Rutin Makan Almond Bikin Awet Muda

Almond yang di Indonesia dikenal juga dengan nama kacang badam disebut sebagai superfood. Pasalnya almond merupakan sumber protein nabati yang mengandung Omega-3, Vitamin E, Vitamin B Kompleks dan antioksidan. Karena almond kaya kandungan antioksidan, maka konsumsi almond secara rutin dapat menangkal radikal bebas. Alhasil Anda pun akan terlihat awet muda. Benarkah demikian?

Tampil awet muda menjadi dambaan banyak kaum hawa. Ketika seseorang sudah menyandang predikat awet muda maka pada wajah tak tampak banyak kerutan dan keriput, serta kulit yang halus dan cerah meski usia sudah tak muda iagi. Banyak yang berpikir untuk tampil awet muda di usia yang tak muda Iagi membutuhkan biaya yang tak sedikit. Berbagai treatment tradisional dan modem hingga operasi ditempuh demi terlihat awet muda.

Padahal, untuk tampil awet muda sesungguhnya tidak sulit-sulit amat. Jika rutin merawat kulit wajah sedari muda maka pada usia tua kulit akan tampak lebih baik. Perawatan tidak hanya dari luar, tetapi dari dalam melalui asupan makanan. Salah satu makanan yang dianjurkan untuk perawatan kulit wajah adalah kacang almond. Kacang yang di Indonesia dikenal juga sebagai kacang badam ini memang dikenal sebagai superfood yang baik untuk kecantikan.

Kandungan Almond
Almond kaya kandungan antioksidan dan zat positif lainnya yang diperlukan tubuh. Almond merupakan sumber nutrisi penting, vitamin, mineral, asam lemak, serta serat makanan yang diperlukan untuk otak dan tubuh yang sehat.

Di dalam kacang almond terdapat kandungan Vitamin E yang tinggi (24 miligram per 100 gram), yang sangat baik bagi kulit. Selain Vitamin E, almond juga kaya kandungan mineral seperti seng dan selenium. Bahan-bahan tersebut merupakan antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat adanya radikal bebas. Antioksidan bekerja dengan menangkap radikal bebas tersebut supaya tidak merusak sel. Salah satu teori proses penuaan adalah kerusakan sel karena radikal bebas.

Almond juga merupakan sumber protein nabati, serta mengandung asam lemak tidak jenuh Omega-3. Omega-3 merupakan lemak baik yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki kulit yang rusak, serta memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi iritasi. Omega-3 juga baik bagi tubuh, yakni menjaga daya tahan tubuh dan membantu menurunkan kolesterol.

Selain itu, almond juga kaya asam lemak tak jenuh tunggal seperti oleat dan palmitoleat untuk menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Artinya,almond dapat mencegah penyakit jantung koroner dan stroke. Almond juga kaya kandungan minyak, asam lemak OmegaS, asam lemak Omega-6, asam palmiat, karbohidrat, serat, gula pati magnesium, asam amino esensial, tembaga, kalsium, kalium, fosfor, zat besi, Vitamin B kompleks dan Vitamin C, serta lemak nabati, lemak tidak jenuh, kalori tinggi, fenilalanin dan biotin.

Konsumsi Rutin
Dengan kandungan-kandungan almond tersebut, tak heran jika almond dapat membuat kulit lebih baik, serta kesehatan akan terjaga. Mengonsumsi almond juga akan mendapatkan semua vitamin penting dan sejumlah nutrisi penting yang merupakan antioksidan yang dibutuhkan tubuh oleh tubuh dan dapat menangkal radikal bebas. Alhasil. konsumsi almond secara rutin membuat awet muda.

Kacang almond dapat dimakan secara mentah, maupun dibuat salad. Sebaiknya almond dimakan langsung, karena bila sudah dikonsumsi dalam bentuk cake maka akan ada tarmbahan kalori dari cake tersebut Kacang almond dapat dikonsumsi rutin segenggam pada saat snack time.

