iklan space 728x90px

Tips Belajar Desain UI UX Untuk Pemula yang Mudah dan Tepat


Saat ini profesi sebagai UI dan UX designer sudah cukup terdengar akrab di telinga kita. Banyaknya lowongan pekerjaan yang tersedia di bidang UI dan UX design pastinya membuat banyak orang tertarik belajar desain UI UX.

Sekedar informasi, pada tahun 2018 kebutuhan akan UI UX designer mencapai jumlah 6.800 dan kebutuhannya terus meningkat di setiap tahunnya. Menjadi UI UX designer ini amat diminati oleh para generasi milenial. 

Salah satu alasan kaum milenial menyukai bidang UI UX designer adalah karena jenjang karirnya lebih jelas dan gaji lebih tinggi. Tercatat di tahun 2021 lalu seorang UI UX designer dapat mengantongi gaji di kisaran 8 juta sampai 16 juta rupiah.

Apa Itu UI dan UX

Walaupun keduanya dijadikan dalam satu posisi, tetapi pada kenyataannya UI dan UX design itu adalah dua buah pekerjaan yang berbeda dalam lingkup yang sama.

UI merupakan singkatan dari user interface yang berarti tampilan keseluruhan visual desain sebuah sistem yang memiliki tujuan untuk memperindah sebuah website atau aplikasi yang berguna untuk menambah kepuasaan pelanggan.

Sementara itu UX adalah kependekan dari user experince yang merupakan suatu proses mendesain sebuah produk menurut kebutuhan atau keinginan dari para pengguna. Perbedaan antara UI dan UX yang paling mendasar adalah terletak pada tujuan dari desain tersebut.  

Cara Belajar Desain UI UX

Menariknya, menjadi desainer UI UX ini kerap kali tidak mewajibkan seseorang untuk menempuh dan mempelajari suatu jenis pendidikan bidang tertentu. Asal memiliki niat kuat serta tekun belajar dan berlatih  pasti Anda dapat memulai karir sebagai UI UX D.

Nah, bila penasaran dengan bidang satu ini dan ingin mencoba berkarier di bidang UI/UX, di bawah ini tips belajar desain UI UX yang penting  Anda ketahui.

Kenali Prinsip UI UX Terlebih Dulu

Hal yang merupakan cakupan dari UI (user interface) adalah semua aspek visual yang ditampilkan pada website. Jadi Anda harus lebih mengenal apa saja prinsip dari UI UX itu sendiri.

Ada berbagai prinsip dari desain UI dan UX yang penting diketahui. Yang pertama ialah warna. Pelajarilah tentang dasar-dasar dan psikologi warna. Kemudian prinsip lain yang mesti dikenali adalah balance (keseimbangan), contrast dan typography.

Seorang desainer UI dan UX mesti sanggup membuat desain yang seimbang dengan memperhatikan warna, kontras dan tentu saja memilih font huruf yang gampang dibaca. Terakhir yakni konsistensi. Prinsip ini terbilang paling penting sebab dengan konsisten Anda dapat menciptakan desain yang indah dan lebih baik.

Ketahui Tentang Proses Kreatif UI UX

Tips belajar desain UI UX berikutnya adalah dengan cara memahami proses kreatifnya. Adapun proses kreatif yang pertama adalah discover. Discover merupakan awal dimulainya setiap suatu proyek. Diproses, pada tahap ini setiap desainer mesti mulai melakukan riset, mencari ilham, dan mengumpulkan gagasan.

Setelah itu adalah tahap define dimana desainer mesti sudah dapat mendefinisikan gagasan yang sudah dimiliki. Proses kreatif seterusnya adalah develop (pengembangan) ketika desainer mulai membuat konsep dan mengujinya sampai memperoleh hasil yang diharapkan.

Dalam proses ini desainer mesti bisa selalu meningkatkan dan menyempurnakan gagasan supaya hasilnya lebih optimal. Paling akhir adalah delivery yang mewajibkan desainer untuk membuat dan menuntaskan proyeknya.

Perbanyak Referensi

Salah satu tips belajar desain UI UX yang cukup penting adalah selalu menambah pengetahuan dengan mencari referensi sebanyak mungkin. Anda mesti sudah dapat membedakan seperti apa itu desain yang baik dan buruk serta mengetahui kelebihan dan kekurangan dari suatu desain. Hal itu dapat dilakukan dengan cara memperbanyak referensi.

Di samping dengan melihat hasil rancangan dari desainer  lain, Anda pun dapat memperbanyak referensi dengan cara membaca artikel-artikel. Cari berbagai artikel seputar desain UI UX untuk meningkatkan pengetahuan. Banyak membaca artikel pun dapat membuat Anda lebih tahu tentang tren terbaru yang tengah diperbincangkan yang bisa jadi akan diperlukan dalam proyek Anda nanti.

Pelajari Berbagai Software yang Dibutuhkan 

Tak cuma memperkaya referensi, Anda pun mesti mulai belajar memakai software atau tools yang dibutuhkan untuk seorang desainer UI UX. Contoh-contoh software atau tools yang sering digunakan para desainer pada bidang UI dan UX adalah AdobeXD, InVision Studio, Marvel, dan Sketch.

Ikut Kursus atau Kelas Pelatihan Online

Tips belajar desain UI UX yang terakhir adalah dengan mengikuti kelas pelatihan atau kursus belajar desain UI UX online. Mengikuti kursus online memberikan peluang bagi Anda untuk tumbuh dan berkembang menjadi desainer UI UX yang profesional. Sebagai rekomendasi, Anda dapat mengikuti kursus atau kelas pelatihan online di Arkademi. 

Arkademi adalah Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) yang telah mendapat izin resmi dari Kemendikbudristek RI. Arkademi yang berdiri sejak tahun 2017 ini menyediakan kursus dan pelatihan berbasis kompetensi terbaik dengan mengacu pada SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia).

Di Arkademi pembelajaran 100% dilakukan secara online yang dipandu langsung oleh para pengajar profesional ternama dan berpengalaman di bidang UI UX website. Dalam kelas online yang bisa Anda ikuti melalui aplikasi mobile atau website itu Anda dapat memperoleh insight baru dari materi yang disampaikan oleh para instruktur profesional di bidang UI UX website tersebut secara mudah dan tepat. Anda akan dipandu dari pemula sampai mahir dan mendapatkan sertifikat resmi.

Menarik, 'kan? Yuk, daftar dan belajar UI UX website di Arkademi sekarang juga! Apalagi bagi para pekerja kreatif.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Tips Belajar Desain UI UX Untuk Pemula yang Mudah dan Tepat"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News