iklan space 728x90px

Terapkan Mindfullness Sehari-Hari Agar Tetap Sehat dan Bahagia


Mindfulness merupakan salah satu teknik meditasi yang bisa melatih seseorang untuk fokus pada kondisi sekitar dan emosi yang dirasakan serta menerimanya secara bebas. Mindfulness akan menjadikan orang yang mempraktikkannya lebih mencintai dirinya sendiri. 

Mindfulness memiliki tujuan menjadikan seseorang lebih fokus dan memusatkan perhatiannya pada situasi sekarang, menerimanya dan tidak menghakimi. Praktik ini mengajari kita akan pentingnya fokus pada masa sekarang tanpa berpikir berlebihan mengenai masa lalu dan masa yang akan datang.

Ini merupakan salah satu cara melatih diri untuk memusatkan perhatian dengan cara khusus untuk menenangkan pikiran. Metode meditasi ini bisa membantu dalam kehidupan setiap hari, pekerjaan, hubungan, dan kebahagiaan secara menyeluruh. 

Meningkatkan perhatian penuh bisa membantu banyak perilaku yang menjadikan hidup terasa bahagia. Menjadi sadar akan mempermudah Anda dapat merasakan kesenangan dalam hidup yang membantu sepenuhnya terlibat dalam aktivitas dan membentuk kemampuan yang lebih besar guna menghadapi kejadian buruk. 

Jika Anda terlampau banyak menghabiskan waktu dengan melamun atau memikirkan berbagai hal negatif, kebiasaan itu dapat menguras pikiran, dan bahkan energi. Di samping itu, pola pikir yang condong negatif pun dapat menaikkan risiko Anda mengalami gannguan panik, depresi, gangguan cemas, dan stres.

Tak cuma bermanfaat untuk kesehatan mental saja, terapi mindfulness merupakan metode yang juga memberikan dampak baik untuk tubuh secara fisik. Menerapkan mindfulness dalam kehidupan sehari-hari diduga dapat mengurangi gangguan pencernaan, memperbaiki kualitas tidur, meringankan nyeri kronis, mengobati penyakit jantung, dan sebagai cara mengatasi darah tinggi

Hal ini lantaran mindfulness bisa mengurangi hormon stres dan rasa cemas yang berguna untuk sistem kardiovaskular, pencernaan, dan sistem saraf di tubuh kita.

Cara Melakukan Mindfulness

Meditasi mindfulness dapat dilakukan oleh siapapun tanpa adanya persyaratan atau syarat-sayarat tertentu. Teknik meditasi ini un bisa dilakukan kapan pun dan di mana saja, baik itu di rumah, kantor, ataupun di kelas meditasi.

Walau begitu teknik meditasi ini barangkali akan susah dilakukan oleh orang yang mempunyai gangguan psikologis khusus, seperti depresi dan gangguan cemas. Oleh sebab itu, orang yang menderita gangguan psikologis hendaknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan psikiater atau psikolog.

Metode meditasi mindfulness tak jauh berbeda dengan meditasi pada umumnya. Anda bisa mengawalinya dengan mencari posisi duduk yang nyaman, mengatur pernapasan, lantas fokus terhadap detak jantung atau merasakan sensasi udara yang mengalir ketika menarik dan menghembuskan napas.

Kemudian fokuskan diri pada keadaan yang tengah terjadi di sekitar. Anda juga dapat menggunakan pancaindra untuk memperhatikan dan merasakan keadaan sekitar.

Anda pun dapat memusatkan diri pada emosi yang tengah Anda rasakan. Ketahui bagaimana emosi itu timbul dan terimalah apa saja yang membuat Anda emosi.

Lakukan hal itu selama lebih kurang 3–5 menit, lantas fokuskan kembali pikiran Anda. Bila dilakukan secara tepat dan rutin, teknik mindfulness dapat menjadikan Anda merasa lebih tenang dan dapat berpikir lebih jernih.

Jus daun Seledri

Selain dengan terapi mindfullness, mengkonsumsi jus daun seledri untuk darah tinggi banyak  dilakukan orang. Bahan herbal alami seperti daun seledri dan bunga rosela telah populer bisa  menurunkan tekanan darah tinggi. Seledri yang umumnya dimanfaatkan dalam beragam macam masakan nyatanya pula mempunyai manfaat yang tak dapat dipandang sebelah mata.

Seledri memiliki kandungan bahan-bahan yang berguna untuk tubuh. Kandungan seledri antara lain vitamin A, B, dan C, asparagines, lipase, kolin, apigenin, flavor glukosa, minyak atsiri, tanin, saponin, dan flavonoid. Daun seledri pun mengandung kalsium, serat, karbohidrat, lemak, protein, dan beberapa kandungan yang lainnya.

Seledri bersifat diuretik sehingga mampu memperbanyak buang air kecil (BAK) atau mengeluarkan urine. Di sisi lain seledri juga mempunyai sifat calcium-blocker. Untuk menurunkan tekanan darah tinggi dapat dilakukan dengan beragam metode. Metode itu dengan mempunyai sifat diuretik, maka orang akan banyak mengeluarkan urine sehingga tekanan darah pun akan menurun. Karena cairan di dalam tubuh atau volume darah akan turun secara otomatis.

Sedangkan mekanisme selanjutnya yakni calcium-blocker, yang berarti kanal atau saluran kalsium di dalam sel ditutup. Saat saluran kalsium ditutup, maka akan mendorong keluarnya nitric oxide. Kemudian saat nitric oxide teraktivasi, maka pembuluh darah akan menjadi lebar. Kedua mekanisme itu bekerja sebab terdapat kandungan polifenol di dalam daun seledri.

Melansir dari https://kolesterolkita.com, darah tinggi bisa menyerang siapapun mulai dari usia remaja, usia dewasa, hingga lansia. Bahaya darah tinggi atau hipertensi bahkan dapat mengakibatkan komplikasi penyakit lainnya. Misalnya serangan jantung, stroke, gagal ginjal, dan kebutaan. Segera atasi hipertensi sedini mungkin agar tidak terjadi komplikasi yang membahayakan jiwa. 


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Terapkan Mindfullness Sehari-Hari Agar Tetap Sehat dan Bahagia"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News