iklan space 728x90px

Diet Gluten-Free, Kenali Manfaat dan Pantangannya


Diet bebas gluten atau biasa disebut diet gluten-free belum lama ini pernah trending karena diklaim mempunyai manfaat baik bagi kesehatan. Diet Gluten free merupakan salah satu pola diet di mana seseorang tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung gluten.

Gluten itu sendiri adalah salah satu protein utama yang terdapat di dalam gandum. Protein ini berguna sebagai perekat yang menyatukan makanan untuk menjaga bentuknya. 

Sayangnya gluten ini tak dapat dicerna dengan baik oleh beberapa orang, salah satu diantaranya oleh penderita penyakit celiac: penyakit autoimun akibat mengonsumsi makanan yang mengandung gluten.

Manfaat Diet Gluten-Free

Oleh karena itulah, penderita celiac dianjurkan menjalankan diet gluten-free. Lalu, apa saja manfaat diet gluten free yang dapat kita peroleh?

1. Meningkatkan energi

Biasanya, seseorang yang mempunyai sensitivitas gluten akan lebih kerap merasakan kelelahan kronis. Hal itu terjadi lantaran mengkonsumsi produk gluten bisa merusak usus. Parahnya bisa mengganggu penyerapan nutrisi, tak terkecuali zat besi.

Tubuh yang kekurangan zat besi akan rentan terserang anemia yang mengakibatkan kelelahan dan aktivitas pun terganggu.

Dengan menjalani diet bebas gluten kita bisa memberi kesempatan pada usus untuk berfungsi secara baik. Hal ini menyebabkan nutrisi terserap dengan baik dan menambah tingkat energi.

2. Menghilangkan kembung

Seseorang yang mengidap penyakit celiac condong mengalami gas yang berlebihan dan kembung setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung gluten. Hal ini menyebabkan tubuh amat tak nyaman.

Dengan melakukan pola makan gluten free bisa menyebabkan gangguan pencernaan ini hilang secara pelan-pelan. Perut akan menjadi lebih rata secara alami dan amat tampak perbedaannya.

3. Mengurangi nyeri sendi

Intoleransi gluten mempunyai efek yang amat kompleks pada pencernaan. Hal ini pun dapat menimbulkan risiko peradangan kronis di tubuh.

Itulah sebabnya mengapa pengidap penyakit celiac lebih kerap menderita nyeri sendi, khususnya di pergelangan tangan, punggung, dan lutut. Dengan melakoni diet gluten-free maka nyeri sendi secara pelan-pelan bisa teratasi.

4. Menjaga berat badan ideal

Sama seperti diet lainnya, manfaat diet gluten-free pun dapat menjadikan berat badan ideal. Hal ini penting untuk orang-orang yang tak bisa mencerna gluten secara baik.

Karena dalam berbagai kasus seseorang akan mengalami penurunan berat badan yang parah dan tak terkendali. Pola makan yang bebas gluten akan membantu kita memperoleh kembali nutrisi sehingga berat badan menjadi kembali normal.

5. Mengurangi toleransi laktosa

Umumnya seseorang dengan intoleransi gluten menderita kerusakan pada usus sehingga mengganggu proses pembuatan laktase. Tetapi, efek ini sifatnya sementara. Diet bebas gluten bisa menambah kesehatan usus dan meringankan gejala intoleransi laktosa itu.

Itu dia berbagai manfaat diet gluten-free yang akan kita peroleh. Tetapi perlu diingat bila diet ini sebaiknya cuma dilakukan untuk seseorang yang menderita penyakit celiac saja.

Apabila Anda tak mengalami masalah itu lantas iseng-iseng melakukannya, justru tak baik untuk tubuh. Bisa-bisa kita malah menjadi kurang gizi karena menjalankan pola makan bebas gluten ini.

Aturan dalam Diet Gluten-Free

Menerapkan diet ini sebetulnya termasuk lebih sulit ketimbang diet lainnya. Dibutuhkan komitmen tinggi untuk menjalani diet ini dan kejelian dalam membaca nutrisi pada setiap label kemasan makanan.

Beberapa jenis makanan tanpa gluten yang boleh dikonsumsi ketika menjalankan program gluten free antara lain rempah-rempah, selai nabati, kacang-kacangan, tapioka, quinoa, buah dan sayuran, telur, daging, dan produk susu (yang bebas gluten).

Sedangkan beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi dalam program diet ini antara lain triticale, malt, ragi, selai, dan makanan berbasis gandum. Walau saus, sereal, pasta, dan roti tak dilarang dalam pada program diet ini, tetapi kita mesti tetap teliti ketika membeli.


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Diet Gluten-Free, Kenali Manfaat dan Pantangannya"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News