Sayangi Bumi Kita

Sayangi Bumi Kita - Pas momen Valentine's Day seperti sekarang, pasti kita sibuk membuktikan kalau kita sayang sama pacar, sahabat, saudara ataupun orang tua. Dari mulai nyiapin cokelat, bunga, hadiah, bahkan candle light dinner. Pokoknya sayang sama semua orang terdekat kita.That's good! Tapi sekali ini, sibuk perhatiin dan take care pada bumi kita yuk!

Negara kita adalah penyumbang terbesar dari dua milyar ton CO2 yang dilepas ke udara akibat pembakaran hutan, yang lalu merusak atmosfir bumi. Dan Indonesia juga pengemisi ketiga terbesar gas rumah kaca dunia setelah Cina dan Amerika Serikat. Nah, kita nggak bisa cuek aja sama situasi ini. Banyak yang bisa dan harus dilakukan loh,
Baca juga : Blue Lake, Danau Pemandian Para Dewa
Berikut beberapa langkah untuk sayangi bumi kita:
  • Kurangi Kantong Plastik. Kalau sering belanja pasti deh kita pulang bawa banyak plastik. Mulai sekarang bawa satu tas dari rumah yang cukup besar buat menampungnya.
  • Reduce, Reuse, Recycle. Selalu gunakan kertas bolak-balik,dan meminimalkan beli botol plastik. Misalnya, cukup beli satu botol shampo, dan berikutnya selalu beli kemasan refill-nya. Sebisa mungkin selalu recycle kertas, kardus, plastik, koran, gelas plastik dan kaleng di rumah kita.
  • Sayang Air. Kalau kita suka sama suatu parfum pasti nggak kita pakai sembarangan kan. Sama kayak air bersih, apalagi sumbernya semakin berkurang. Hentikan kebiasaan malas matiin air pas gosok gigi, dan jangan biarkan air menetes karena kita nggak menutup dengan benar.
  • Drive Less and Drive Smart. Jalan-jalan naik mobil memang seru, tapi pikirkan kalau tiap CO2 yang dikeluarkan makin merusak bumi. Jadi hentikan drive away yang nggak perlu. Tiap mau pergi, pastikan kita tahu rute terdekat biar nggak makin buang energi.
  • Matikan Aliran Listrik. TV, AC, dan kipas angin adalah benda yang energinya paling sering terbuang sia-sia. Nggak dipakai tapi nyala terus. Bolak-balik mematikan lampu meski kita keluar masuk kamar juga bakal lebih menghemat energi. Jangan lupa juga buat mengatur monitor komputer menjadi power off kalau nggak kita pakai.
Baca juga : 5 Air Terjun Tertinggi Di Indonesia
So, Guys, mulai dari kita sendiri ya. Dan bayangkan kalau kita semua punya habbit seperti ini, pasti bumi kita bakal lebih baik.

0 Response to "Sayangi Bumi Kita"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.