan dengan cara belajar rutin, mulai dari membuat catatan-catatan kecil, memperbanyak kosa kata sampai dengan menjawab latihan soal.
  3. Jangan hanya melatih kemampuan menjawab soal yang berbasis reading juga, melainkan latih juga kemampuan dalam mendengarkan, karena nantinya ada sesi listening juga yang harus Anda hadapi.
  4. Tingkatkan kemampuan conversation, diantaranya adalah dengan berdiskusi bersama orang lain dalam bahasa inggris. Nantinya Anda juga bisa berlatih dalam mengkomunikasikan gagasan disini.
  5. Latihan untuk menulis essay, karena pada sesi writing nantinya Anda juga akan diminta untuk menulis essay yang temanya sudah ditentukan.
  6. Ikuti les, jika memang perlu maka tak perlu ragu untuk ikut les, mengingat bimbingan secara langsung dari seorang tutor jauh lebih efektif dibandingkan dengan belajar sendiri.
  7. Jaga tubuh agar tetap sehat jelang ujian, karena sekeras apapun belajar, namun jika kondisi tubuh tidak dijaga tetap saja hasilnya kurang optimal.
  8. Jangan lupa untuk berdoa.

Lebih banyak belajar tentang bahasa inggris seperti idiom, singkatan bahasa inggris dan sejenisnya bisa lewat website dari EF Adults, bisa ikut kursusnya juga untuk hasil optimal.


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Tips Menghadapi Ujian TOEFL Agar Dapatkan Skor Tinggi"