iklan space 728x90px

Tips Membangun Kolam Renang Pribadi di Rumah Tanpa Menguras Isi Kantong


Mempunyai kolam renang di rumah Anda mungkin merupakan sebuah dambaan yang ingin diwujudkan. Tetapi membangun kolam renang itu sendiri tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Anda butuh jasa kontraktor kolam renang untuk merealisasikannya agar hasilnya maksimal dan sesuai harapan.

Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup digemari karena bisa menyejukkan tubuh di waktu cuaca panas. Terlebih untuk kita yang tinggal di negara tropis, tentunya akan amat menyegarkan berenang di saat siang hari. Tetapi kadangkala banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk berenang di kolam renang umum. Oleh sebab itu membangun kolam renang pribadi di rumah menjadi pilihan yang tepat.


Walaupun terkesan mesti mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, nyatanya Anda dapat meminimalisir biaya itu. Lantas bagaimana cara supaya membangun kolam renang pribadi tak terlalu menghabiskan biaya besar? Berikut ini simaklah caranya!

1. Menentukan Ukuran Kolam Renang

Tentukan ukuran kolam renang yang akan dibuat. Anda dapat memakai ukuran minimalis 6  x 2 meter saja bila lahan di rumah Anda terbatas. Cara ini pun dapat menghemat biaya yang mesti Anda keluarkan sebab ukuran kolam yang tak terlampau besar dan konsumsi listrik serta air pun menjadi lebih irit.

2. Menentukan Kedalaman Kolam Renang

Membuat kedalaman kolam renang yang tak terlampau dalam pun dapat menghemat biaya yang mesti Anda keluarkan. Anda pun dapat memakai trik dengan membuat kedalaman kolam berbeda. Kiat ini cocok untuk mendapatkan kedalaman yang tidak sama di kolam, tetapi tetap hemat biaya.

Bila di rumah Anda terdapat anak kecil yang senang berenang pastikan kedalaman kolam tidak terlampau dalam supaya kolam aman untuk seluruh penghuni rumah. Gunakanlah kedalaman maksimal 1.5 meter saja.

3. Pilih Sistem Sirkulasi Air Kolam yang Tepat

Sistem sirkulasi air kolam terbagi jadi dua jenis yakni sistem skimmer dan sistem overflow. Sistem sirkulasi kolam renang ini mesti Anda pilih dengan tepat supaya tidak terjadi pemborosan maupun kerusakan dini. Anda dapat menggunakan sistem skimmer untuk kolam renang minimalis karena akan mempermudah Anda merawat kolam renang. Penyaring air pada sistem ini bisa membersihkan air secara otomatis sehingga Anda tak perlu menguras dan mengganti air kolam dengan air yang baru. Di samping itu sistem ini pun tak membutuhkan kanal tambahan pada pinggir kolam sehingga bisa menghemat tempat.

4. Pilih Pelapis Internal Kolam Renang

Pelapis internal kolam yang paling lazim digunakan ialah bahan keramik. Pasalnya keramik adalah material yang cukup kuat dan tahan pada air. Di samping itu harganya juga tak terlampau mahal sehingga dapat menghemat biaya yang mesti dikeluarkan. Keramik pun bisa  memberikan kesan indah dan bersih.

5. Pilih Desain Kolam yang Simpel

Memilih desain yang simpel seperti bentuk persegi merupakan salah satu cara yang dapat diaplikasikan bila Anda ingin menghemat pengeluaran ketika membuat kolam renang. Di samping itu bentuk yang simpel pun lebih mudah untuk diselaraskan penempatannya di rumah Anda.

6. Merapatkan Sisi Kolam dengan Dinding Rumah

Merapatkan beberapa sisi kolam dengan dinding luar rumah dapat merupakan salah satu solusi untuk membangun kolam di lahan sempit. Dengan cara ini Anda tak perlu menyisakan lahan kosong di setiap sisi kolam renang, cukup menyediakan pada salah satu sisi kolam renang saja. Cara ini pun akan menjadikan kolam terlihat demikian pas dengan konsep minimalis rumah.

7. Gunakan Tangga Multifungsi di Kolam Renang

Cobalah buat tangga pada salah satu sisi dari kolam renang tersebut. Dengan adanya tangga Anda juga tak perlu repot ketika ingin masuk maupun keluar kolam sebab lebih mudah. Di samping itu tangga itu pun dapat dijadikan sebagai tempat bersantai ketika Anda cuma ingin relaks di kolam renang.

Itulah 7 cara yang perlu Anda perhatikan ketika ingin membangun kolam renang pribadi di rumah. 

Nah, untuk Anda yang tertarik membangun kolam renang di rumah, tetapi luas tanah yang Anda miliki terbatas, tidak usah kuatir. Anda dapat berkonsultasi langsung kepada kontraktor kolam renang. Jika Anda saat ini butuh jasa kontraktor kolam renang terbaik, maka Raga Pool adalah pilihan tepat.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Tips Membangun Kolam Renang Pribadi di Rumah Tanpa Menguras Isi Kantong"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News