Mengonsumsi segenggam kacang almond setiap hari menyediakan asupan protein yang cukup tinggi sehingga akan mencegah dari rasa lapar yang berlebihan. Almond dapat dikonsumsi setiap hari, asalkan tidak berlebihan. Pasalnya, almond juga mengandung kalori sehingga jika dikonsumsi berlebihan dapat membuat total asupan kalori menjadi berlebihan. Akibatnya, akan meningkatkan risiko kegemukan.

Manfaat Lain Almond
Selain untuk awet muda, kacang almond juga memiliki manfaat lain bagi kecantikan. Berikut manfaat almond untuk kecantikan:
  • Mengatasi Kulit Kering. Kulit kering, bersisik, dan kusam bisa diatasi dengan almond. Kandungan Vitamin E bermanfaat untuk meningkatkan kecantikan dan kesehatan kulit, serta mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar UV yang menyerang kulit.
  • Mencegah Radikal Bebas. Radikal bebas yang mengenai kulit secara langsung jpenyebabkan jerawat, vtek hitam, minyak, komedo dan kanker kulit. Jika radikal bebas bisa ditangkal maka berbagai masalah kecantikan dan kesehatan bisa dicegah.
  • Menjadikan Rambut Sehat. Masalah rambut rontok, ketombe, kulit kepala gatal dan rambut rapuh bisa dicegah dengan almond. Kandungan Vitamin E dapat menpgiatkan rambut, biotin dapat mencegah kerontokan rambut, mangan bermanfat untuk kulit kepala untuk menyehatkan kulit kepala dan menghindari dari gatal-gatal. Kandungan tembaga bermanfaat untuk menyehatkan jaringan rambut, asam lemak esensial.
  • Bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan menghindari kerontokan rambut, serta kandungan zinc bermanfaat untuk memperbaharui sel-sel rambut di kulit kepala sehingga rambut subur.
  • Menghaluskan Kulit. Minyak almond bermanfaat untuk menghaluskan kulit, karena mengandung mineral, asam lemak esensial yang bagus untuk kulit.
  • Melembabkan Kulit. Kandungan Vitamin E dalam kacang almond dapat melembabkan kulit. Bila dikonsumsi secara rutin, maka bisa menciptakan kulit yang lembab.
  •  Mengangkat Sel-sel Kulit Mati. Sel-sel kulit mati membuat kulit kelihatan kusam. Kandungan kacang almond bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit lebih bersinar. Minyak almond juga bisa digunakan sebagai hand body untuk angkat sel-sel kulit mati.
  • Menghilangkan Mata Panda. Vitamin E di dalam kacang almond bermanfaat untuk menghilangkan mata panda atau lingkaran hitam. Caranya, teteskan minyak almond yang sudah dicampurkan dengan tetesan madu, celupkan kapas dan oleskan ke dalam lingkaran mata.
  • Menghilangkan Mata Bengkak. Mata bengkak bisa diatasi dengan minyak almond, yang dicampurkan dengan beberapa tetes madu. Caranya sama seperti mengatasi mata panda.
  • Memerahkan Bibir Secara Alami. Minyak kacang almond bisa memerahkan bibir secara alami. Caranya, malam hari sebelum tidur oleskan minyak almond. Pada pagi harinya, basuh bibir menggunakan air dingin.
  • Membuat Bulu Mata Panjang. Kacang almond yang diekstrak jadi minyak bermanfaat untuk memanjangkan bulu mata. Caranya, celupkan maskara ke dalam minyak almond, kemudian dioleskan pada bulu mata.
  • Memberikan Gizi Cukup untuk Kulit. Makan kacang almond dapat memberikan gizi yang cukup buat kulit. Kandungan .Vitamin E dan lainnya bisa menutrisi kulit sehingga bebas kerutan, garis halus dan masalah kulit lainnya.


Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment